Hat Yai Park di Thailand (Sumber foto: Tourism Thailand)

10 Destinasi Wisata Asia Ramah Kantong untuk Liburan Akhir Tahun, Dalat sampai Hat Yai

02 October 2023   |   21:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Libur akhir tahun bersama keluarga maupun orang terkasih harus direncanakan secara matang supaya lebih optimal. Sejumlah hal seperti akomodasi atau tempat menginap bahkan harus dipesan jauh-jauh hari agar mendapat harga yang kompetitif dan sesuai bujet. 

Analisa harga kamar di berbagai destinasi wisata Asia antara 22-31 Desember 2023, yang dilakukan oleh Agoda, menemukan bahwa Hat Yai di Thailand jadi destinasi wisata dengan rata-rata tarif kamar termurah sebesar Rp661.000. Sementara, wilayah Yogyakarta di Indonesia menempati posisi kedua dengan rerata tarif Rp861.000. 

Baca juga: Daftar Negara Bersalju di Asia untuk Liburan Musim Dingin

Meskipun harga kamarnya terbilang murah, lokasi-lokasi yang diriset ini memiliki pesona wisata yang cukup melimpah. Pelancong bisa menemukan pantai yang ramai, taman hiburan yang mengasyikkan, hingga tempat suci spiritual, serta surga bagi para pencinta kuliner. 

Buat kamu yang sedang merencanakan wisata akhir tahun, simak dulu yuk beberapa hal menarik dari 10 destinasi paling terjangkau menurut Agoda berikut ini. Jangan lupa masuk list itinerary ya! 
 

1. Hat Yai, Thailand 

Memiliki tarif kamar rata-rata sebesar Rp661.000, Hat Yai adalah rumah bagi berbagai kedai kopi trendi dan kehidupan malam yang semarak. Kota di bagian selatan Thailand ini juga terkenal dengan masakan lokal dan hidangan seafood-nya yang lezat. 

Genhype bisa menjelajahi perdesaan di sekitarnya, mengunjungi air terjun yang menakjubkan di Suaka Margasatwa Ton Nga Chang, atau menikmati budaya tradisional Thailand di Kota Tua Songkhla. Buat kamu yang ingin merayakan Natal, Hat Yai menjadi tempat yang tepat.

Pasalnya, sepanjang Desember, ada banyak acara dan dekorasi meriah di daerah ini. Kunjungi pusat perbelanjaan Central Festival Hat Yai untuk melihat pohon Natal raksasa dan menikmati pertunjukan lampu-lampu Natal. Mau cari hadiah dan suvenir unik? Jangan lupa kunjungi Kim Yong Market ya.
 

2. Yogyakarta, Indonesia 

Yogyakarta (Sumber: Unsplash/Agto Nugroho)

Yogyakarta (Sumber: Unsplash/Agto Nugroho)

Dijuluki sebagai Jantung Budaya Jawa, Yogyakarta merupakan destinasi liburan akhir tahun yang menawan, kental dengan budaya Jawa, dan situs-situs bersejarah yang mengagumkan, termasuk Keraton Yogyakarta, tempat istana Sultan yang ikonik. Dengan rerata tarif kamar Rp861.000 per malam, kamu bisa menelusuri warisan budaya yang kaya berpadu sempurna dengan penduduknya yang beragam. 

Wisatawan bisa menjelajahi gereja-gereja yang dihias dengan indah dan menyaksikan tradisi Natal setempat yang menampilkan keharmonisan ragam budaya. Untuk akhir tahun yang tenang, aktivitas menjelajah Situs Warisan Dunia UNESCO, Prambanan juga bisa jadi pilihan. 

Ada juga opsi untuk berkendara sejauh 25 km ke utara menuju Kaliurang sampai menikmati suasana dan berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi yang memukau. Bila menyukai kemeriahan malam Tahun Baru, jangan lewatkan Alun-Alun Kidul untuk menyaksikan Festival Malam Yogyakarta. 
 

3. Kuching, Malaysia 

Memiliki tarif kamar rata-rata Rp922.000, Kuching merupakan ibu kota Sarawak yang menyenangkan. Kota ini terkenal dengan pasar-pasarnya yang ramai, jajanan kaki lima yang lezat, pemandangan alam yang memukau, dan tempat-tempat bersejarah seperti Desa Budaya Sarawak. 

Pada Desember, Kuching berubah menjadi negeri ajaib yang meriah dengan lampu warna-warni dan dekorasi. Berjalan-jalanlah di sepanjang Kuching Waterfront yang indah, atau bergabung dengan parade Natal tahunan Kuching untuk menikmati keseruan yang meriah. 

Jangan lewatkan Padungan Roundabout Cat Statue yang ikonik dan tidak pernah gagal dalam menghibur. Warga setempat dan pengunjung berkumpul di Carpenter Street yang semarak, dimana suasana malam yang hidup menambah keseruan saat Malam Tahun Baru. 
 

 4. Dalat, Vietnam 

Dalat (Sumber: Unsplash/Lewis)

Dalat (Sumber: Unsplash/Lewis)

Kota pegunungan Dalat berubah menjadi negeri ajaib pada musim dingin akhir tahun, dengan kerlap-kerlip lampu, dekorasi yang meriah, dan suasana yang menyenangkan. Cuacanya yang sejuk sangat ideal untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di kota ini.

Kalian bisa menyambangi Crazy House, Danau Xuan Huong, dan Valley of Love yang dipenuhi bunga. Dengan tarif kamar rata-rata: Rp1,1 juta, Dalat, Vietnam menjadi tempat liburan romantis, liburan keluarga, atau perayaan meriah saat Natal dan Tahun Baru. 
 

5. Goa, India 

Dengan tarif kamar rata-rata Rp1,42 juta, Goa menjadi surga pesta di India. Daerah ini terkenal dengan pantainya yang bersih, kehidupan malam yang ramai, pasar yang semarak, dan hidangan seafood yang menggoda. 

Negara bagian India ini juga menawarkan sisi tenang yang penuh dengan permata tersembunyi. Caranya, kalian bisa menikmati keindahan kehidupan alam di Air Terjun Dudhasagar atau kunjungi kafe Artjuna untuk mengikuti workshop mendalam, live music, dan sesi yoga. 

Lepaskan dirimu di festival Bonderam dan rayakan Malam Tahun Baru dengan gaya lokal, atau naiklah kapal feri ke pulau Divar untuk hari yang santai dengan mengunjungi gereja-gereja bersejarah dan menyantap hidangan lokal. 

Baca juga: Mengintip Keistimewaan 5 Desa Wisata Terbaik Asal Asia
1
2


SEBELUMNYA

Ternyata 6 Faktor Ini yang Bikin Kereta Cepat Whoosh Bisa Melesat Hingga 350 Km/ Jam

BERIKUTNYA

2 Film Indonesia Masuk ke Program Kompetisi di BIFF 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: