Laptop gaming HP dan ASUS. (Sumber gambar: ASUS, Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Laptop Gaming HP vs ASUS, Mana yang Paling Gahar?

29 September 2023   |   20:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Laptop gaming wajib memiliki spesifikasi tingkat tinggi untuk memberikan pengalaman bermain  terbaik bagi para gamer, streamer, maupun pro player. Resolusi tinggi dan pengaturan grafis pada frame yang konstan tentu dibutuhkan, namun kapasitas baterai, sistem pendingin, hingga bobot juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan. 

Menjawab keluhan para penggemar gim online, HP merilis OMEN Transcend 16 di pasar laptop gaming Indonesia. Hadir dengan logo baru yang menghilangkan bentuk ketupat dan mengubahnya menjadi tulisan, laptop gaming ini membawa sejumlah perubahan dibandingkan seri sebelumnya.

Selain logo, Indonesia Consumer PC Category Manager HP, Edo Jonathan Chandra, mengatakan OMEN Transcend 16 membawa desain baru dengan bentuk yang lebih kotak dengan 4 lubang airflow.  Adapun dua lubang berada di kanan dan kiri laptop, sementara sisanya di bagian belakang. 

Baca juga: Deretan Laptop Gaming Spek Dewa, Bukan untuk Kaum Mendang-mending

Dia menyebut konsumen membutuhkan laptop gaming yang tidak panas dan bising walau dipakai berjam-jam. “Kami memutuskan mengubah airflow pembuangannya. Bagian kipasnya dibuat lebih padat dari 40 mm menjadi 35 mm. Jadi lebih efisien untuk mengeluarkan hawa panas. Port sekarang dipindah ke bagian belakang supaya tidak menghalangi,” ujarnya. 

Tersedia dua varian warna, hitam dan putih, OMEN Transcend 16 juga lebih tipis dan ringan. Dibandingkan tipe tahun lalu, OMEN 16, laptop ini lebih tipis 12 persen. Jadi, ketebalannya hanya 19,9 ml atau 1,9 cm. “Beratnya lebih ringan sekitar 14 persen. Jadi beratnya 2,1 kilogram saja,” sebut Edo. 

Bobot yang tipis dan ringan ini didukung dengan bahan magnesium dan aluminium alloy yang disematkan pada sasisnya. OMEN Transcend 16 menjadi laptop pertama di Indonesia yang menggunakan layar mini-LED pertama di kelasnya dengan kecerahan mencapai 1.180 Nits dan menyajikan 1 miliar warna dengan HDR 1.000. 

Diagonal layarnya 16 inci (2.560 x 1.600), tepi mikro, dan mendukung refresh rate 240 Hz dengan waktu respon 5ms. Spesifikasi layar pada OMEN Transcend 16 menjanjikan pengguna terbebas dari silau.

Dari sisi dapur pacu, OMEN didukung oleh CPU hingga prosesor Intel Core i9 Generasi ke-1319. Dipasangkan bersama GPU hingga NVIDIA Geforce RTXTM 4070 untuk menjalankan pekerjaan komputasi intensif dengan mudah. 

Hadirnya OMEN Dynamic Power38 juga membuat laptop dengan pintar dapat mengukur beban kerja CPU dan GPU. Teknologi baru ini membuat OMEN Transcend 16 secara pintar mengukur dan mengalokasikan daya CPU dan GPU meningkatkan kinerja secara optimal.

 

Laptop gaming HP Omen (Foto : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Laptop gaming HP OMEN (Foto : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)


Laptop ini menggunakan sistem operasi Windows 11. Untuk kapasitas penyimpanannya menggunakan memori DDR5 hingga 32GB, ditambah storage SSD NVMe PCIe Gen4 (TLC) hingga 2 TB. Sementara. Baterainya berkapasitas 97 Wh (6 cell). Dengan spesifikasi dan fitur mumpuni tersebut, OMEN Transcend 16 dibanderol dengan harga Rp37, 9 juta. 

Di sisi lain, ASUS pada Juni lalu mengenalkan jajaran seri laptop gaming terbarunya. Salah satunya, ROG Flow X13 (GV302X) memiliki bobot sangat ringan, hanya 1,3 kg. Dilengkapi layar ROG Nebula Display dengan refresh rate 165Hz, laptop ini hadir dengan performa kelas gaming yang powerful.

Dibanderol dengan harga Rp36,9 juta, ROG Flow X13 ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 7940HX, membuatnya mampu menjalankan tugas-tugas berat dengan efisien. Laptop ini juga dilengkapi dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070, yang menjamin permainan berlangsung dengan mulus dan grafis yang mengesankan.

Selain itu, kompatibilitasnya dengan ROG XG Mobile External GPU dapat mengubah Flow X13 menjadi mobile workstation atau sistem gaming yang kuat dalam sekejap. ROG Flow X13 memadukan performa tinggi dan fleksibilitas dalam desain yang ringkas dan elegan. Sementara sistem operasinya menggunakan Windows 11 dengan kapasitas baterai besar 75Wh dan pengisian daya USB Type-C.

Baca juga: ASUS ROG Luncurkan 5 Laptop Gaming dengan Prosesor AMD Ryzen 7000 Series, intip Spesifikasinya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Simak Persiapan Regina Handoko dalam Konser Tribute to Maria Callas

BERIKUTNYA

Begini Cara Pamungkas Atasi Writer’s Block Saat Menulis Lagu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: