Timnas Indonesia U-17 (Sumber gambar: PSSI)

Cek Jadwal Drawing & Mekanisme Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia Masuk ke Pot 1

15 September 2023   |   14:34 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
FIFA telah merilis jadwal drawing gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang bakal dilaksanakan di Zurich, Swiss, pada Jumat (15/9) pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 21.00 WIB. Direktur Turnamen Jaime Yarza akan langsung memimpin undian penentuan grup tersebut.

Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar di Indonesia itu akan diikuti 24 tim. Seluruh tim tersebut kemudian akan dibagi ke dalam enam grup. Undian ini sangat penting karena akan menentukan tim mana yang akan dihadapinya dalam babak fase grup.

Indonesia selaku tuan rumah akan otomatis masuk ke dalam pot 1 bersama tim-tim kuat lain. Skuad Garuda Muda dipastikan akan terhindar dari tim top dunia seperti Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, dan Jerman.

Baca juga: PSSI Kebut Persiapan Venue Jelang 100 Hari Piala Dunia U-17, FIFA Beri Sejumlah Catatan

Meskipun demikian, Timnas Indonesia masih berpotensi bertemu dengan tim kuat yang berada di pot 2, seperti Juara Piala Dunia U-17 2017 Inggris. Selain itu, negara yang punya tradisi sepak bola kuat seperti Argentina hingga Jerman juga berada di pot 2.

Drawing akan digelar di markas besar FIFA tanpa menghadirkan perwakilan peserta dan pihak tuan rumah penyelenggara turnamen. Mekanisme drawing pun sedikit berbeda dengan perhelatan Piala Dunia U-20 2023.

Dalam pengundian FIFA U-17, sebanyak 24 tim dari enam konfederasi akan dibagi ke dalam enam grup. Masing-masing grup berisi empat tim. Indonesia selaku tuan rumah akan ditempatkan di Grup A.

Sisanya, pembagian pot berdasarkan penampilan dalam lima rapor terakhir di Piala Dunia U-17. Turnamen yang paling baru akan mendapatkan bobot poin lebih tinggi. Ada juga lima bonus poin untuk masing-masing juara di enam benua.

Selain itu, aturan lainnya adalah tak boleh ada dua tim yang dalam konfederasi yang sama tergabung dalam satu grup. Berikut adalah pembagian Pot Piala Dunia U-17 2023:

Pot 1: Indonesia, Brasil, Meksiko, Prancis, Spanyol, Jerman
Pot 2: Mali, Inggris, Jepang, Korea Selatan, Argentina, Ekuador
Pot 3: Selandia Baru, Iran, Senegal, Amerika Serikat, Uzbekistan, Maroko
Pot 4: Kanada, Kaledonia Baru, Panama, Burkina Faso, Polandia, Venezuela

Setelah ke-24 tim dibagi ke dalam enam grup, nantinya dua tim teratas dari masing-masing grup akan otomatis lolos ke babak 16 besar. Mereka akan bisa melaju sejauh mungkin dari babak grup. Peluang menuju babak final akan makin besar.

Namun, mereka yang gagal berada di dua besar masih punya peluang lain untuk lolos babak 16 besar. Syaratnya ialah menjadi empat tim peringkat ketiga terbaik dari seluruh grup.

Nantinya, akan ada semacam klasemen terpisah bagi para penghuni posisi tiga klasemen akhir babak grup. Siapa yang punya catatan poin, selisih gol, dan atau fair play terbaik, maka mereka berhak melaju ke babak 16 besar.

Persaingan Piala Dunia U-17 2023 kali ini bisa dibilang amat ketat. Negara-negara elite sepak bola dunia macam Brasil, Argentina, Jerman, Prancis, Inggris, dan Spanyol ambil bagian. Selain itu, negara-negara yang punya sejarah bagus pada turnamen usia muda seperti Jepang, Meksiko, Senegal, dan Mali juga bersiap memberikan kejutan.

Ajang prestisius satu ini akan dilaksanakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Rencananya Piala Dunia U-17 akan dihelat di Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Jakarta International Stadium (Jakarta).

Baca juga: Tidak Ada JIS, Cek 5 Stadion Berstandar FIFA Untuk Piala Dunia U-17 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Daftar Pemain & Jadwal Lengkap Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2023

BERIKUTNYA

5 Fakta Oscar de La Renta, Desainer yang Karyanya Dikenakan Selena Gomez

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: