Dere pada konsernya, Gelora. (Sumber: Instagram @__dere)

Karya Cemerlang Penyanyi Muda Dere dalam Album Rubik

16 September 2023   |   16:52 WIB
Image
Hanifa Khayla Putri Mahasiswi Universitas Pembangunan Jaya

Like
Musik adalah bahasa universal yang menghubungkan hati dan jiwa setiap orang. Dalam dunia musik yang terus berkembang, para seniman seringkali berinovasi untuk menyajikan karya yang segar bagi pendengarnya. Salah satu album karya seniman muda berbakat yang berhasil mencuri perhatian ialah Rubik.

Judul Rubik tersebut memiliki arti tersendiri bagi Theresia Margaretha Gultom yang kerap dikenal sebagai Dere. Rubik merupakan permainan asah otak yang terkenal, membutuhkan kecerdasan untuk menggabungkan warna yang serupa di setiap sisi kubus.

Seiring dengan itu, Dere menjadikan Rubik sebagai metafora yang memvisualisasikan dinamika kehidupan manusia. Di mana ada perputaran, pergeseran dan keberagaman warna dalam perjalanan hidup.

Baca juga: Nuca Indonesia Idol X Siap Telurkan Mini Album Pertama pada 2024

Dirilis pada 21 Juli 2022 album ini berisi 10 daftar lagu dengan aransemen musik yang unik dan menarik. Setiap lirik dalam lagunya yang menggambarkan emosi dan memberi pesan mendalam mengundang pendengar untuk menikmati karyanya seraya meresapi maknanya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan singkat dari setiap lagu pada album Rubik karya Dere:


1. Tanya

Tanya adalah sebuah introspeksi diri yang mendalam. Lagu ini mencerminkan rasa ingin tahu dan pencarian akan jawaban dalam hidup. Dere merangkai lirik yang puitis untuk memvisualisasikan rasa kebingungan dan kegelisahan ketika kita mencoba memahami arti sejati dari eksistensi kita.


2. Kota

Lagu ini menyoroti perasaan kebingungan, terjebak akan perasaan merindukan seseorang yang dicintai. Momen-momen indah yang pernah dilewati hanya menjadi kenangan yang muncul di benak sebab orang tersebut tidak tahu entah dimana.


3. Kenanga

Kenanga adalah sebuah persembahan emosional. Lagu ini mengingatkan pada masa kecil dengan rasa hangat dan keharuan sekaligus mengungkakan perasaan takut menjadi dewasa karena tidak tahu bagaimana hari esok.


4. Rubik

Berjudul sama dengan albumnya, Rubik merupakaan lagu inti dari album ini. Rubik menggambarkan kekacauan dan tantangan dalam kehidupan. Seperti bermain Rubik Cube yang perlu di urai lalu di rakit kembali dengan hati-hati.


5. Jangan Pergi

Judul ini adalah lagu tentang perasaan yang mendalam terhadap seseorang yang kita cintai dan tak ingin kehilangannya. Ini adalah permohonan untuk bertahan dan melanjutkan bersama dalam menghadapi segala rintangan. Lagu ini mengekspresikan rasa takut dan keinginan untuk menjaga hubungan yang berharga.


6. Berlagu

Berlagu mengisahkan tentang kesan pertama yang di dapat oleh seseorang yang merasa jatuh cinta terhadap satu sosok yang mampu mengisi hatinya dengan perasaan bahagia yang tak terhingga.


7. Berisik

Berisik mengandung pesan kritik untuk individu-individu yang suka bersuara keras dan dengan sembrono memberikan komentar dan penilaian kepada siapa saja tanpa pemikiran yang matang. Kehadiran manusia-manusia ‘berisik’ seperti itu dapat menggangu makhluk hidup lainnya.  


8. Tumbang

Lagu ini menggambarkan tentang rasa cintanya yang besar terhadap seseorang namun mereka harus berpisah, yang membuat hari-hari yang dijalaninya menjadi suram temaram. Harapan cinta yang sudah pupus memaksanya berupaya tuk lupa, akan tetapi ia selalu mengharapkan sosok tersebut bisa datang kembali.


9. Rumah

Sebelum masuk kedalam album ini, Rumah telah dirilis lebih dulu tepatnya setelah Hari Gerakan Sejuta Pohon. Lagu ini menceritakan tentang urgensi peran manusia dalam menjaga dan merawat bumi ini. ‘Rumah’ terinspirasi dari keprihatinan manusia terhadap kondisi bumi dan dorongan untuk bertindak demi lingkungan.


10. Keluku

Keluku adalah sebuah penutup yang indah untuk album ini. Lagu ini menceritakan tentang kekhawatiran terhadap penggunaan sosial media. Seperti apakah benar semua yang disaksikan di sosial media?

Secara keseluruhan, album "Rubik" menyampaikan beragam pesan dalam kehidupan. Album ini mengajak pendengar untuk merenungkan arti hidup dan perasaan yang mungkin mereka alami dalam perjalanan mereka sendiri.
 

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Resep Egg Tart Khas Portugis yang Manis dan Lembut

BERIKUTNYA

Cek Rekomendasi Film Minim Dialog dengan Keheningan yang Menegangkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: