Dalam 5 pertandingan terakhir timnas Indonesia memetik 4 kemenangan dan 1 kali kalah atas Tim Tebuan. Para pemain tim nasional Indonesia (Sumber gambar: Instagram PSSI)

Rekor Pertemuan Indonesia vs Brunei, Laga Perdana di Piala AFF 2022

26 December 2022   |   11:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Jelang babak kualifikasi antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Brunei Darussalam di Piala AFF 2022, rekor mencatat keunggulan berada di skuad Garuda. Dalam 5 pertandingan terakhir, Timnas Indonesia memetik 4 kemenangan dan 1 kali kalah atas Tim Tebuan.

Jadwal pertandingan matchday 3 Grup Piala AFF 2022 tersebut akan berlangsung di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, pada Senin, 26 Desember 2022 puku 17.00 WIB. Laga tersebut dapat disaksikan melalui siaran langsung dan live streaming di televisi swasta RCTI.

Setelah berhasil mengalahkan Kamboja di partai pertama Piala AFF 2022, timnas Indonesia memiliki kesempatan untuk merangsek ke posisi atas grup. Pasalnya, skuad Garuda adalah tim yang baru bertanding satu kali, berbeda dengan Kamboja dan Laos yang sudah melakoni dua laga di ajang Piala AFF 2022.

Baca juga: Menjelang Laga Perdana Indonesia vs Brunei di Ajang Piala AFF, Timnas Garuda Unggul

Adapun, jika berhasil menggulung Brunei Darussalam, tim nasional Indonesia juga memiliki peluang untuk menempati posisi kedua atau puncak, dengan jumlah poin sebanyak enam. Yakni dari hasil tambahan poin setelah mengalahkan Kamboja dengan skor 2-1 pada Jumat (23/12/22). 
 
 



Di sisi lain, dalam dua laga terakhir yang dijalani Brunei Darussalam di babak penyisihan grup Piala AFF, Tim tebuan juga selalu menderita kekalahan dan kebobolan 5 gol di masing-masing laga. Upaya mereka untuk bangkit menghadapi skuad Garuda pun dinilai sulit di babak penyisihan grup A. 

Berdasarkan catatan, pertemuan Indonesia vs Brunei ini juga  akan menjadi laga pertama bagi kedua tim, sepanjang sejarah  kompetisi ASEAN Football Federation (AFF). Meski begitu skuad Garuda dan Tebuan pernah merumput bersama dari era 1990 sampai 2017 dengan dominasi kemenangan Indonesia.

Menghadapi Brunei Darussalam di laga ke-2, Timnas Indonesia secara statistik memang diunggulkan untuk menang. Sebab dari lima pertandingan terakhir garuda hanya baru kalah satu kali dengan skor tipis 1-0, yakni pada ajang Piala Merdeka tahun 1990.

Sementara itu, Brunei juga tidak memiliki tradisi sejarah sepak bola yang kuat di Asia Tenggara. Sejak berhasil mengalahkan Indonesi, mereka baru comeback di Piala AFF pada 1996. Selain itu, Brunei juga tidak pernah lolos ke putaran final turnamen sejak edisi 1998 hingga 2020.

Kendati begitu, Shin Tae-yong tetap meminta para pemain squad Garuda jangan jemawa. Dia pun tetap meminta para pemainnya mewaspadai Brunei yang bisa saja memberikan kejutan dalam laga kali ini.

"Untuk Brunei, tentunya mereka tidak bisa dianggap lemah, walau mereka bisa masuk Piala AFF 2022 juga melalui babak playoff. Dari kita juga pasti akan memberikan yang terbaik saat menghadapi mereka,"ungkap pelatih asal Negeri Gingseng itu dikutip dari laman PSSI.

Berikut adalah rekor pertemuan Indonesia vs Brunei Darussalam yang berhasil Hypeabis.id rangkum dari berbagai sumber.
  • 02/12/17: Timnas Indonesia vs Timnas Brunei 4-0 (Uji coba internasional)
  • 26/09/12: Timnas Brunei vs Timnas Indonesia 0-5 (Uji coba internasional)
  • 09/08/99: Tiimnas Brunei vs Timnas Indonesia 0-3 (SEA Games)
  • 12/03/90: Timnas Brunei vs Timnas Indonesia 0-3 (Piala Merdeka)
  • 04/03/90: Timnas Brunei vs Timnas Indonesia 1-0 (Piala Merdeka)

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Profil & Daftar Serial Populer Kento Yamazaki, Pemeran Utama Alice In Borderland

BERIKUTNYA

NCT 127 Comeback Januari 2023 dengan Album Repackage Ay-Yo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: