Girl group K-Pop Aespa. (Sumber gambar: aespa Official Twitter)

Aespa Siap Comeback dengan Album Mini Keempat Berjudul Drama

12 October 2023   |   07:37 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi MY atau penggemar aespa. Pasalnya, girl group K-Pop besutan SM Entertainment itu akan comeback dengan merilis album mini berjudul Drama. Album keempat aespa itu akan diluncurkan pada 10 November 2023. Jelang perilisannya, aespa pun merilis video teaser dari album tersebut.

Klip berdurasi 18 detik yang diunggah di kanal YouTube aespa menampilkan cuplikan video yang meninggalkan kesan misterius. Video itu menampilkan sebuah bangunan tua bertingkat dengan latar langit yang gelap di tengah kota. 

Baca juga: Aespa Rilis MV Better Things dengan Konsep Avatar Virtual

Tiba-tiba cahaya menyorot bangunan tua itu diikuti dengan rekaman kaki para member aespa yang tampak mengenakan boots. Baik Karina, Giselle, Winter, maupun Ningning, muncul secara misterius mengenakan beragam busana yang dipadukan dengan sepatu boots, dan berjalan mondar-mandir di atas gedung.

Jelang akhir video, seorang member mengambil barang seperti mainan mobil berwarna merah, diikuti dengan munculnya judul dari album tersebut, Drama. Video itu semakin membuat penggemar penasaran lantaran menampilkan versi baru dari aespa, dengan musik dan klip yang lebih dramatis seperti judul dari album terbaru mereka.
 

Dalam situs resmi aespa disebutkan bahwa album tersebut akan menampilkan perkembangan eksplorasi vokal para member dengan berbagai genre musik, termasuk hiphop kharismatik, dance music yang ceria dan indah, serta pop akustik yang manis.

"aespa mempersembahkan mini album keempat mereka, menampilkan judul lagu Drama dengan track loop yang kuat dan hook yang menawan," demikian keterangan yang tertera di situs resminya. 

Selain itu, dengan album Drama, aespa juga akan membawa babak baru dalam semesta SMCU atau SM Culture Universe, yang diwujudkan dalam penulisan lirik lagu versi mereka sendiri, plus musik dan visual yang unik. Hal ini yang menjadikan album Drama sangat berbeda dari karya-karya aespa sebelumnya.

Informasi mengenai perilisan album Drama ini diumumkan oleh aespa setelah mereka merilis debut single berbahasa Jepang berjudul Zoom Zoom. Menghadirkan lagu dengan lirik yang sarat akan makna energi positif dan bertempo cepat, lagu itu jadi soundtrack untuk anime Jepang bertajuk Beyblade X.

Di samping itu, aespa juga baru saja tampil menjadi salah satu bintang tamu dalam acara penghargaan The Fact Music Awards yang berlangsung pada 10 Oktober 2023 di Gimnasium Namdong di Incheon, Korea Selatan. The Fact Music Awards adalah ajang pemberian penghargaan bagi para musisi Korea yang populer berdasarkan tangga lagu Gaon Chart.

Dalam acara itu, aespa membawakan dua hit mereka yakni Better Things dan Spicy. Mereka sepanggung dengan sejumlah grup K-Pop lainnya seperti NewJeans, RIIZE, SEVENTEEN, TREASURE, Stray Kids, dan ITZY.

Perilisan Drama akan menjadi momentum comeback aespa setelah merilis album mini ketiga mereka, My World, pada Mei 2023. Berbeda dengan dua karya sebelumnya, Savage (2021) dan Girls (2022) yang bernuansa gelap, futuristik, dan hiperpop, album My World lebih menampilkan lagu-lagu bernuansa cerah dengan koreografi dan musik R&B.

Album tersebut bertengger di puncak tangga lagu Circle Album Chart lantaran terjual sebanyak 1.420.178 eksemplar. Dua minggu setelah rilis, album ini juga memecahkan rekor karena penjualannya meningkat tembus sebanyak 2.011.388 eksemplar. Capaian ini membuat My World didapuk sebagai album kedua artis wanita Korea yang terjual lebih dari 2 juta eksemplar dan mendapatkan sertifikasi dari Asosiasi Konten Musik Korea.

Sementara di tangga lagu AS Billboard 200, My World berada di posisi 9 dengan pencapaian 40.000 unit setara album, 1,33 juta streaming berdasarkan permintaan, serta 39.000 kopi untuk penjualan album fisik.

Setelah itu, pada 18 Agustus 2023, aespa merilis single berbahasa Inggris berjudul Better Things. Lagu tersebut mengusung musik minimal up-tempo dance. Sebelum dirilis di platform digital, aespa pertama kali membawakan single tersebut pada 13 Agustus 2023 di Crypto.com Arena di Los Angeles AS, untuk pertunjukan pertama dari tur Synk: Hyper Line.

Tak lama berselang, aespa merilis single We Go pada 23 Agustus 2023. Single ini menjadi lagu tema pembuka perdana untuk anime Pokémon: Liko and Roy's Departure edisi Korea, yang mulai ditayangkan pada hari yang sama.

Single ini berisi lirik tentang dua tokoh protagonis yakni Liko dan Roy yang menemukan hal-hal 'berharga' dan berkembang melalui petualangan. Dua minggu sebelum dirilis, cuplikan lagu itu telah dipublikasikan dengan cuplikan dan perkenalan oleh aespa yang dibagikan melalui akun media sosial Pokémon Korea.

Baca juga: 5 Agenda Konser K-Pop & Fan Meeting Oktober 2023, Ada Le Sserafim hingga Young K

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Strategi Museum Angkut Tarik Pengunjung, Banyak Atraksi Hingga Inovasi Teknologi

BERIKUTNYA

Lebih Dekat dengan Metode Seduh Kopi Tubruk, Tradisi 300 Tahun yang Masih Bertahan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: