Pakaian olahraga menunjang gerak dan fleksibilitas penggunanya. (Sumber gambar : Freepik/pressfoto)

Athleisure Jadi Tren, Intip 7 Jenis Pakaian Olahraga

28 September 2023   |   20:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Industri pakaian olahraga terbilang sedang meningkat akhir-akhir ini, diuntungkan oleh kebutuhan konsumen akan pentingnya gaya hidup sehat. Tak hanya itu, transisi ‘new normal’ juga membuat cara berpakaian orang-orang di kantor pun kini menjadi lebih santai.

Namun, tren tersebut juga tetap mempertahankan unsur formal seperti kemeja dan celana panjang, dengan memadukan item kasual yang nyaman seperti sneakers atau sepatu lari.

Menurut Marketing Communication Manager Under Armour Indonesia Yudhistira Soelaeman, penggunaan media sosial yang tinggi dan munculnya banyak influencer gaya hidup sehat kini mulai meramaikan kembali tren Athleisure yang muncul di Amerika pada 1979.

Dalam mode, athleisure adalah tren fashion yang memadukan pakaian olahraga dan fashion sehari-hari. Istilah "athleisure" berasal dari kata "athletic" atau olahraga dan "leisure" atau waktu santai.

Yudhistira menyebut athleisure sebagai gaya sporty memang cukup punya pengaruh dalam industri mode, terutama dunia fashion wanita. Athleisure biasanya terdiri dari pakaian yang nyaman seperti celana olahraga, celana legging, kaos olahraga, dan sepatu sneakers, yang dipadukan dengan jaket denim, blus, atau coat untuk menciptakan tampilan yang santai tapi tetap stylish.

Baca juga: 7 Tips Pilih Pakaian yang Cocok Saat Cuaca Panas

"Athleisure mencerminkan pergeseran budaya dimana masyarakat makin menyadari pentingnya kesehatan dan kebugaran, serta kebutuhan untuk tampil gaya dan nyaman sepanjang hari," ujarnya kepada Hypeabis.id, beberapa waktu lalu.

Selaras dengan itu, Yudhistira melihat sneakers sebagai item primadona saat ini. Oleh karena Under Armour terus menghadirkan rangkaian produk yang bukan hanya menunjang performa saat berlari, namun stylish untuk bisa dipakai saat bekerja atau hangout. 

Brand asal Amerika Serikat ini katanya juga menerapkan prinsip pengalaman terbaik untuk pelanggan. Oleh karenanya, Under Armour selalu memperhatikan kebutuhan fungsional dan emosional, hingga perilaku dan preferensi konsumen dalam membeli pakaian olahraga. 

Yudhistira menyataikan, hingga akhir 2023, Under Armour tetap mengeluarkan inovasi produk untuk beberapa olahraga, mulai dari olahraga lari dan training. Mereka juga akan menggandeng beberapa pihak dalam hal kolaborasi produk untuk beberapa seri olahraga, Tidak hanya akan memaksimalkan performa dari konsumen, namun meningkatkan sisi kenyamanan dan fungsionalitas dari aktivitas mereka.   

Adapun market Under Armour sendiri di Indonesia cenderung masih didominasi oleh pria dibandingkan wanita. Yudhistira mengatakan hal ini disebabkan aktivitas olahraga baik di gym maupun outdoor masih didominasi oleh segmen pria. Kendati demikian, beberapa produk Under Armour khusus wanita seperti scort, dress training, sport bra, dan legging juga terbilang laris manis. 

Sementara itu, target konsumen dari Under Armour terbilang dari segala usia. Dari segi demografi, konsumen Under Armour  mulai dari usia remaja (SMA) yang menyukai aktivitas olahraga, usia produktif, bahkan masih banyak dari segmen lanjut usia yang merupakan konsumen loyal. "Rata-rata konsumen Under Armour sekali transaksi ada di nilai lebih dari Rp1,5 juta," tuturnya. 

Baca juga: Bisnis Pakaian Anak Makin Moncer, Model yang Nyaman & Modis Paling Diminati

Terlepas dari tren, berikut jenis-jenis pakaian olahraga yang perlu kamu tahu.

1. Tracksuits
Tracksuits merupakan setelah yang terdiri dari celana anjang dan kaos lengan panjang. Awalnya pakaian ini digunakan pembalap di trek. Kini bisa juga dipakai untuk berlari atau jogging, hingga pakaian santai.

2. T-shirt and Celana Pendek
Pakaian ini sangat cocok dipakai untuk berbagai macam jenis olahraga dan dapat dikenakan dalam cuaca apapun. Setelan ini sangat nyaman dan memungkinkan pemakaiannya bergerak dengan mudah.

3. Jersey Bola
Terdiri dari celana pendek, kaos lengan pendek, kaos kaki, dan sepatu dengan cleat. Celana pendeknya  ketat dan memiliki area empuk di bagian depan. Kaus kakinya memiliki panjang selutut dan memiliki karet gelang di bagian atas. Sementara itu, sepatunya memiliki paku di bagian bawah untuk mencengkeram tanah ketika berlari di lapangan sepakbola

4. Jersey Sepeda
Jersey sepeda adalah jenis pakaian yang dikenakan pengendara sepeda. Biasanya memiliki lengan pendek dan ketat, mirip dengan pakaian perlengkapan sepak bola. Kendati demikian, jersey ini lebih panjang di bagian belakang dan memiliki kantong di sampingnya. 

5. Seragam Bisbol
Seragam Bisbol terdiri dari baju, celana panjang, kaos kaki selutut, dan cleat. Bajunya memiliki kancing di bagian depan dengan lengan pendek, biasanya dilengkapi dengan pakaian ketat di bagian dalam.

6. Gym Clothing
Gym clothing atau yang juga bisa disebut dengan pakaian senam terdiri atas celana pendek, legging, dan kaos. Jenis pakaian ini memiliki ukuran fit body alias pas di tubuh ketika digunakan. Kaos gym ini memiliki banyak model, ada yang berlengan panjang, pendek, hingga tanpa lengan dan bahan yang digunakan adalah bahan sintetis anti lengket saat terkena keringat.

7. Baju Renang
Tipe pakaian ini terbilang menempel di tubuh dan elastis agar memudahkan penggunanya bergerak saat berenang. Baju renang bisa terdiri dari setelan hingga jumpsuit. Ada yang lengan panjang, pendek, hingga tanpa lengan. Adapun bagian bawah memiliki pilihan celana panjang, pendek, atau panties. Biasanya terbuat dari bahan lycra dan polyester.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Candra Darusman Beberkan Proses Penilaian & Penentuan Pemenang AMI Awards

BERIKUTNYA

5 Tip Memilih Sepatu Wedges yang Nyaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: