Festival ini diselenggarakan untuk mendukung perkembangan industri animasi dan film di Indonesia. (sumber gambar:JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Digelar 7-8 Oktober 2023, ANIMART Bakal Jadi Ajang Pesta para Wibu & Cosplayer Tanah Air

04 October 2023   |   16:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Buat kalian para wibu di Indonesia ada kabar gembira nih. Pasalnya untuk pertama kali, festival budaya Jepang yang menggabungkan dengan budaya Indonesia, yakni ANIMART bakal segera digelar pada akhir pekan ini di Jakarta.

Berlangsung pada 7-8 Oktober 2023, Animasi Movie dan Art (ANIMART) akan dihelat di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat. Adapun, festival ini diselenggarakan untuk mendukung perkembangan industri animasi dan film di Indonesia. 

Baca juga: Pemula sampai Wibu, Intip 10 Tipe Penggemar Anime Jepang, Kalian yang Mana?

Banyaknya wibu di Indonesia yang menempati posisi ketiga terbanyak di dunia, membuat SENIOR - Idea & Event Creative membuat event ANIMART. Ajang tersebut dikhususkan sebagai tempat bertemunya para cosplayer, penggemar, dan komunitas animasi, manga, film, hingga seni untuk berkolaborasi.

Wibu adalah istilah yang mengacu padaseseorang yang sangat menyukai budaya Jepang, mulai dari anime, manga, hingga video game.

 
 

Celerina Tjandra Judisari, penggagas ANIMART mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk menyatukan komunitas dan menciptakan ruang untuk bertumbuh bersama dalam industri kreatif. Terutama dalam mendorong gagasan dan ide yang selama ini diaktualisasikan dalam cosplayer.

Lewat ajang tersebut dia juga ingin mempromosikan pahlawan lokal di Indonesia yang bisa dijadikan ide kegiatan cosplay. Beberapa di antaranya termasuk Gatotkaca, Gundala, Sri Asih, Bumi Manusia, Virgo, Kadet 1947 dan Domikado yang saat ini mungkin kurang dikenal generasi muda.

"Karena ini memang menjadi event perdana, kami sedang mencoba mencari formula mengenai apa yang selama ini belum ada di perhelatan cosplay di Tanah Air, terutama interaksi antar para wibu," katanya saat jumpa pers di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu, (4/10/23).
 

konferensi pers ANIMART sumber gambar (JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

konferensi pers ANIMART sumber gambar (JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Selain menghadirkan berbagai seminar, event ANIMART nantinya juga akan mengundang para praktisi di dunia perfilman, hingga pegiat kostum peran untuk berbagi ide. Termasuk bagaimana menjadikan kegiatan hobi tersebut sebagai sebuah profesi yang cukup menjanjikan dari segi penghasilan.

Bahkan, nantinya juga akan ada calon investor dan studio animasi yang bakal diundang ke acara tersebut guna memberikan materi mengenai industri kreatif. Ada juga pemberian materi ilustrator oleh Chris Lie, Intellectual Property oleh Mochtar Sarman, Wardrobe and Character Makeup oleh Yagaichi, dan Prosthetic Makeup oleh Baliwood.

"Acara ini juga cocok untuk mereka yang berkecimpung dalam industri business matching karena bakal mempertemukan ilustrator dengan investor, serta menciptakan peluang kolaborasi yang berpotensi mengangkat industri kreatif Indonesia," katanya.

Sementara itu, costume maker dan cosplayer profesional Mizu Otawa juga menyambut kehadiran ANIMART Indonesia 2023 dengan antusias. Menurutnya acara tersebut merupakan salah satu langkah progresif untuk mengenalkan komunitas cosplay dan budaya pop di Indonesia pada publik.

"Saya berharap lewat acara ini para wibu atau pecinta seni bukan hanya berkumpul dan ikut kontes costume, tapi menjadi ajang untuk aktualisasi, berbagi kreativitas, dan ilmu, sehingga pengunjung yang hadir bisa pulang mendapatkan sesuatu," katanya.

Adapun, bagi yang berminat mengikuti ANIMART, tiket acara tersebut dapat dibeli di dengan harga Rp60.000 untuk satu hari. Nantinya para pengunjung juga dapat menikmati seluruh kegiatan dan sembari meiliah tren hobi kostum peran di Tanah Air.

Baca juga: Profil Emily Rudd, Pemeran Nami dalam Serial One Piece di Netflix yang Gemar Nonton Anime

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Riot Rilis MV GODS, Anthem League of Legends Worlds 2023 Kolaborasi NewJeans

BERIKUTNYA

Gen Z Jadi Generasi Paling Gampang Stres di Dunia Kerja, Ini Penyebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: