Pemain tim nasional Indonesia saat berebut bola dengan pemain tim nasional Brunei Darussalam di Piala AFF (Sumber gambar: tangkapan layar akun IG PSSI)

Babak kualifikasi grup Piala AFF, Thailand Akan Menjadi Lawan Berat Bagi Indonesia

27 December 2022   |   17:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah melakoni pertandingan melawan Kamboja dan Brunei Darussalam, tim nasional Indonesia akan bertanding melawan tim nasional Thailand dalam lanjutan pertandingan babak kualifikasi grup Piala Asean Football Federation (AFF) 2022 pada Kamis, 29 Desember 2023.

Tim Garuda tidak akan mudah untuk memperoleh kemenangan di pertandingan ketiga ini. Berdasarkan catatan AFF, pertemuan antara tim nasional Indonesia dengan tim nasional Thailand di ajang dua tahunan ini bukan merupakan pertemuan yang pertama. Kedua tim tercatat pernah bertemu di delapan edisi Piala AFF.

Dari pertemuan di delapan edisi itu, tim nasional Indonesia hanya berhasil menang dua kali atas tim nasional Thailand. Sisanya, Indonesia selalu kalah.

Baca jugaKiprah Perjalanan Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF: Juara Tanpa Mahkota

Kemenangan Indonesia terjadi pada edisi 1998 saat Piala AFF masih bernama Piala Tiger. Pada saat itu, tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dalam pertandinga perebutan tempat ketiga dan keempat.

Setelah menjalani pertandingan dengan skor imbang 3 – 3, penentuan pemenang dilakukan dengan babak adu penalti. Pada saat itu, Indonesia berhasil menang dengan skor 5 – 4.

Kemudian, kemenangan kedua tim nasional Indonesia juga terjadi pada edisi 2010. Pada waktu itu, Indonesa berhasil mengalahkan tim nasional Thailand di babak kualifikasi grup dengan skor 2 – 1.

Kekalahan tim nasional Indonesia dari Thailand terjadi pada edisi 1998, 2000, 2002, 2008, 2016, dan 2020. Kekalahan yang dialami oleh tim nasional Indonesia terjadi pada babak kualifikasi grup, semifinal, atau pun final.

Kekalahan tim nasional Indonesia dari Thailand pada babak kualifikasi grup terjadi pada 1998, 2000, 2016, dan 2018. Sementara itu, kekalahan di babak semifinal terjadi pada edisi 2008. Adapun, kekalahan di final pada edisi 2000, 2002, 2016, dan 2020.

Pada edisi 2000, tim nasional Indonesia takluk dari tim nasional Thailand dengan skor 4 – 1. Sementara itu, Tim Garuda kalah melalui adu penalti pada edisi 2002 setelah skor pertandingan bertahan 2 – 2 sampai wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

Pada 2016, tim nasional Indonesa kalah agregat di babak final sebesar 3 – 2 setelah pada leg kedua kalah dengan skor 2 – 0. Kemenangan di leg pertama babak final atas Thailand dengan skor 2 – 1 tidak mampu membuat Tim Garuda mengangkat piala.

Adapun, kekalahan tim nasional Indonesia di final 2020 terjadi dengan agregat 6 – 2. Tim Garuda kalah dengan skor 4 – 0 pada final leg pertama. Sementara itu, pada final leg kedua, Indonesia dan Thailand bermain dengan skor imbang 2 – 2.


AFF 2022

Saat ini, Thailand dan Indonesia masing-masing berada di posisi pertama dan kedua grup A dengan poin yang sama, yakni enam. Thailand tercatat unggul selisih gol lantaran dalam dua kali pertandingan berhasil menyarangkan 9 gol ke gawang lawan dan belum pernah kebobolan.

Pada pertandingan pertama, Thailand berhasil mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 5 – 0. Kemudian, kembali berhasil menang saat melawan Filipina dengan skor 4 – 0.  

Sementara itu, Indonesia memiliki selisih 8 gol dengan menyarangkan 9 gol ke gawang lawan dan satu kali kebobolan dalam dua kali pertandingan. Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja pada pertandingan pertama dengan skor tipis 3 – 2. Sementara itu, pada pertandingan kedua melawan Brunei Darussalam, tim Garuda berhasil unggul 7 gol tanpa balas.

Baca jugaMenjelang Laga Perdana Indonesia vs Brunei di Ajang Piala AFF, Timnas Garuda Unggul

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Minat Jadi Vlogger? Cek 6 Kamera 360 Derajat Ini!

BERIKUTNYA

Jelang 2023, Yuk Cek Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Realistis dan Menarik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: