Ilustrasi kegiatan olahraga. (Sumber gambar: Unsplash/Gabin Vallet)

Simak Manfaat Olahraga pada Pagi & Sore Hari

30 August 2023   |   08:30 WIB
Image
Eben Ezer Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Berolahraga memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mencegah penyakit yang membuat tubuh menjadi lebih kuat. Kebanyakan orang memutuskan untuk berolahraga pada waktu yang sudah disesuaikan dengan jadwalnya masing-masing.

Kondisi ini menjadikan seseorang tidak dapat menentukan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Namun, beberapa penelitian menunjukkan waktu yang lebih tepat untuk kalian pilih agar kegiatan berolahraga dapat mempengaruhi efektivitas dari latihan dan memaksimalkan hasil yang diperoleh, yakni pada pagi hari serta sore hari.

Baca juga: Genhype, Perhatikan Panduan Olahraga di Luar Ruangan saat Polusi Meningkat

Berikut manfaat yang diperoleh untuk kalian berolahraga berdasarkan riset dari berbagai sumber terbaru, antara lain:


1. Kelebihan Berolahraga di Pagi hari

Menghasilkan energi 
Dilansir dari totalwellnesshealth, olahraga pagi adalah salah satu cara terbaik karena energi yang ditimbulkan dan membantu kalian untuk siap menghadapi hari. Bahkan, disebutkan bahwa olahraga di pagi hari mungkin memberi kamu lebih banyak energi daripada meminum secangkir kopi.

Energi yang cukup turut membuat suasana hati menjadi lebih baik. Berkeringat di pagi hari setelah berolahraga memberi kamu manfaat antara lain aliran endorfin, serotonin, dan dopamin yang merupakan hormon yang dihasilkan oleh otak yang akan meningkatkan suasana hati kamu dan membantu mengurangi stres.

Mengurangi stres
Dilansir dari totalwellnesshealth, mengeluarkan keringat pada pagi hari dapat menurunkan kadar kortisol yaitu hormon stres dari otak yang menimbulkan efek samping pada tubuh kamu. Olahraga di pagi hari juga akan membantu meredakan ketegangan dengan cara mengendurkan otot sehingga membantu kamu melawan efek negatif dari stres pada tubuh kamu.

Membakar lebih banyak lemak
Dilansir dari Cnet, olahraga di pagi hari terbukti membakar lebih banyak lemak setelah makan. Hal ini disebabkan karena sistem metabolisme tubuh memanfaatkan simpanan lemak di dalam tubuh sebagai bahan bakar untuk berolahraga.

Disebutkan juga bahwa efek peningkatan pembakaran kalori atau lebih dikenal dengan istilah afterburn berlangsung lebih lama saat kamu berolahraga di pagi hari. Sehingga hal ini bisa membantu kamu jika ingin  menurunkan berat badan dengan cara berolahraga.


2. Kelebihan Berolahraga di sore hari

Suhu tubuh sedang bersahabat
Dilansir dari penelitian yang dilakukan dari Pubmed Central United States, temperatur tubuh pada sore hari khususnya pada rentang pukul 2 sore hingga 6 sore sedang berada pada temperatur yang berada pada tahap hangat, yaitu berkisar pada 36-37 derajat celcius.

Dikutip dari sumber yang sama, suhu tubuh manusia meningkat sepanjang berjalannya waktu dalam 1 hari sehingga direkomendasikan untuk berkegiatan seperti olahraga saat suhu tubuh sedang ideal. Artinya suhu tubuh berada di puncaknya pada sore hari, sehingga dapat mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot, meningkatkan aktivitas enzim, dan meningkatkan daya tahan untuk beraktivitas.

Mencegah serangan jantung
Dilansir dari everydayhealth.com, Dr. Paul Arciero dari Amerika Serikat memiliki pendapat yang berbeda terhadap olahraga di pagi dan malam hari. Aktivitas fisik berat yang dilakukan di pagi hari diantaranya olahraga menurutnya akan meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dibandingkan dengan olahraga di waktu lain dalam sehari.

Dia pun tidak merekomendasikan untuk berolahraga di malam hari karena dapat menyebabkan gangguan tidur yang dapat berdampak buruk pada jantung. Sehingga olahraga pada sore hari lebih direkomendasikan untuk manfaat pada jangka panjang.

Baca juga: 5 Panduan Memulai Rutinitas Berolahraga

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Waspadai 6 Bahaya Over Parenting yang Bisa Bikin Anak Depresi

BERIKUTNYA

Profil Joko Pinurbo, Sastrawan yang Raih Penghargaan Achmad Bakrie 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: