Gambon wafat pada usia 82 tahun setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat pneumonia (Sumber gambar Harry Potter Universe)

Michael Gambon, Aktor Gaek Pemeran Profesor Dumbledore di Film Harry Potter Tutup Usia

28 September 2023   |   22:13 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka kembali menghampiri dunia perfilman Hollywood. Setelah beberapa waktu lalu artis Darren Kent tutup usia, kini aktor gaek Michael Gambon yang dikenal lewat perannya sebagai Profesor Albus Dumbledore dalam film-film Harry Potter meninggal dunia pada Kamis, (28/9/23) waktu setempat.

Menurut laporan The Guardian, Gambon wafat pada usia 82 tahun setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat pneumonia. Dalam pernyataan resmi, Clair Dobb, juru bicara keluarga mengatakan bahwa mereka sangat berduka untuk mengumumkan kepergian aktor asal Irlandia itu.

Baca juga: Obituari Coco Lee, Diva Terkenal Asal Hong Kong Pelantun Just Another Way

"Suami dan ayah tercinta, Michael meninggal dalam damai di rumah sakit, didampingi istrinya, Anne, dan anaknya, Fergus, di sampingnya, karena pneumonia," tulis pernyataan tersebut.

Sementara itu, akun media sosial Harry Potter juga mengucapkan bela sungkawa atas kepergian Gambon. Dalam cuitannya di X (sebelumnya Twitter) mereka pun sangat sedih  mengenai kabar meninggalnya Sir Michael Gambon. 

Menurut mereka, Michael Gambon juga selalu membawa kegembiraan yang tak terkira kepada para penggemar Harry Potter dari seluruh dunia dengan humor, kebaikan, dan keanggunannya. "Kami akan selamanya menyimpan kenangannya di hati kami," cuit akun tersebut.
 
 

Kabar duka mengenai kepergian Gambon juga mendapat respons dari para artis Hollywood. Di antara mereka yang memberikan penghormatan di media sosial adalah Jason Isaacs yang mengatakan bahwa dirinya belajar akting dari pemilik nama lengkap Michael John Gambon itu.

“Saya belajar akting dari Michael di The Singing Detective – kompleks, rentan, dan benar-benar manusiawi," katanya. 

Sementara itu, David Baddiel mengatakan bahwa pertama kali dia melihat Teater dengan huruf besar "T" adalah saat Gambon ikut berperan dalam panggung pertunjukan. kala itu dia mengungkap Gambon bermain dalam naskah Life Of Galileo karya Brecht di The National pada 1980.

"Itu masih menjadi salah satu akting panggung terbaik yang pernah saya lihat hingga saat ini,"cuitnya pada Kamis, (28/9/23).
 


Gambon meninggalkan sekolah pada usia 15 tahun dan, tidak seperti banyak orang sezamannya, dia tidak menerima pelatihan formal apa pun di sekolah drama, melainkan mendapatkan pengalaman dengan tampil dalam produksi amatir. 

Lelaki kelahiran Dublin pada 1940 itu kemudian pindah ke London mengikuti ayahnya yang menjadi polisi cadangan selama perang dunia kedua. Gambon dibawa ke Inggris oleh ibunya untuk bergabung dengannya di akhir perang. 

Mereka kemudian pindah ke Kent, di mana pada usia 16 tahun dia mulai magang di bidang teknik di pabrik Vickers-Armstrongs. Namun, dia akhirnya memilih untuk bekerja di teater amatir sebagai pembuat set, kemudian berakhir di panggung sebagai bagian kecil di teater Unity dan teater Tower di London.

Gambon memulai karier akting profesionalnya di panggung teater pada 1960-an lalu berlanjut ke serial televisi hingga  film layar lebar. Uniknya, Gambon memulai peran profesional pertamanya dengan berbohong tentang pengalamannya, saat dia melakukan debutnya di Dublin dalam peran kecil di Othello.

Selain Dumbledore dalam film-film Harry Potter, aktingnya yang paling populer adalah pada film The King's Speech (2010) sebagai Raja George V dan The Cook, The Thief, His Wife & Her Lover (1989). Gambon juga membintangi trilogi ambisius dari penulis legendaris Alan Ayckbourn, The Norman Conquests (1973).

Peran penting lainnya termasuk ilmuwan eponymous dalam The Life of Galileo karya Bertolt Brecht di Teater Nasional pada 1980. Selain itu lewat sosok pemilik restoran yang kembali mengunjungi mantan kekasihnya dalam Skylight karya David Hare, hingga Gambon mendapatkan nominasi penghargaan Tony di Broadway dekade 90-an.

Baca juga: Profil dan Film Terbaik Robbie Coltrane, Pemeran Karakter Hagrid di Film Harry Potter

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Tip Memilih Sepatu Wedges yang Nyaman

BERIKUTNYA

America's Got Talent 2023, Berlian Kecil Langka itu Bernama Putri Ariani

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: