Koleksi Flames Karya Julianto (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Koleksi Flames Karya Desainer Julianto Hadirkan Gaun Elegan Bernuansa Api & Tanah

10 October 2023   |   19:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Desainer muda Julianto menampilkan koleksinya yang bertajuk Flames Spring Summer 2024 di La Moda Cafe, Plaza Indonesia, Jakarta, pada Selasa (10/10/2023). Koleksi busana ini sebelumnya pernah ditampilkan di Runway Show, Emerging Talents Milan Spring Summer 2024, Milan, Italia.

Koleksi Flames terdiri atas 10 looks berupa gaun merah dan cokelat sebagai representasi dari dari api dan bumi. Koleksi busana Flames dikenakan oleh para model cantik. Di antara mereka ada wajah-wajah yang cukup familiar seperti Ussy Sulistiawaty, Nindy Ayunda, dan Aundrey Vanessa Susilo Miss Indonesia 2022 dari Sulawesi Utara.

Baca juga: Fakta Menarik Peragaan Busana Burberry Spring Summer 2024 di London Fashion Week

Flames menjelajahi sinergi dinamis antara api dan bumi. Api melambangkan gairah, energi, dan transformasi yang berjalan beriringan dengan stabilitas, pertumbuhan, dan pengaruh bumi. Semua itu dituangkan dalam perpaduan memukau antara keahlian dan kreasi couture di runway.

"Elemen Api menggambarkan perjalanan saya dalam berkarya mode yang selalu membara. Sedangkan elemen Tanah menjadi gambaran tentang tempat di mana saya berpijak," ujarnya.

Ciri khas busana rancangan Julianto adalah menonjolkan sisi feminin wanita. Membangun citra mewah, elegan, seksi, sekaligus berkelas pada wanita yang mengenakan gaun-gaun ciptaannya.

Adapun selama mengerjakan koleksi Flames, desainer asal Pekanbaru tersebut menghadapi sejumlah tantangan. Setiap detail dari busana rancangannya dikerjakan sejara manual dengan penuh perhatian sampai menjadi satu kesatuan gaun yang utuh dan cantik.

"Tantangan selama membuat 10 koleksi ini adalah waktu pengerjaannya yang sangat singkat, ada satu look yang baru selesai setelah satu bulan karena semua detailnya handmade aku bikin sendiri," katanya.
 

Koleksi Gaun Flames (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

Koleksi Gaun Flames (Sumber Foto: Hypeabis.id/Kintan Nabila)

"Untuk look yang satu ini, rasanya selalu ada yang kurang dan ada yang harus ditambahkan, akhirnya setelah bajunya selesai, jadi kesenangan tersendiri buat aku," ujar Julianto.

Merah dan cokelat adalah dua warna yang ditawarkan dalam koleksi FLAMES. Setiap busana rancangan Julianto menggunakan bahan mewah seperti tafetta, tulle, sheer, stretch jersey dan embellishment fabric. Pengerjaannya menggunakan teknik quilting dan piping untuk menghasilkan tekstur cantik pada bahan.

Potongannya berupa gaun panjang bervolume, korset, gaun-gaun berbahan tipis dan jatuh, celana palazzo, hingga busana fit yang pas di tubuh. Tak ketinggalan penambahan manik-manik dan embellishment untuk menambah kesan mewah dan elegan.

FLAMES ditampilkan di panggung mode kelas dunia, yakni Milan Fashion Week Spring Summer 2024 yang tahun ini berlangsung pada 19-24 September 2023. Busana rancangan Julianto tampil pada Kamis, 21 September 2023 di Palazzo Visconti, Milan.

Selain itu juga ditampilkan di Emerging Talents Milan (ETM) yang juga dikenal dengan julukan During Milan Fashion Week karena digelar bertepatan dengan momen perhelatan pekan mode akbar dunia di Milan. Peragaan busana yang diinisiasi oleh ETM tersebut cukup mencuri perhatian para perancang busana yang datang dari berbagai negara. 

Julianto sendiri telah mendirikan jenama Julianto sejak 2011. Alumni sekolah mode Istituto Di Moda Burgo Indonesia tersebut telah membawa karya-karyanya di runway kelas dunia seperti New York Fashion Week 2019, dan Hongkong Fashion Week 2018.

Karya Julianto juga banyak dikenakan oleh para selebritas Indonesia, mulai dari aktris sampai penyanyi seperti Rossa, Krisdayanti, Raisa, Titi DJ, Raline Shah, hingga Melly Goeslow, dan lainnya. Selain jenama Julianto, dia juga mengembangkan Mojuya yang fokus pada busana siap pakai dan Julianto Marriage untuk koleksi busana pengantin.

Baca juga: Deretan Koleksi yang Curi Perhatian di London Fashion Week Spring Summer 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Milinka Winata, Diaspora Cilik Indonesia yang Berprestasi di Ajang Film Dunia

BERIKUTNYA

5 Tanda Sakit Jantung yang Kasat Mata, Kaki Bengkak hingga Plak pada Mata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: