Putri Ariani saat tampil di babak result show AGT 2023. (Sumber gambar: AGT/YouTube)

America's Got Talent 2023, Berlian Kecil Langka itu Bernama Putri Ariani

29 September 2023   |   07:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah melalui perjalanan kompetisi yang panjang, Putri Ariani akhirnya ditetapkan sebagai juara keempat America's Got Talent (AGT) 2023. Hal itu ditetapkan berdasarkan hasil voting yang diumumkan dalam malam result show AGT 2023 pada Kamis (28/9/2023) waktu setempat.

Meski demikian, Putri menjadi penyanyi Indonesia pertama yang mampu menembus babak final ajang kompetisi bergengsi dunia itu.

Baca juga: Bikin Bangga! Putri Ariani Lolos ke Babak Final America's Got Talent

Posisi pemenang AGT 2023 diraih oleh Adrian Stoica dan Hurricane, duet pelatih dengan anjing asal Italia yang menghibur dengan trik-trik yang menarik. Dengan menjadi juara pertama, Stoica dan Hurricane mengalahkan empat peserta lainnya, seperti Anna Deguzman, Ramadhani Borthers, Mzansi Youth Coir, termasuk Putri Ariani.

"Alhamdulillah. America's Got Talent adalah sebuah perjalanan yang luar biasa. Ini adalah awal yang baru bagi saya. Terima kasih banyak atas dukungan kalian yang luar biasa. Tolong tetap dukung saya untuk karier saya. Sayang kalian semua," tulis Putri Ariani dikutip dari akun Instagram pribadinya.

 

Kendati meraih posisi keempat, Putri Ariani menyuguhkan penampilan yang memukau di babak final dan result show AGT 2023. Dalam babak final yang digelar pada Rabu (27/9/2023), Putri tampil membawakan lagu Don't Let The Sun Go Down On Me yang dipopulerkan penyanyi senior asal Inggris, Elton John.

Tampil anggun mengenakan gaun abu-abu bertabur payet, penyanyi kelahiran 31 Desember 2005 itu kembali menunjukkan kepiawannya dalam memainkan piano, serta diiringi dengan vokal dari paduan suara. Persembahan Putri pun berhasil memukai para juri, salah satunya Simon Cowell. 

"Kamu adalah salah satu dari berlian kecil langka yang kami temui setiap beberapa tahun yang secara alami dilahirkan untuk melakukan hal ini," kata Simon Cowell.

Tak hanya juri, penampilannya di panggung megah itu pun mendulang pujian dari warganet baik di Indonesia maupun mancanegara. Bahkan, nama Putri Ariani sempat menjadi trending topic di Twitter.
 

Setelah itu, Putri kembali memukau berkat penampilannya di babak result show AGT 2023 yang digelar pada Kamis (29/8/2023). Sang solois berduet dengan penyanyi Inggris yang juga juara The X Factor 2006, Leona Lewis. Keduanya dengan apik membawakan lagu Run milik Snow Patrol.

Seperti beberapa pertunjukan sebelumnya, Putri membuka penampilannya dengan permainan dentingan piano yang lembut. Di tengah panggung, Putri tampak bersinar dengan gaun berwarna emas penuh kilauan payet, dibalut dengan tata cahaya yang apik.

Usai membawakan lirik bagiannya dengan penuh penjiwaan, Leona Lewis yang berbalut dress panjang putih muncul dari sisi kanan panggung membawakan bagiannya dalam duet tersebut. Penampilan keduanya pun membuat penonton bergemuruh dan tepuk tangan.

Berbeda dari versi aslinya yang mengusung pop-rock, lagu Run milik Snow Patrol dibawakan oleh Putri dan Lewis dengan aransemen musik ballad yang memang menjadi kekuatan vokal Putri. Sama seperti beberapa penampilan sebelumnya, Putri tampaknya ingin benar-benar menunjukkan kualitas vokalnya.

Karakter vokal keduanya yang kuat. Namun, tetap terdengar lembut menciptakan sebuah penampilan yang harmonis dan indah. Putri tampak bisa mengimbangi vokal Lewis begitupun sebaliknya. Di tengah lagu, barulah terdengar iringan musik full band yang membuat klimaks dalam penampilan keduanya. Gemuruh dan tepuk tangan dari seluruh penonton pun menutup pertunjukan Putri dan Lewiss yang apik.

Lewis mengatakan bahwa Putri adalah penyanyi dengan bakat yang luar biasa dan menjadi berkah untuk dunia. Penyanyi berusia 38 tahun itu juga mengaku dirinya terinspirasi dengan sosok Putri.

"Aku sangat senang bisa berduet denganmu. Aku harap kamu menikmati setiap momennya. Tak perlu mendengar apapun yang dibilang Simon. Kamu benar-benar luar biasa," kata  Lewis dengan nada sedikit bercanda kepada Simon Cowell yang membuat tawa penonton.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Putri mengungkapkan bahwa sebuah kehormatan dan pengalaman yang luar biasa karena dirinya bisa berduet dengan Leona Lewis. "Terima kasih banyak Leona Lewis telah berduet dengan saya," tulisnya dengan mengunggah potret dirinya bersama Lewis.

Ariani Nisma Putri atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Putri Ariani adalah penyanyi disabilitas netra kelahiran 31 Desember 2005. Namanya mulai dikenal semenjak mengikuti kompetisi Indonesia's Got Talent tahun 2014 dan berhasil meraih posisi sebagai pemenang.

Semenjak memenangkan ajang Indonesia's Got Talent, karier Putri terus berkembang. Pada tahun 2016, solois kelahiran Riau itu mendapatkan penghargaan dalam rangka Anugerah Baiduri sebagai penyanyi cilik berprestasi tingkat nasional.

Masih pada tahun yang sama, Putri juga mendapatkan juara 2 tingkat nasional literasi FLS2N, dan menjadi finalis di acara The Voice Kids Indonesia musim kedua. Tak hanya jago menyanyi, dia juga piawai dalam bermain piano dan menciptakan beberapa lagu.

Sejak berkarier secara profesional pada 2016, Putri telah merilis banyak lagu di antaranya Untuk Ayah, Loneliness, Kaulah Selalu Ada, Banyak Makna Cinta, Menantimu Kembali, Mimpi, Bertahan Tak Sejalan, Kidung Kelana, dan Kamu Lagi.

Baca juga: Putri Ariani Bawakan Lagu U2 di Babak Kualifikasi America's Got Talent, Banjir Pujian hingga Standing Ovation

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Michael Gambon, Aktor Gaek Pemeran Profesor Dumbledore di Film Harry Potter Tutup Usia

BERIKUTNYA

Cek Prediksi Setlist Konser ONE OK ROCK di Jakarta, Taka dkk Siap Beraksi!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: