Sop Konro Karebosi (Foto: Instagram Karebosi)

Sekilas Perjalanan Bisnis Kuliner Sop Konro Karebosi yang Bertahan Hingga Tiga Generasi

03 October 2023   |   20:30 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Indonesia terkenal akan kulinernya yang beragam dengan paduan rempah yang menghasilkan cita rasa yang lezat. Hal inilah yang menjadikan kekayaan kuliner Indonesia banyak diminati dan diburu oleh berbagai kalangan mulai dari pelancong lokal hingga wisatawan asing.

Banyaknya kuliner Indonesia dapat ditemukan di berbagai sudut kota. Para pedagang berlomba-lomba menyajikan berbagai jenis masakan khas Nusantara dengan berbagai kekhasannya. Salah satu masakan khas Indonesia yang terkenal akan cita rasa yang unik dan lezat adalah Sop Konro Karebosi. 

Baca juga: Gurihnya Soto Betawi Haji Ma'ruf, Kuahnya Dibuat dari Susu

Kuliner yang dapat ditemukan di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara ini, merupakan salah satu masakah khas Indonesia yang terkenal unik karena diolah menggunakan daging kerbau. Lantas seperti apa perjalanan bisnis Sop Konro Karebosi dari generasi pertama hingga generasi ketiga?

Kepada tim Hypeabis.id, Nia Hanafie penerus generasi kedua kuliner Sop Konro Karebosi menjelaskan sejarah bisnis kuliner yang diproduksi sejak 55 tahun yang lalu itu.

Pada awalnya, Sop Konro Karebosi merupakan usaha kuliner yang dirintis oleh Haji Hanaping sejak 1968. Pada tahun tersebut, Haji Hanaping merupakan seorang pedagang kaki lima yang menjajah berbagai kuliner, salah satunya adalah Sop Konro Karebosi yang terbuat dari daging kerbau.

“Pada awalnya bapak saya merupakan seorang pedagang kaki lima, pada 1968 bapak mulai membuka usaha ini menggunakan daging kerbau,” jelas Nia.

Usaha yang ditekuni dengan konsisten membuahkan hasil baik bagi perkembangan bisnis kuliner ini. Pada 1972, Hanaping berhasil membangun sebuah rumah makan Sop Konro Karebosi di Kota Makassar. Kenikmatan yang disajikan dalam kuliner Sop Konro Karebosi membuat tempat makan ini semakin terkenal hingga ke Ibu Kota Jakarta.
 

Nia Hanafie, generasi ketiga rumah maknan sop konro karebosi ( Sumber gambar: Yulita Theresia Maghi/Unsplash)

Nia Hanafie, generasi ketiga rumah maknan sop konro karebosi ( Sumber gambar: Yulita Theresia Maghi/Unsplash)


Hingga 1993, Haji Hanaping mulai beradu nasib dengan melebarkan sayap bisnis kulinernya di Ibu Kota, khususnya di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Seiring dengan perkembangan kuliner Indonesia yang tidak ada habisnya, pendiri rumah makan Sop Konro Karebosi ini juga mulai memberikan inovasi-inovasi baru dalam masakannya. Salah satu inovasi yang dibuat adalah menyediakan konro karebosi bakar.

“Untuk menyesuaikan dengan permintaan dan perkembangan zaman, kami membuat suatu perubahan atau inovasi dalam masakan, yakni membuat konro bakar yang terinspirasi dari steak bakar yang enak. Kami juga menyediakan Sop Konro Karebosi dengan rasa manis dan juga pedas sehingga menyesuaikan dengan minat konsumen,” tutur Nia.

Setelah berkembang pesat dengan banyaknya peminat konro karebosi bakar di berbagai wilayah, termasuk di Makassar, akhirnya membuat Haji Hanaping menyediakan menu terbarunya itu di wilayah yang dijuluki Kota Pelabuhan tersebut.

Nia Hanafie juga menjelaskan bahwa selama 55 tahun berkembang, rumah makan ini telah dikembangkan dan diteruskan hingga tiga generasi penerus yang memberikan inovasi-inovasi baru, sehingga bisnis kuliner dapat bersaing dengan pebisnis lainnya dan menorehkan sejumlah prestasi.

Selain menu sop konro karebosi dan juga konro karebosi bakar yang menjadi andalan, rumah makan ini juga menyediakan berbagai menu lainya seperti coto Makassar, sop saudara, olahan ikan bakar, hingga makanan pencuci mulut seperti pisang hijau.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Makan Soto Betawi di Jakarta

Bagi kalian yang ingin menikmati menu-menu spesial tersebut, Rumah Makan Sop Konro Karebosi menyediakan menu dengan harga yang ramah di kantong yakni mulai Rp50.000 hingga Rp80.000. Kalian juga dapat melakukan pemesanan menggunakan berbagai aplikasi delivery.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Alasan Hilangnya 10 Hari dari Kalender Oktober 1582

BERIKUTNYA

5 Fitur Unggulan Smart Glasses Meta x Ray-Ban, Kacamata Pintar Berbasis AI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: