Para pemain tim nasional Indonesia (Sumber gambar: tangkapan layar akun IG PSSI)

Menjelang Laga Perdana Indonesia vs Brunei di Ajang Piala AFF, Timnas Garuda Unggul

25 December 2022   |   18:14 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah menang pada pertandingan pertama babak kualifikasi grup Piala AFF 2022, tim nasional Indonesia akan bertanding melawan tim nasional Brunei Darussalam dalam pertandingan lanjutan kualifikasi Grup A pada Senin, pukul 17.00 WIB yang digelar di Stadion KLFA, Malaysia.

Berdasarkan catatan, pertemuan Indonesia vs Brunei ini menjadi laga pertama bagi kedua tim, sepanjang sejarah perhelatan kompetisi ASEAN Football Federation (AFF) tersebut.


Baca juga: Kiprah Perjalanan Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF: Juara Tanpa Mahkota


Tim nasional Indonesia yang saat ini memiliki poin 3 dengan satu kali pertandingan, memiliki kesempatan untuk menambah poin, dan merangsek ke posisi atas grup. Hal itu, mengingat tim Garuda adalah tim yang baru bertanding satu kali.

Di Grup A, Filipina, Kamboja, dan Laos sudah melakoni dua pertandingan. Filipina dengan poin tiga tercatat kalah satu kali dan menang satu kali. Begitu juga dengan Kamboja yang sudah melakoni dua pertandingan, dan tercatat menang satu kali dan kalah satu kali.

Jika berhasil menang melawan Brunei Darussalam, tim nasional Indonesia memiliki peluang untuk menempati posisi kedua atau pertama, dengan jumlah poin sebanyak enam.

Statistik mencatat bahwa timnas Merah Putih yang di bawah arahan Shin Tae-yong ini memiliki peluang besar untuk memenangkan pertandingan saat melawan Brunei Darussalam, meskipun Indonesia dan Brunei belum pernah berhadapan sepanjang sejarah Piala AFF atau sejak pertama kali ajang ini terselenggara pada 1996.

Pada babak kualfikasi grup Piala AFF 2022, Brunei menjadi juru kunci untuk sementara setelah kalah dari Filipina dan Thailand. Dengan kata lain, Brunei tidak pernah menang sekalipun dalam dua pertandingan babak kualifikasi Grup A. Mereka telah kebobolan sebanyak 10 kali dan hanya mampu menyarangkan satu gol ke gawang lawan dalam dua pertandingan.

Sementara itu, Indonesia sebelumnya berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor tipis 2–1 pada pertandingan pertama fase kualifikasi Grup A Piala AFF 2022.

Tim nasional Indonesia memiliki statistik yang lebih unggul saat melawan Kamboja. Pada saat itu, Indonesia mampu menghasilkan 19 tembakan dan 8 tembakan ke arah gawang. Kemudian, penguasaan bola tim nasional Indonesia juga mencapai 55 persen.

Kamboja sendiri adalah tim yang berhasil mengalahkan tim nasional Filipina dengan skor 3–2 pada pertandingan babak kualifikasi grup Piala AFF 2022. Sementara tim nasional Filipina berhasil mengalahkan Brunei dengan skor 5–1.

Tidak hanya itu, dalam sejarah Piala AFF, Brunei juga tercatat belum pernah sekalipun lolos babak kualifikasi grup dan masuk ke semifinal. Brunei juga beberapa kali gagal lolos ke babak kualifikasi grup Piala AFF.

Berbeda dengan Brunei, Indonesia tercatat telah beberapa kali masuk ke semifinal, bahkan mencapai final meskipun belum pernah sekalipun mengangkat Piala AFF atau Piala Tiger.

Baca juga: Ini Dia 23 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Minus Elkan Baggot & Sandy Walsh

Indonesia juga tercatat memiliki peringkat yang lebih baik jika dibandingkan dengan Brunei Darussalam dalam daftar FIFA. Indonesia berada di peringkat 151 dengan total poin sebanyak 1033,9 , sementara peringkat Brunei adalah 190 dengan total nilai 898,02.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Sejarah Bintang Natal yang Bermakna sejak Zaman Kuno

BERIKUTNYA

5 Film Populer Macaulay Culkin, dari Home Alone hingga My Girl

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: