Cuplikan film Cobweb. (Sumber gambar: Anthology Studio)

Cobweb (Geomijip) Tayang 20 Oktober, Film Terbaru Aktor Song Kang-ho

11 October 2023   |   16:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Satu lagi film Korea Selatan yang menarik untuk masuk dalam daftar tontonan adalah Cobweb (Geomijip). Distributor film CBI Pictures baru saja mengumumkan bahwa Cobweb akan tayang di Indonesia pada 20 Oktober 2023. Film yang disutradarai oleh Kim Jee-won ini disebut-sebut akan menghadirkan pengalaman sinema yang tak biasa. 

Cobweb adalah film bergenre komedi gelap yang mengambil setting waktu sejarah tertentu. Berlatar waktu 1970-an, film ini berkisah tentang sutradara Kim Yeol (diperankan oleh Song Kang-ho) yang terobsesi untuk membuat ulang akhir film garapannya berjudul Cobweb.

Baca juga: Aktor Song Kang-ho jadi Juri Kategori Kompetisi di Festival Film Cannes ke-74

Menurutnya, ending atau akhir dari film itu akan lebih baik jika dibuat ulang. Namun, kekacauan demi kekacauan terjadi di lokasi syuting. Mulai dari campur tangan dari otoritas sensor, hingga keluhan dari para aktor dan produser yang tidak dapat memahami keinginan Kim Yeol. 

Para pemain film itu tidak justru kesulitan untuk mengerti dan memahami skenario bagian akhir dari Cobweb yang ditulis ulang oleh sang sutradara. Film ini akan mengajak penonton mengikuti kisah Kim Yeol yang berusaha menemukan jalan keluar dari kekacauan ini, untuk memenuhi ambisi artistiknya dan menyelesaikan karya agungnya.

"Ini adalah film yang menggambarkan kesedihan dan kegembiraan yang terjadi dalam proses pembuatan film yang banyak batasan," demikian tulis sinopsis film Cobweb.
 


Film Cobweb menjadi patut dinantikan oleh penonton lantaran dibintangi oleh salah satu aktor kenamaan Korea yakni Song Kang-ho. Aktor berusia 56 tahun itu dikenal berkat kemampuan aktingnya yang memukau dalam berbagai genre. Tak ayal, jika di banyak film yang dibintanginya dia didapuk sebagai pemeran utama.

Telah berkarier sebagai aktor sejak 1996, beberapa film populer yang dibintangi Kang-ho diantaranya Parasite (2019), A Taxi Driver (2017), Snowpiercer (2013), dan Sympathy for Mr. Vengeance (2002). Puluhan penghargaan juga telah diraihnya baik tingkat Asia maupun dunia. Bahkan, pada 2022, dia menyabet penghargaan Aktor Terbaik di Cannes Film Festival berkat perannya dalam film Broker (2022).

Film Cobweb menjadi kolaborasi kelima Kang-ho dengan sutradara Kim Jee-won setelah film The Quiet Family (1998), The Foul King (2000), The Good, the Bad the Weird (2008), dan The Age of Shadows (2016).

Kim Jee-won sendiri dikenal sebagai salah satu penulis sekaligus sutradara paling berbakat yang sukses menggarap beragam genre film. Karya-karyanya membuat dia diakui sebagai filmmaker paling berpengaruh di industri sinema Korea. Dua filmnya, A Tale of Two Sisters dan A Bittersweet Life sukses di pasaran dengan pujian kritis.
 

Selain Kang-ho, film Cobweb juga dibintangi oleh Im Soo-jung yang berperan sebagai Lee Min-mi, istri dari sutradara Kim Yeol, dan Oh Jungse sebagai aktor bernama Kang Ho-se. Ada pula Jeon Yeo yang berperan sebagai Shin Mi-do, penanggung jawab keuangan rumah produksi Shin Sung Film, dan Krystal Jung sebagai Han Yu-rim, aktris baru yang terkenal.

Adapun, beberapa pemain pendukung lainnya yakni Jang Young-nam, Jung In-ki, Jang Nam-yeol, Park Jung-soo, Shin Sung-pil, Kim Min-jae, Kim Dong-young, dan Kim Joong-hee. 

Sebelum dirilis di bioskop, film Cobweb telah lebih dulu world premiere dan berkompetisi di ajang Festival Film Internasional Cannes ke-76 pada 25 Mei 2023. Sejak itu, film ini malang melintang di berbagai ajang festival film dunia termasuk berkompetisi di Festival Film Sydney ke-70, dan tayang pada program Noves Visions di Festival Film Sitges ke-56. 

Film Cobweb baru tayang di bioskop-bioskop Korea Selatan pada 27 September 2023. Di negeri asalnya, film berdurasi 135 menit itu mengumpulkan 297.069 penonton dengan total pendapatan sebesar US$2.120.432 dan menjadi salah satu sinema box office.

Adapun, film Cobweb dijadwalkan tayang di jaringan bioskop CGV Indonesia pada 20 Oktober 2023.

Baca juga: Rekomendasi Film Horor dan Thriller yang Dirilis Oktober 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Festival Musikal Indonesia 2023 Jadi Ajang Mendekatkan Seni Pertunjukan ke Generasi Muda

BERIKUTNYA

Sempat Mencuri Perhatian di Acara Gala Dinner KTT Asean, Yuk Berkenalan dengan Musisi Muda NTT Silet open Up

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: