Ilustrasi dua orang sedang olahraga (Sumber Foto: Freepik)

5 Tip Olahraga yang Baik & Tidak Berlebihan Supaya Terhindar dari Cedera

08 October 2023   |   21:33 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Orang-orang melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Namun, karena berbagai alasan banyak dari mereka yang melakukannya berlebihan, misalnya saat ingin mengurangi berat badan atau meningkatkan massa otot. Padahal latihan fisik yang tidak terkontrol bisa menyebabkan cedera.

Seringkali kita lupa untuk menakar kemampuan tubuh saat olahraga sehingga berpotensi besar untuk mengalami cedera pada otot. Alhasil, otot-otot pun mengalami kontraksi yang memicu rasa sakit pada area penggerak aktif, seperti sekitar sendi dan tulang tangan atau kaki. 

Nah Genhype, supaya olahraga bisa dilakukan secara optimal dan terhindar dari cedera, yuk simak tip olahraga yang baik dan besar tanpa berlebihan dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut ini. 

Baca juga: Simak Manfaat Olahraga pada Pagi & Sore Hari
 

1. Atur Frekuensi Sesuai Kemampuan

Bagi-orang orang yang melakukan olahraga untuk kesehatan, dalam artian bukan atlet, sebaiknya tidak perlu berlebihan dalam memforsir tubuh. Melakukan latihan fisik sebanyak 2-3 kali seminggu sudah cukup baik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Apabila ingin meningkatkan intensitasnya, sebaiknya perlu dilakukan secara bertahap supaya tubuh dapat menyesuaikan dengan baik. Misalnya saat sit-up, idealnya dilakukan sebanyak 25 kali sehari. Apabila ingin ditambah, coba naikkan intensitasnya dengan interval 5, dari 25, 30, 35, dan seterusnya.

Selain itu, jika kamu suka olahraga outdoor disarankan untuk menghindari cuaca panas untuk mencegah risiko dehidrasi dan heat stroke. 
 

2. Barengi dengan Konsumsi Makanan Sehat

Olahraga akan lebih optimal hasilnya jika diimbangi dengan konsumsi makanan bernutrisi tinggi, seperti sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak. Sebisa mungkin kurangi asupan garam, lemak jenuh, dan karbohidrat tinggi untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh. 

Selain itu, pastikan juga kamu rutin minum air putih yang cukup. Konsumsi air putih yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah kurang lebih sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air untuk orang dewasa. 


3. Ganti Jenis Olahraga Secara Berkala

Jika kamu sudah bosan dengan olahraga yang rutin dilakukan, tak ada salahnya untuk mengubah rutinitas olahraga. Misalnya mengganti sit up dengan push up atau basket dengan tenis. Mengubah jenis olahraga dapat membantu memulihkan kondisi fisik, pikiran, dan energi.

Selain itu, tubuh juga bisa lebih bergerak aktif berkat daya tarik dari tantangan fisik berbeda dari olahraga yang kamu lakukan.
 

4. Pentingnya Melakukan Recovery

Setelah olahraga, tak sedikit mereka yang lupa melakukan sesi recovery atau pendinginan. Padahal pendinginan setelah latihan fisik juga penting agar olahraga bisa memberi manfaat yang optimal bagi tubuh. 

Recovery bertujuan mengembalikan kondisi fisik serta menormalisasi asam laktat yang meningkat saat berolahraga. Kelebihan asam laktat berisiko memicu berbagai komplikasi, seperti gangguan irama jantung dan kelainan asam-basa darah. 


5. Waktu Istirahat yang Cukup

Setelah olahraga pastikan kamu istirahat yang cukup dengan tidur setidaknya 6 jam sebelum melakukan aktivitas fisik lagi. Namun, jika olahraga yang dilakukan bersifat intens dengan beban fisik yang cukup berat, kamu disarankan untuk menjadwalkan satu hari khusus untuk istirahat. 

Luangkan waktu tanpa olahraga supaya tubuh dapat mengisi ulang energinya. Dengan begitu kamu bisa kembali segar dan mendapatkan lebih banyak energi positif . 

Baca juga: Athleisure Jadi Tren, Intip 7 Jenis Pakaian Olahraga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Potensi Kerugian Setelah Tutupnya Social Commerce, Peluang Besar bagi E-commerce

BERIKUTNYA

Kutu Busuk Mewabah di Prancis, Begini Cara Mengatasi Gigitannya yang Bikin Gatal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: