Hagrid dan Harry Potter di film Harry Potter and the Goblet of FIre. (sumber gambar IMDb)

Profil dan Film Terbaik Robbie Coltrane, Pemeran Karakter Hagrid di Film Harry Potter

15 October 2022   |   12:55 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sinema dunia Hollywood tengah berduka, pasalnya aktor Robbie Coltrane yang dikenal lewat perannya sebagai karakter Rubeus Hagrid di franchise film Harry Potter meninggal dunia di usia 72 tahun di Rumah Sakit Labert, Skotlandia pada Jumat, (14/10).

Dikutip dari Washington Post, Coltrane disebut sudah berjuang melawan sakit yang diderita selama dua tahun terakhir. Hal ini dikonfirmasi agennya, Bellinda Wright, meski dia tidak menjelaskan sakit apa yang diderita kliennya dan menyebutnya sebagai aktor yang luar biasa.

J.K Rowling, penulis buku Harry Potter yang mengatakan Coltrane adalah pilihan pertamanya untuk memerankan Hagrid, juga mengucapkan rasa belasungkawa terhadap sosok yang memiliki bakat luar biasa itu.

 

“Saya sangat beruntung mengenalnya, bekerja dengannya dan tertawa lepas bersamanya,” cuit J.K Rowling lewat akun Twitternya.

Coltrane lahir dengan nama asli Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950 di Rutherglen, Skotlandia. Dia merupakan anak dari pasangan dokter dan guru yang memulai karier lewat jalur stand-up comedy.

Baca juga: Ini 5 Momen yang Tak Boleh Terlewatkan dalam Reuni Harry Potter

Nama Coltrane disematkan sebagai nama belakangnya sebagai penghomatan pada legenda jazz dunia, John Coltrane saat dia mulai beranjak ke dunia akting. Dia mulai dikenal setelah tampil di acara televisi seperti Flash Gordon (1980), dan Blackadder (1983).

Coltrane adalah aktor lulusan sekolah seni Glasgow dan Moray House College of Education di Edinburgh. Di sana dia sempat mempelajari seni lukis dan teater, sebuah langkah yang kelak mengantarkannya ke dunia layar lebar.

Dalam masa kariernya sebagai aktor dan sutradara, Coltrane sempat masuk daftar 50 bintang terbesar di TV dalam ajang Order of the British Empire (OBE) pada 2006. Dia juga dianugerahi Penghargaan Bafta Scotland untuk kontribusi luar biasa lewat film pada 2011.
 

Daftar Film Terbaik Robbie Coltrane

Robbie Coltrane memang populer sebagai sosok yang memerankan karakter Rubeus Hagrid, seorang Professor dalam franchise film fantasi petualangan Harry Potter karya J. K. Rowling.

Dalam film dengan total 8 episode itu, Hagrid adalah sosok pengawas hewan liar di Sekolah Sihir Hogwarts dan belakangan diangkat sebagai Guru Pemeliharaan Satwa Gaib sebagai tambahan atas tugas-tugasnya.

Namun, film-film terbaik yang pernah dibintangi Robbie Coltrane ternyata tak hanya Harry Potter saja loh Genhype. Biar enggak penasaran, berikut Hypeabis,id rangkumkan dari IMDb film-film terbaiknya.


1. Perfectly Normal (1990)

Film dengan genre komedi musikal ini mengisahkan tentang sosok pemuda pemalu di kelompok opera yang dunianya dijungkirbalikkan oleh penipu  yang memiliki hati emas dan baik hati. Perfectly Normal mendapat rating 6.1/10 di IMDb.


2. Mona Lisa (1986)

Seorang pria yang baru saja dibebaskan dari penjara berhasil mendapatkan pekerjaan mnejadi sopir pribadi gadis panggilan dan mengantarnya ke berbagai pelanggan. Film  karya sutradara Neil Jordan ini mendapat 1 nominasi Oscar pada 1987.


3. Let It Ride (1989)

Seorang sopir taksi usil mendapat tip dari pelanggan dan dibuat untuk taruhan kuda pacuan hingga menang besar. Masalahnya, dia sepertinya tidak bisa berhenti berjudi. Apakah dia akan bangkrut atau pulang dengan membawa uang receh?


4. The Adventures of Huck Finn (1993)

Diadaptasi dari novel legendaris karya Mark Twain, film ini mengisahkan tentang petualangan anak muda bernama Huck Fin yang bergabung dengan budak pelarian bernama Jim untuk menyusuri Sungai Mississippi menuju negara bagian yang bebas perbudakan.


5. Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)

Seorang anak yatim piatu bernama Harry Potter mendapatkan kehidupan yang baru di sekolah sihir Hogwarts, di mana dia belajar kebenaran tentang dirinya sendiri, keluarganya dan kejahatan mengerikan yang menghantui dunia sihir di masa yang akan datang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Tenggelam dalam Perjalanan Multi-Indera di Immersion by Lexus

BERIKUTNYA

Duh Lukisan Van Gogh Dilempar Sup Tomat, Ada Apa Ya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: