Ilustrasi Soto Betawi (Sumber gambar: Unsplash/Subagus Indra)

Rekomendasi 5 Tempat Makan Soto Betawi di Jakarta

18 April 2023   |   20:30 WIB

Like
Soto Betawi merupakan salah satu kuliner khas Jakarta. Soto Betawi sendiri merupakan soto yang menggunakan kuah campuran santan dan susu serta menggunakan bahan daging sapi, jeroan, babat, kikil, dan torpedo yang menjadi ciri khasnya. Rasanya yang gurih dan berlemak, soto ini selalu diburu para penggemar kuliner lokal hingga mancanegara.

Dilansir dari halaman warisanbudaya.kemendikbud.go.id, Soto Betawi pertama kali dipopulerkan oleh Li Boen Po sejak 1971 dan cukup diminati para penggemar soto di Ibu Kota. Seiring waktu. pada sekitar 1978 dia berpikir untuk memberikan nama pada sotonya agar mempunyai identitas yang khas.

Lalu, dia mengumpulkan nama-nama soto, mulai dari Soto Kudus, Soto Madura dan lain sebagainya, tetapi untuk soto Jakarta ini belum ada namanya. Kemudian, Li Boen Po memberi nama soto buatannya, yakni Soto Betawi. Atas prakarsanya itu, sejak 1978 istilah Soto Betawi pertama kali muncul dalam kuliner khas Jakarta.

Baca juga: Angkringan hingga Fine Dining, Intip 4 Hidden Gem Kuliner di Malang

Untuk Genhype yang ingin menikmati Soto Betawi di sekitaran Jakarta, berikut Hypeabis.id merangkum beberapa tempat makan Soto Betawi yang rekomendasi untuk dicoba.


1. Soto Betawi Sambung Nikmat

Genhype yang tinggal di Pondok Pinang dan sekitarnya bisa menikmati Soto Betawi Sambung Nikmat. Pedagang soto ini terletak Jl. Ciputat Raya No. 2, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Adapun soto Sambung Nikmat ini beroperasi dari pukul 08.00–13.30 WIB pada Senin-Sabtu, dan tutup pada Minggu. Untuk harganya dibanderol Rp75.000 lengkap dengan seporsi nasi panas dengan porsi yang pas.
 

Soto Betawi Sambung Nikmat (pergikuliner/Moodyeats)

Soto Betawi Sambung Nikmat (pergikuliner/Moodyeats)


2. Soto Betawi H. Maruf

Soto Betawi H. Maruf mempunyai banyak cabang. Untuk Genhype yang tinggal di Pramuka dan sekitarnya, bisa mengunjungi salah satu cabangnya di Jl. Pramuka Raya No. 64, Matraman, Jakarta Timur. Jam operasional soto ini mulai Senin sampai dengan Minggu dari pukul 10.00 WIB – 20.30 WIB.

Adapun pada Jumat jam operasionalnya sama seperti Senin sampai dengan Minggu, hanya saja saat salat jumat tutup sebentar dan buka kembali setelah salat jumat. Untuk soto betawi di H. Maruf ini dibanderol dengan harga Rp45.000.
 

Soto Betawi H. Maruf (pergikuliner/Fransiscus)

Soto Betawi H. Maruf (pergikuliner/Fransiscus)


3. Soto Betawi H. Mamat

Soto Betawi H. Mamat ini juga mempunyai banyak cabang. Genhype yang tinggal di Tomang dan sekitarnya bisa mengunjungi salah satu cabangnya di Jl. Mandala Raya No. 10, Tomang, Jakarta Barat. Soto Betawi H. Mamat ini jam operasionalnya mulai dari Senin sampai dengan Minggu dari pukul 08.00 WIB – 21.00 WIB. Harga Soto Betawi di H. Mamat ini dibanderol dengan harga Rp44.000.
 

Soto Betawi H. Mamat (pergikuliner/Bung Tono)

Soto Betawi H. Mamat (pergikuliner/Bung Tono)


4. Soto Betawi Globe H. Oji

Soto ini berlokasi di Globe Pasar Baru, Jl. KH. Samanhudi No. 4, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Untuk Genhype yang tinggal di Pasar Baru dan sekitarnya bisa mengunjungi Soto Betawi Globe H. Oji ini ya! Untuk harga soto betawi H. Oji ini dibanderol dengan harga Rp30.000. Sementara itu, jam operasional Soto Betawi Globe H. Oji mulai Senin sampai dengan Minggu dari pukul 08.00 WIB – 21.00 WIB.
 

Soto Betawi Globe H. Oji (pergikuliner/Nadifa Indiartin)

Soto Betawi Globe H. Oji (pergikuliner/Nadifa Indiartin)


5. Soto Betawi Bang Sawit

Soto Betawi Bang Sawit juga mempunyai banyak cabang. Genhype yang tinggal di Kelapa Gading dan sekitarnya bisa mengunjungi salah satu cabangnya di Jl. Boulevard Raya QJ1 No. 8, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Harga Soto Betawi Bang Sawit ini dibanderol dengan harga Rp50.000. Jam operasional Soto Betawi Bang Sawit mulai Senin sampai Kamis dari pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB. Adapun pada Jumat sampai Minggu dari pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Brunch di Jakarta, Cocok Buat Hangout Lho!

Soto Betawi Bang Sawit (Instagram/@sotobetawi.bangsawit)

Soto Betawi Bang Sawit (Instagram/@sotobetawi.bangsawit)
 


 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Resep Lemang Rumahan Khas Melayu

BERIKUTNYA

6 Jenis Potongan Daging Sapi Rump untuk Berbagai Jenis Masakan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: