Michael Gambon dalam film Harry Potter and the Goblet of Fire. (Sumber gambar: Warner Bros)

Profil & Sepak Terjang Karier Michael Gambon, Pemeran Dumbledore di Harry Potter

29 September 2023   |   14:37 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kepergian Michael Gambon menjadi duka bagi seluruh pencinta film dunia, khususnya mereka yang mengikuti kisah waralaba populer Harry Potter. Aktor yang terkenal berkat perannya sebagai Albus Dumbledore itu pergi dengan menyisakan kenangan sekaligus segudang pencapaian karier keaktorannya selama hampir tujuh dekade.
 
Peran Gambon sebagai penyihir Dumbledore di film serial Harry Potter sebenarnya menggantikan posisi aktor Richard Harris yang meninggal dunia setelah musim kedua kisah adaptasi JK Rowling itu. Gambon pertama kali tampil di musim ketiga Harry Potter yakni Harry Potter and the Prisoner of Azkaban pada 2004.
 
Meski dikenal sebagai salah satu aktor kenamaan dunia dengan segudang prestasi, Gambon sejatinya bukan berasal dari keluarga seniman. Dia lahir di Dublin, Irlandia, kala Perang Dunia II. Ayahnya, Edward Gambon, adalah seorang insinyur, sementara sang ibu, Mary Hoare merupakan seorang penjahit.

Baca juga: Michael Gambon, Aktor Gaek Pemeran Profesor Dumbledore di Film Harry Potter Tutup Usia
 
Di tengah situasi pascaperang yang krisis, keluarga Gambon akhirnya memutuskan untuk pindah ke London dan menata hidup kembali. Keluarganya akhirnya tinggal di Mornington Crescent di London Utara, kala usia Gambon masih lima tahun.
 
Profesi sang ayah sebagai insinyur sedikit banyaknya mempengaruhi kehidupan Gambon muda. Dia dibesarkan di komunitas imigran Irlandia di Inggris dan pekerjaan pertamanya adalah magang sebagai pembuat perkakas. Dia mengembangkan minat untuk mengoleksi senjata antik, jam, dan mobil klasik.
 
Saat magang sebagai pembuat perkakas, Gambon belajar di Royal Academy of Dramatic Art. Dari situ, minatnya untuk menjadi aktor mulai muncul. Dia juga mengaku sempat terinspirasi oleh aktor Amerika Marlon Brando dan James Dean, yang dia yakini mencerminkan kegelisahab remaja laki-laki kala itu.
 
Sebelum bersinar di film layar lebar, karier Gambon lebih dulu dimulai di panggung teater. Pada usia 19 tahun, pria kelahiran 19 Oktober 1940 itu akhirnya bergabung dengan kelompok teater Unity Theatre di King Cross, Irlandia. Dia lantas memulai debut pertunjukan teaternya dalam lakon William Shakespeare berjudul Othello pada 1962 yang digelar di Gaiety Theatre, Dublin, Irlandia.
 
Penampilannya itu rupanya menarik perhatian Laurence Olivier, produser asal Inggris, yang sedang merekrut para bintang seni peran berbakat untuk Perusahaan Teater Nasional yang dirintisnya. 
 
Di kelompok itu, Gambon bertemu dengan beberapa aktor lain seperti Robert Stephens, Derek Jacobi dan Frank Finlay. Selama empat tahun bergabung di grup itu, Gambon aktif terlibat dalam sejumlah garapan pertunjukan teater dan bekerja sama dengan banyak aktor dan sutradara. Beberapa pertunjukan populernya seperti Hamlet, The Recruiting Officer, dan The Royal Hunt of the Sun.
 
Dari panggung-panggung teater lokal kecil, karier keaktoran Gambon perlahan naik seiring bergabung dengan kelompok teater tingkat provinsi bernama Birmingham Repertory Company. Di situ, dia mulai mendapatkan peran karakter utama di sejumlah lakon sepeti Othello, Macbeth dan Coriolanus.
 
Gambon juga disebut-sebut sebagai salah satu dari sedikit aktor yang mampu menguasai tuntutan keras Teater Olivier yang luas. "Paru-paru besi dan karisma luar biasa Gambon mampu menghasilkan semacam opera yang penuh semangat yang mengalahkan tembok keras dan jarak jauh," kata aktor senior Simon Callow.
 
Di samping menjadi aktor teater, Gambon juga mulai merambah ke dunia film. Dalam debut filmnya berjudul Othello (1965) yang disutradarai oleh Laurence Olivier, Gambon berperan sebagai Maggie Smith. 
 
Dia kemudian memainkan pemeran utama romantis, terutama di serial televisi BBC awal tahun 1970-an, The Borderers, di mana dia berperan sebagai Gavin Ker. Dari situ, Gambon pun diminta oleh produser Cubby Broccoli untuk mengikuti audisi peran James Bond pada tahun 1970, sebagai calon pengganti George Lazenby meskipun pada akhirnya tidak terpilih.
 
Baru pada tahun 1980-an, nama Gambon makin terkenal karena memerankan tokoh utama Philip Marlow dalam mini-seri televisi publik Anglo-Amerika tahun 1986 bertahuk The Singing Detective. Bahkan, pada tahun 1990, dia diangkat menjadi Komandan Ordo Kerajaan Inggris. Delapan tahun kemudian dia diangkat menjadi Sarjana Ksatria atas jasanya pada seni drama.
 
Pada tahun-tahun berikutnya, Gambon berhasil menyeimbangkan karier seni teaternya yang sangat produktif dengan andilnya di bidang film dan televisi. Pada 1998, dia membintangi film Dancing at Lughnasa dan Plunkett & Macleane, serta penampilan televisi dalam serial seperti Wives and Daughters (1999) hingga membawanya memenangkan BAFTA, serta sebuah film adaptasi dari serial TV Endgame karya Samuel Beckett (2001).
 
Sepanjang 2004, tercatat ada lima film yang dibintangi sang aktor yakni The Life Aquatic with Steve Zissou, Layer Cake, Being Julia, Sky Captain and the World of Tomorrow, dan yang paling terkrnal ialah keterlibatannya dalam film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban.
 
Meski aktingnya mendapatkan pujian dalam memerankan karakter Dumbledore, Gambon mengungkapkan bahwa dia sedang tidak berusaha menjadi karakter lain. Menurutnya, setiap peran yang dimainkannya hanyalah varian dari kepribadiannya sendiri.
 
Adapun, secara keseluruhan, Gambon berperan sebagai Dumbledore selama enam tahun atau dalam delapan film serial Harry Potter. "Saya hanya berjanggut dan memerankan diri saya sendiri, jadi itu bukan prestasi yang luar biasa," katanya.
 
Di samping bermain film Harry Potter, Gambon juga masih aktif tampil di sejumlah pertunjukan teater seperti Eh Joe, Joe's Palace, dan No Man's Land. Selama puluhan tahun berkarier di dunia seni peran, Gambon telah menerima tiga Olivier Awards, dua Screen Actors Guild Awards, dan empat BAFTA Awards.
 
Gambon mulai menarik diri dari pekerjaan seni panggung pada 2015. Setahun sebelumnya, pada 2014, dia mengaku mulai mengalami kesulitan dalam mengingat dialognya. "Saya merasa sedih karenanya. Saya menyukai teater tetapi saya tidak dapat melihat diri saya memainkan peran besar lagi," katanya.
 
Namun, pada 2017, dia masih tampil di film Kingsman: The Golden Circle. Di sekuel film Kingsman: The Secret Service itu, Gambon berperan sebagai Arthur menggantikan aktor Michael Caine.
 
Langkah kesenian Gambon pun harus terhenti. Dia meninggal pada 28 September 2023 di usianya yang ke-82 tahun setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat penyakit pneumonia.  

Baca juga: Profil dan Film Terbaik Robbie Coltrane, Pemeran Karakter Hagrid di Film Harry Potter

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

IdeaFest 2023 Resmi Dibuka: Saatnya Indonesia Jadi Pemimpin Industri Kreatif

BERIKUTNYA

Kenali Nyeri Dada yang Jadi Tanda Penyakit Jantung Koroner

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: