Ilustrasi sepatu wedges. (Sumber gambar: Allyson Johnson/Unsplash)

5 Tip Memilih Sepatu Wedges yang Nyaman

28 September 2023   |   22:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sandal atau sepatu wedges adalah salah satu jenis alas kaki yang kerap menjadi pilihan bagi perempuan. Wedges memiliki ciri khas pada bagian solnya yang terbilang tebal dengan berbagai macam ukuran yang tinggi, serta menyatu dengan badan sepatu. Hal ini lah yang membuat wedges nyaman ketika digunakan sebagai alas kaki.

Dibandingkan dengan sepatu hak tinggi atau high heels umumnya,  sepatu wedges memiliki bentuk sol yang lebih lebar dan stabil. Hal ini memberikan dukungan ekstra untuk kaki dan meminimalkan tekanan pada bagian tumit, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya nyeri dan ketidaknyamanan saat mengenakannya dalam jangka waktu yang lama.

Kelebihan lain dari sepatu wedges adalah kemampuannya untuk memberikan tampilan yang terlihat tinggi tanpa mengorbankan kenyamanan. Wedges memberikan efek visual yang sama seperti sepatu hak tinggi, tetapi dengan sol yang lebih tebal di seluruh bagian kaki. Ini memungkinkan perempuan untuk terlihat lebih tinggi tanpa harus merasa tidak stabil atau khawatir tentang keselamatan saat berjalan.

Selain itu, sepatu wedges juga memiliki model dan desain yang beragam, mulai dari gaya yang simpel dan kasual hingga desain yang lebih glamor dan mewah. Ini memungkinkan setiap perempuan menemukan sepatu wedges yang sesuai dengan gaya dan kepribadiannya.

Baca juga: Proses Kreatif Seniman Lokal Muklay, Hadirkan Desain Sepatu Bergaya Artistik

Satu lagi kelebihan yang membuat sepatu wedges menarik adalah fleksibilitasnya untuk dipadukan dengan berbagai macam gaya fesyen. Wedges dapat dipasangkan dengan celana, rok, bahkan gaun yang dapat memberikan sentuhan segar dan elegan pada setiap gaya. Dengan sepatu wedges, seseorang dapat tetap modis namun nyaman dalam berbagai kesempatan, baik itu untuk kegiatan sehari-hari, bekerja, atau bahkan acara formal.

Untuk tampil percaya diri dengan alas kaki yang nyaman, berikut adalah 5 tip dalam memilih sepatu atau sandal wedges.

Pastikan kebutuhan
Sebelum memilih sandal atau sepatu wedges, pastikan terlebih dahulu alasan kebutuhan kalian untuk alas kaki tersebut. Bisa karena hanya ingin menambah koleksi sepatu, butuh untuk acara yang kasual ataupun formal. Dengan begitu, kalian bisa memilih sepatu atau sandal yang sesuai dengan gaya fesyen yang akan dikenakan. 

Jika kalian memang hanya ingin menambah koleksi alas kaki, disarankan untuk memilih wedges dengan warna yang netral seperti putih, hitam, krem, leather brown dan semacamnya, sehingga mudah kalian padupadankan dengan outfit di lemari.
 

Ilustrasi sepatu wedges. (Sumber gambar: Mamasoul)

Ilustrasi sepatu wedges. (Sumber gambar: Mamasoul)


2. Tentukan jenis hak wedges
Sepatu wedges dikenal memiliki dua jenis hak yakni hak yang rata secara keseluruhan atau meruncing ke dalam. Untuk kalian yang tidak terbiasa menggunakan sepatu hak, sebaiknya hindari jenis hak yang meruncing ke dalam plus ukurannya yang kecil. Untuk lebih amannya lagi, kalian bisa memilih wedges dengan model tali atau pengait, sehingga tidak mudah  terlepas dan meminimalisir risiko kaki terselip atau tergelincir.

3. Pastikan ukuran yang tepat
Sesuaikan wedges yang dengan bentuk dan ukuran kaki agar tidak menimbulkan masalah kesehatan kaki, seperti lecet, bunions, hingga nyeri otot. Selain itu, ukuran alas kaki yang tidak sesuai juga bisa membuat kalian tidak percaya diri dan kurang nyaman saat mengenakannya.

4. Kenali bahan sepatu
Mengetahui jenis bahan juga penting dalam memilih sepatu wedges untuk memahami bagaimana langkah perawatannya. Misalnya untuk bahan kulit biasanya membutuhkan perawatan ekstra, bahan suede memerlukan perawatan khusus ketika terkena moda, serta bahan karet yang tahan air dan cenderung mudah dibersihkan.

5. Perhatikan bantalan
Hindari memilih wedges dengan bantalan yang kurang empuk karena bisa menyebabkan rasa sakit dan tak nyaman saat berjalan. Keberadaan alas di dalam atau insole, sangat penting pada sebuah produk sepatu atau sandal. Selain alasan kenyamanan, media bantalan kaki yang tepat akan menjamin kualitas kesehatan dan meminimalkan risiko permasalahan kaki pemakainya.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Athleisure Jadi Tren, Intip 7 Jenis Pakaian Olahraga

BERIKUTNYA

Michael Gambon, Aktor Gaek Pemeran Profesor Dumbledore di Film Harry Potter Tutup Usia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: