Aksi Rian Bhuka atau Silet Open Up saat manggung (Sumber gambar: Silet Open Up)

Sempat Mencuri Perhatian di Acara Gala Dinner KTT Asean, Yuk Berkenalan dengan Musisi Muda NTT Silet open Up

11 October 2023   |   21:00 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Like
Beberapa waktu lalu, lagu Kakak Main Salah berhasil mencuri perhatian dalam acara Gala Ginner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta. Untuk kalian ketahui bahwa lagu tersebut dibawakan oleh penyanyi asal Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Dia adalah Siprianus Bhuka atau yang sering dikenal dengan nama panggung Silet open Up. Namanya sudah tak asing lagi di telinga para penggemar lagu Indonesia Timur. Rian, sapaan akrab, Siprianus Bhuka lahir di Waeia, Kecamatan Golewa, pada 22 November 1993.

Baca juga: Menilik Sejarah dan Kemegahan JCC yang Akan Jadi Tempat Pelaksanaan KTT ASEAN

Musisi muda ini merupakan putra dari pasangan Thomas Woda dan Dolfina Tiza. Rian memiliki delapan saudara dan merupakan anak bungsu dalam keluarga yang bahagia. Pada 2019, dia meminang  seorang wanita menjadi pendamping hidupnya dan pasangan ini dikaruniai seorang putri.

Tidak terbayangkan oleh Rian bahwa, dirinya akan mendapatkan kesempatan untuk bernyanyi pada acara besar ASEAN. Saat itu, Rian sedikit merasa insecure ketika akan bernyanyi.S ebab selama ini, dia hanyalah seorang putra yang berasal dari pelosok negeri.

Latar belakang pendidikan Rian sangat bertolak belakang dengan kariernya saat ini. Jika sebagian anak muda waktu itu memilih untuk tidak melanjutkan sekolah, beda halnya dengan sang musisi. Rian memberanikan diri untuk meninggalkan keluarganya, demi melanjutkan pendidikan menengah pertama di SMP Seminari Maria Bunda Segala Bangsa, Maumere.

Rian mulai beradaptasi dengan suasana dan situasi baru bersama teman-temannya dan berhasil menamatkan pendidikannya pada 2009.

Setelah menempuh pendidikan menengan pertama di Kota Maumere, Rian memutuskan untuk kembali ke kampung halaman, dan mengenyam pendidikan menengah atas di SMAS Katolik Thomas Aquino Mataloko. Setelah 3 tahun menempuh pendidikan, pada 2012 Rian berhasil menyelesaikan pendidikannya.

Selanjutnya, pada 2012 Rian berhasil diterima di Universitas Atma Jaya, Yogyakarta pada jurusan Teknobiologi. Menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang melelahkan tidak membuat Rian patah semangat hingga pada 2017, Rian akhirnya lulus.

Karier musik Rian bermula, saat dirinya masih menjadi seorang mahasiswa. Sang musisi sering menciptakan lagu-lagu, tetapi belum di-upload pada platform musik.

Keterbatasan platform untuk mengunggah karya-karyanya tidak menjadi alasan bagi Rian untuk menghentikan kariernya. Semasa menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan hidup di kota besar tanpa keluarga, di mulai bernyanyi di jalanan bersama teman-teman.

“Nyanyi ni sudah dari 2012, pas awal-awal masuk kuliah sudah mulai nyanyi-nyanyi. Lagu pertama itu judulnya Bidadari, saya juga sudah tidak tahu itu lagu ada dimana sekarang soalnya tidak langsung upload di Youtube. Saya manggung pertama kali itu di Yogyakarta sekitar tahun 2013 atau 2014 tu, orang pernah melempar saya dengan batu pas saya nyanyi lagu rap, terus mereka juga caci maki saya,” tutur Rian dalam wawancara yang dilakukan tim Hypeabis.id bersama Rian melalui telepon (11/10/2023).

Dengan semangat yang terus membara, membawa Rian pada suatu kesuksesan. Pada 2020 Rian menjadi seorang guru di SMAN 1 Golewa, Kabupaten Ngada. Selama menjadi guru, Rian sesekali melakukan tur untuk bernyanyi dari panggung ke panggung, sehingga pada 2022 Rian memutuskan untuk resign dan berkarya menjadi seorang musisi.

Dengan latar belakang seorang dan semangat dari anggota keluarga, Rian berhasil membuktikan kesuksesannya melalui lagu Kaka Main Salah yang berkolaborasi dengan sesama musisi Timur yakin Kapthen Purek.

Selain lagu Kaka Main Salah, Rian juga menciptakan beberapa lagu yang banyak didengar oleh berbagai kalangan masyarakat. Bahkan Rian pernah  membawakan lagunya di beberapa acara  media televisi nasional seperti Rumpi No Secret dan Pagi-Pagi Ambyar di Trans TV.

Beberapa lagu yang terkenal ciptaan Rian yang berkolaborasi bersama musisi lainnya yakin Tambah Gaga, Kuah Kosong, Matumaja, Malu-Malu, Sampe Hati, Rasa yang Terpendam, Jomblo, dan masih banyak lagi.


Di Luar Panggung

Saat ini, Rian tengah disibukkan dengan berbagai aktivitas membuat lagu. Selain menciptakan lagu, sang musisi juga tengah disibukan dengan membangun usaha fesyen, menjadi videografer, dan fotografer. Dari penghasilannya menjadi seorang musisi, Rian berhasil membangun rumah bagi keluarga kecilnya.

Rian juga merupakan sosok yang bersahabat, hal ini terlihat dari keakraban yang ditunjukan oleh sang musisi dalam beberapa postingannya di sosial media. Selain menjadi seorang penyanyi, Rian juga beberapa kali menggarap film pendek bertajuk Sahabat Kecil bersama teman-temannya.

Baca juga: Karya Cemerlang Penyanyi Muda Dere dalam Album Rubik

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cobweb (Geomijip) Tayang 20 Oktober, Film Terbaru Aktor Song Kang-ho

BERIKUTNYA

Eksplorasi Baru Yandy Laurens Tanpa Unsur Fantasi di Film JESEDEF

Komentar

Lone Gombe

Lone Gombe

17 Oct 2023 - 01:47

Saya cari info tentang artis Ngada yg satu ternyata dapat di sini
Terimakasih min


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: