Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak terjadi pada masyarakat(Sumber gambar: RS Royal progress/Google)

5 Tanda Sakit Jantung yang Kasat Mata, Kaki Bengkak hingga Plak pada Mata

11 October 2023   |   15:47 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Penyakit yang disebut juga sebagai kardiovaskular ini disebut menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia berdasarkan Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019.

Bahkan, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemeterian Kesehatan menunjukan tren peningkatan  penyakit jantung dari 0,5 persen pada 2013 menjadi 1,5 persen pada 2018.

Yulia Christina S. Pareira, dokter umum di Puskesmas Lekebai, Kabupaten Sikka menjelaskan penyakit jantung ini meliputi sakitnya pembuluh, struktur hingga pembekuan yang terjadi pada saluran peredaran darah.

Baca juga: Awas, Gigi Berlubang Bisa Memicu Penyakit Jantung

Dia menyebutkan bahwa penyakit jantung memiliki empat jenis, di antaranya penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan sejak lahir, endokarditis, dan aritmia

Penyakit jantung koroner itu, sambungnya, adalah kondisi pada pembuluh darah yang bernama arteri koronaria, terjadi pembentukan plak lemak atau plak kolesterol di arteri koronaria itu, sehingga menyebabkan tersumbatnya arteri dan pasokan oksigen ke jantung berkurang.

"Kalau sakit jantung bawaan itu biasanya terjadi sejak lahir, itu karena struktur jantung tidak terbentuk secara sempurna. Contohnya seperti katupnya yang bermasalah. Sedangkan endokarditis itu merupakan peradangan pada lapisan jantung endokarst yang disebabkan oleh bakteri streptococcus.  Kalau artmia itu merupakan irama jantung yang tidak sesuai di setiap waktunya,"tambah dr. Yulia.

Pada beberapa kasus, penyakit jantung terjadi tanpa diduga. Namun, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di RS Siloam Lippo Village, Vito Anggarino Damay menjelaskan bahwa terdapat beberapa tanda yang dapat dilihat dengan mudah pada pasien penyakit jantung.

"Saya akan membocorkan ada tujuh tanda-tanda yang dapat dilihat kalau seseorang itu punya penyakit jantung," tutur dr. Vito yang dikutip dari Youtube DRV CHANNEL. Berikut lima tanda pasien penderita penyakit jantung yang dapat dilihat dengan mudah.


1. Jalan terengah-engah

Ketika melihat seseorang yang terengah-engah setelah berjalan atau berolahraga, kalian mungkin menganggap bahwa orang tersebut sedang kelelahan. Namun, hal ini bisa saja karena orang tersebut sedang merasa kesakitan pada jantungnya.

"Kalau kalian melihat seseorang berjalan terengah-engah belum tentu itu akibat jantung, karena kalau jalan terengah-engah misalnya capek atau cepat lelah, mungkin saja orang-orang yang baru sembuh dari sakit paru-paru pun demikian," jelas dr. Vito.

Namun, menurutnya ada satu tanda khas pada seseorang yang punya penyakit jantung, yaitu ketika tidur terlalu lama, dia akan merasa sesak dan ketika duduk akan merasa enakan.


2. Jantung berdebar-debar

Untuk diketahui, jantung berdebar-debar tidak hanya dirasakan saat jatuh cinta, loh. Jantung yang berdebar kencang juga merupakan salah satu ciri jika seseorang mengalami penyakit jantung aritmia.

"Berdebar-debar adalah tanda seseorang punya aritmia atau korslet pada bagian jantungnya. Penyebabnya bisa karena seseorang punya penyakit jantung koroner atau penyempitan pembuluh darah, atau bisa juga lemah jantung," jelas dr. Vito.

Dia juga menyarankan apabila mengalami gejala jantung sering berdebar perlu melakukan pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) untuk mengetahui atau mendeteksi masalah lain akibat aritmia, seperti stroke atau pembekuan darah yang masuk ke dalam otak.


3. Kaki bengkak

Pembengkakan pada kaki bisa dioicu oleh berbagai faktor, seperti keseleo, penyakit kaki gajah, atau sengatan lebah. Namun, pembengkakan pada kaki juga dapat disebabkan oleh masalah jantung.

"Misalnya kalau jalan lama kakinya bengkak, duduk atau berdiri lama bengkak juga. Kondisi ini bisa saja akibat varises atau ada gangguan pada katup pembuluh darah bagian dalamnya. Tapi kalau bengkaknya terkait lemah jantung atau pembengkakan jantung, untuk mengetahuinya dapat melakukan USG," tutur dr. Vito


4. Plak kuning gelap pada bagian mata

Sebagian orang memiliki lipatan mata yang berwarna kuning gelap. Biasanya menurut dr Vito orang dengan ciri seperti ini menandakan bahwa dia mengalami penyakit kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi merupakan  penyakit yang disebabkan oleh penumpukan lemak dalam darah, dan terjadi pembentukan plak pada pembuluh darah. Untuk mengetahuinya, kalian dapat melakukan pemeriksaan kolesterol secara berkala. 


5. Kaki berwarna kehitaman

Jika kaki seseorang berwarna kehitaman pada beberapa bagian, mungkin saja dia mengalami penyakit jantung. Dr. Vito menjelaskan, orang dengan penyakit jantung dapat melihat tanda pada bagian kaki yang sering kedinginan, kesemutan, dan berwarna hitam. Hal ini bisa saja terjadi akibat penyempitan pembuluh darah  pada kaki.

"Jantung dan pembuluh darah selalu berhubungan erat karena jantung ini mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung seperti pompa dan pembuluh darah seperti pipanya. Apa yang terjadi di pembuluh darah kaki, ada penyempitan atau plak di sana, mungkin terjadi juga di pembuluh darah yang lain, termasuk di pembuluh darah jantung yang bisa menyebabkan serangan jantung," tambah dr. Vito.

Baca juga: Kenali Nyeri Dada yang Jadi Tanda Penyakit Jantung Koroner

Dia menambahkan, biasanya kalian dapat melihat masalah kesehatan ini pada orang-orang yang memiliki penyakit kencing manis, kolesterol tinggi, hipertensi, kedinginan dan kehitaman pada ujung kaki, dan luka yang sulit sembuh.

Demikian beberapa tanda yang memungkinkan seseorang terserang penyakit jantung. Genhype yang melihat beberapa tanda tersebut pada orang terdekat, wajib menyarankan orang tersebut untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis jantung.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Koleksi Flames Karya Desainer Julianto Hadirkan Gaun Elegan Bernuansa Api & Tanah

BERIKUTNYA

ICAD 2023 Siap Digelar Tahun Ini, Usung Manifesto Feel-Good Lab

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: