Smart Glasses Meta x Ray-Ban (Sumber gambar: Meta)

5 Fitur Unggulan Smart Glasses Meta x Ray-Ban, Kacamata Pintar Berbasis AI

03 October 2023   |   21:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Meta meluncurkan produk teknologi terbarunya berkolaborasi dengan brand kacamata Ray-Ban. Peluncuran produk ini dilakukan oleh Meta Connect bekerja sama dengan EssilorLuxottica pada Rabu (27/9/2023). Dengan produk kacamata, Meta x Ray-Ban membawa konsep smart glasses yang pernah dirilis.

Kali ini, Meta x Ray-Ban mendesain ulang kacamata pintar ini lebih canggih dari generasi sebelumnya. Peningkatan fitur dan penambahan kemampuan baru yang lebih mutakhir. Meski sudah diumumkan sejak September, smart glasses ini baru akan tersedia di toko ritel dan online mulai 17 Oktober 2023 mendatang.

Baca juga: Tip Memilih Bingkai Kacamata Sesuai Bentuk Wajah, Biar Tampil Lebih Stylish

Saat ini, Meta dan Ray-Ban baru mengumumkan ketersediaan kacamata ni di 15 negara saja termasuk Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. Dengan harga US$299, yuk simak ragam fitur yang diunggulkan dalam smart glasses terbaru Meta x Ray-Ban ini.
 

Smart Glasses Meta x Ray-Ban (Sumber gambar: Meta)

Smart Glasses Meta x Ray-Ban (Sumber gambar: Meta)
 

1. Speaker & Noise Cancelling

Meta dan Ray-Ban menambahkan speaker baru yang dirancang khusus dengan volume maksimum lebih tinggi, bass yang besar, dan audio terarah. Dengan audio terarah yang ditingkatkan, maka risiko kebocoran audio saat panggilan masuk hingga mendengarkan musik di lingkungan yang bising dan berangin pun lebih teredam.

Dari segi mikrofon, rangkaian 5 mikrofon desain baru dibuat khusus untuk mendukung perekaman audio yang lebih imersif, sehingga produk bisa menangkap suara yang persis dan terdengar alami meski sumber suaranya datang dari belakang, atas, satau samping.
 

2. Kamera 12MP & Prosesor Bertenaga

Kacamata ini disematkan kamera ultra-wide 12MP dengan output gambar atau video 1080p hingga 60 detik. Kamera dalam kacamata ini bisa menangkap momen penting seperti konser, wisuda, dan lainnya dari sudut pandang pengguna langsung. Tanpa perlu menggenggam kamera.  

Meta dan Ray-Ban pun mengembangkan fitur kualitas dan aksesibilitas pengguna dengan menambahkan fitur berbagi foto ke teman atau keluarga langsung dari kacamata hanya dengan menyuarakan perintah ‘kirim foto’. Hasil tangkapannya pun lebih jernih karena sudah ditenagai platform Qualcomm Snapdragon AR1 Gen 1 terbaru. Ini mendorong pemrosesan foto dan video lebih berkualitas dengan proses komputasi yang juga cepat.
 

3. Desain Compact

Kacamata ini hadir dengan wadah pengisi ulang daya yang lebih ramping dan kecil dari generasi sebelumnya. Wadah ini data menampung hingga 8 pengisian daya tambahan dengan total penggunaan 36 jam. Meta dan Ray-Ban menonjolkan desain wayfarer dengan headliner yang baru untuk menampilkan kesan retro. Berat kacamata juga telah diringankan dengan desain yang lebih ramping daripada yang sebelumnya. Tujuannya adalah membuat pengguna merasakan kacamata yang lebih ringan dan nyaman.

Smart glasses ini tersedia dalam warna matte black dan shiny black, dengan rangkaian tiga warna bingkai transparan baru yakni Jeans, Rebel Black, dan Caramel. Jika tak cocok, pengguna dapat merujuk ke platform Ray-Ban Remix untuk menemukan lebih dari 150 kombinasi bingkai berlensa khusus.


4. Tahan Air & Respons Cepat Meta AI

Berbeda dari generasi sebelumnya, smart glasses kali ini sudah dilengkapi dengan teknologi tahan air (IPX4). Selain itu, bagian touchpad dan earcon interaksi jua telah disempurnakan untuk membuat kacamata bisa merespons perintah secara lebih cepat dan tepat. Kacamata ini juga telah diintegrasikan dengan Meta AI yang akan menjadi asisten percakapan untuk menerima perintah pengguna.

Pengguna cukup mengatakan “Hi Meta” lalu melanjutkan dengan perintah untuk berinteraksi, mendapatkan informasi, dan mengontrol fitur Meta AI menggunakan suara dari kacamata tersebut.
 

5. Cocok untuk Streaming

Siaran langsung atau live streaming merupakan fitur yang paling diunggulkan oleh Meta x Ray-Ban ini. Dengan kacamata saja, kini pengguna tak perlu menggenggam kamera vlog dan dapat melakukan siaran langsung dari kacamata untuk konten Facebook atau Instagram. Tak hanya saran, pengguna bisa langsung melihat komentar di laman pratinjau dengan mengetuk dan menahan sisi kacamata.

Pengguna bisa meminta Meta AI untuk membantu memperdengarkan suara lantang dari komunitas saat siaran langsung berjalan. Sehingga pengguna bisa terus berinteraksi dan menikmati momen sekaligus saat menggunakan kacamata ini.

Baca juga: Kenalan dengan Legion Glasses, Kacamata Unik Lenovo yang Bisa Jadi Monitor

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sekilas Perjalanan Bisnis Kuliner Sop Konro Karebosi yang Bertahan Hingga Tiga Generasi

BERIKUTNYA

Mengenal Kartu Kuning yang Diberikan UNESCO untuk Kaldera Toba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: