IdeaFest 2023 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

IdeaFest 2023 Resmi Dibuka: Saatnya Indonesia Jadi Pemimpin Industri Kreatif

29 September 2023   |   12:44 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

IdeaFest kembali digelar secara luring tahun ini di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Festival kreatif tahunan yang kini memasuki gelaran ke-12 itu akan berlangsung selama 3 hari pada 29 September 2023 sampai 1 Oktober 2023, dengan menghadirkan lebih dari 200 pembicara kompeten di berbagai industri kreatif kekinian.

Mengusung konsep Lead the Leap, IdeaFest 2023 akan menjadi ruang bagi pelaku industri kreatif berbagi, berdiskusi, dan berinovasi untuk terus menumbuhkan ekonomi kreatif Indonesia. Tahun ini, IdeaFest bakal berfokus untuk memberdayakan para pemain dan pemimpin di industri kreatif agar mengambil lompatan yang berani menuju kesuksesan.

Co-Founder & Co-Chairman Ideafest Ben Soebiakto mengatakan bahwa industri kreatif Indonesia mengalami perkembangan yang begitu pesat dalam satu dekade ini. Musik, film, desain, dan berbagai produk kreatif lain mulai menunjukkan geliat yang positif, bukan hanya di pasar lokal, tetapi juga internasional.

Adanya YouTube, TikTok, hingga platform OTT membuat geliat pelaku kreatif bidang video bisa terasah. Mereka pun bisa menyebarkan karya-karyanya dengan mudah. Begitu pula dengan layanan platform musik yang membuat karya-karya anak muda Indonesia makin mudah melebar bahkan hingga ke market internasional. 

Baca juga: IdeaFest 2023 Siap Hadirkan 200 Sosok Inspiratif di Industri Kreatif, Cek Harga & Cara Beli Tiketnya

Pasar kreatif tersebut juga muncul berkat adaptasi teknologi yang begitu masif. Saat ini, penyebaran ide-ide segar menjadi lebih mudah karena semuanya jadi terhubung. Menembus pasar internasional pun kini menjadi tanpa sekat. 

"Melihat perkembangan ini, kita perlu mengambil langkah untuk memimpin sebuah lompatan. Saya pikir, pelaku kreatif tidak lagi hanya bermain di market Indonesia saja," ungkap Ben saat pembukaan IdeaFest 2023 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/9).

Melanjutkan kesuksesan gelaran sebelumnya, IdeaFest 2023 akan kembali menghadirkan berbagai program andalannya. Salah satu yang ditunggu tentu saja adalah Youth Summit yang telah dinanti-nantikan. Program tersebut akan menjadi platform bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi menjadi pemimpin di masa depan.

Selain itu, setidaknya akan ada lebih dari 100 sesi lain yang terdiri dari IdeaFest Conference, Idea Talks, NexSpace, dan Youth Summit. Beberapa narasumber penting dan berpengaruh akan hadir, seperti Windy Ariestanty, Dino Hamid, Kiki Ucup, Pamungkas, Maudy Ayunda, Silmy Karim, Dewi Gontha, Eric Widjaja, Evi Mariani Andovi Da Lopez, dan masih banyak lagi.
 

IdeaFest 2023 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

IdeaFest 2023 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Menurut, David Irianto, Co-founder & Co-curator of Greatmind.id mengatakan bahwa nama-nama yang mengisi acara tahun ini telah melalui proses kurasi yang ketat. Mereka yang jadi pembicara merupakan pemimpin di sektor kreatifnya masing-masing.

"Mereka diundang bukan cuma terkenal, tetapi juga kompeten di bidangnya," jelas David.

Tahun ini, ada banyak isu yang dihadirkan. Selain tentu saja hal-hal terkait industri kreatif, beberapa topik menarik lain seperti lingkungan hingga intelektual properti juga akan jadi sorotan lain.

Sebab, di dunia yang makin terdigitalisasi seperti ini, peran intelektual properti memang jadi sebuah keharusan. Kekayaan intelektual merupakan nadi bagi setiap pelaku industri kreatif.

Selain forum diskusi, IdeaFest 2023 juga akan menyelenggarakan Idea Creative Workshop, sebuah ruang dinamis dan interaktif untuk mendukung kreativitas. Program tersebut dirancang untuk memberdayakan individu dalam mengeksplorasi ide-ide baru dan memaksimalkan potensinya secara lebih optimal.

Berkolaborasi dengan Semasa, IdeaFest tahun ini akan menyuguhkan Art Market. Akan ada 90 brand lokal yang akan berpartisipasi, dengan berbagai produk, dari gaya hidup hingga kebutuhan sehari-hari. Di samping itu, ada juga Food Market yang menjajakan 40 brand makanan dan minuman lokal.

Untuk menutup kemeriahan, Samara Live berkolaborasi dengan Flux Creative Universe (FCU) untuk menyelenggarakan Closing Night pada IdeaFest 2023. Di ajang ini, program Close The Door yang dibawakan oleh Deddy Corbuzier bakal diselenggarakan secara offline. Para penggemar dapat menonton sekaligus berinteraksi secara langsung.

Bagi Genhype yang ingin mengikuti acara IdeaFest 2023, bisa langsung membeli tiketnya di laman ideafest.cognitix.id dengan harga mulai dari Rp400.000 hingga Rp950.000. 

Baca juga: Daftar 11 Konser & Festival Musik Digelar Oktober 2023, Charlie Puth hingga The Corrs Siap Beraksi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Tip Merawat Kulit Wajah agar Tetap Sehat

BERIKUTNYA

Profil & Sepak Terjang Karier Michael Gambon, Pemeran Dumbledore di Harry Potter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: