Ilustrasi desain interior rumah. (Sumber gambar: Jonathan Borba/Pexels)

8 Gaya Desain Interior yang Bakal Jadi Tren 2024, Lebih Autentik & Dekat dengan Alam

03 October 2023   |   16:03 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Desain interior adalah hal yang cukup penting dalam penataan rumah selain visualisasi fasad atau eksterior bangunan. Tujuan dari desain interior ialah untuk menata ruang, memperbaiki fungsi, memperkaya nilai estetika, hingga meningkatkan aspek psikologis sebuah ruang. 

Pentingnya desain interior tidak terbantahkan, sebab salah satu elemen paling penting dari sebuah ruangan adalah interior. Desain interior dalam sebuah rumah meliputi berbagai macam elemen seperti pemilihan perabotan, tata ruang, warna, dekorasi, hingga pencahayaan.

Baca juga: Tren Desain Interior 2023 dari Modular Multifungsi hingga Gaya Berkelanjutan

Seiring waktu, tren gaya desain interior pun berubah-ubah mengikuti minat dan pola perilaku masyarakat yang juga dinamis. Menjelang tahun 2024, tren desain interior diprediksi akan lebih menonjolkan karakter pemilik rumah, dekat dengan alam, serta menerapkan praktik berkelanjutan.

Berikut adalah 8 gaya yang diprediksi akan menjadi tren desain interior pada 2024 seperti dilansir dari Decorilla.


1. Gaya desain ramah lingkungan

Konsep ramah lingkungan belakangan memang menjadi gaya hidup yang mulai diterapkan banyak orang. Hal itupun berpengaruh pada pemilihan gaya desain interior yang lebih menyatu dengan alam, seperti elemen biofilik, material perabotan ramah lingkungan, dan dinding dengan konsep alam. Semua itu menciptakan suasana seperti di luar ruangan dalam rumah.

Elemen dan desain yang terinspirasi dari alam meningkatkan kesejahteraan, menonjolkan hubungan dengan alam, dan membangkitkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. Penerapan desain interior ini bisa dilakukan semudah membiarkan jendela tetap terbuka untuk menikmati pemandangan dan menghadirkan tanaman dalam rumah.


2. Teknologi rumah pintar

Teknologi pintar terus merevolusi cara hidup manusia. Pada tahun mendatang, teknologi akan makin terintegrasi dengan desain interior untuk meningkatkan kemudahan sekaligus kenyamanan.

Mulai dari tren desain pencahayaan yang diaktifkan dengan suara, kaca jendela pintar hingga manajemen rumah berbasis kecerdasan buatan (AI), inovasi-inovasi ini menjadikan kehidupan sehari-hari lebih mudah, efisien, sekaligus keren.
 

d

Penggunaan kaca besar sebagai pengganti dinding untuk menciptakan kesan menyatu dengan alam. (Sumber gambar: Rachel Claire/Pexels)

3. Ubin dengan pola unik

Jika sebelumnya perhatian lebih tertuju pada dinding, ubin dengan ragam pola unik justru diprediksi akan lebih menonjol pada 2024.

Pola dramatis, komposisi baru, dan tata letak tak terduga dari ubin akan menambah kesan keagungan dan kepribadian pada ruang. Salah satunya ubin Zellige yang berukuran besar dengan dekorasi unik.


4. Ruangan multifungsi

Tren desain interior yang juga akan bertahan ialah pemanfaatan ruang untuk produktivitas. Dengan adanya praktik kerja jarak jauh atau hybrid, orang-orang berinvestasi pada furnitur ergonomis, kedap suara, dan desain penuh gaya.

Tujuannya, untuk menjadikan ruang kerja mereka lebih fungsional dan menginspirasi. Hal ini juga yang akan membuat furnitur dan dekorasi ruang kantor menjadi lebih berkembang.


5. Desain ulang tradisional

Desain tradisional dengan elemen klasik dengan sentuhan kontemporer juga diprediksi akan menjadi tren desain interior pada 2024. Hal ini dipilih untuk mengangkat fungsionalitas ruangan sekaligus suasana kontemporer.

Baca juga: Tren Desain Arsitektur 2023, Gaya Simpel & Material Lokal Jadi Incaran

Penerapannya dapat berupa penggunaan furnitur berornamen untuk tata ruang yang eklektik, namun terasa lembut dan kasual khas interior modern.
 

d

Ruangan multifungsi bakal makin diminati dalam desain interior 2024. (Sumber gambar: Ksenia Caryana/Pexels)

1
2


SEBELUMNYA

Prediksi Setlist Konser Le Sserafim di Jakarta, Dibuka dengan Lagu Fearless

BERIKUTNYA

Fakta-Fakta Menarik Glenn Fredly The Movie yang Bakal Tayang pada 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: