Pegiat olahraga lari. (Foto: Sarah Chai/Pexels.com)

Tren Outfit Olahraga Makin Kece dan Nyaman Dipakai

13 September 2023   |   13:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tren busana olahraga berkembang setiap tahunnya. Jika pada 1970an banyak masyarakat menggunakan pakaian gym yang didominasi warna cerah, mungkin saat ini tampilannya lebih simpel. Fungsinya pun disesuaikan dengan olahraga yang digeluti. 

Fashion olahraga sesuai dengan fungsinya memang tidak bisa disepelekan. Selain memberi kenyamanan, pakaian ataupun perlengkapan lainnya seperti sepatu yang pas dianggap dapat meminimalisir risiko cedera dan memberikan perlindungan saat berolahraga. 

Misal ketika berlari, seorang runner membutuhkan pakaian dengan bahan yang ringan, mengalirkan sirkulasi udara dengan baik, dan tentunya cepat mengeringkan keringat. “Penggunaan sportswear dalam olahraga sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan. Pakaian olahraga yang nyaman akan membuat semakin konsentrasi dan fokus,” ujar pegiat lari yang kerap mengikuti race di dalam negeri, Imam Budilaksono. 

Baca juga: Punya Ciri Khas Tersendiri, Begini Karakteristik Fesyen & Gaya Outfit Gen Z

Olahraga lari memang tengah digeluti kaum urban, terutama generasi Z dan Milenial. Tak ayal produk apparel di sektor ini laris manis. Contohnya saja sepatu olahraga yang dijual Sportaways. 

Co-Founder Sportaways Muammar Fahrian Agam mengatakan di tokonya, sepatu running terjual rata-rata 4.000 setiap bulannya, tidak berbeda jauh dengan sepatu futsal. Adapun merek yang paling laris yani Ortus, diikuti Specs, 910, Adidas, dan Nike. “Lagi naik running sekitar 3 bulan terakhir. Penjualannya naik 200%-300%,” ujarnya. 

Agam menyebut pembeli sepatu jenis ini berusia 18-24 tahun. Mereka mayoritas merupakan pelari pemula atau yang olahraga lari sebagai aktivitas harian. 

Dari sisi model, konsumen mempertimbangkan harga yang murah dan kenyamanan dengan mempertimbangkan sol tebal. Warnanya tergantung selera, tetapi tidak sedikit yang menginginkan warna cerah.

Selain sepatu lari, sepatu badminton juga paling banyak dicari. Peningkatan terjadi pada Juli-Agustus 2023. Adapun Sportaways menawarkan sepatu lokal dengan kisaran harga Rp300.000-Rp400.000. Dalam sebulan, toko sepatu lokal ini mampu menjual hingga 10.000 pasang sepatu dengan keuntungan mencapai Rp4 miliar.

Sejauh ini, Sportaways bekerja sama dengan lebih dari 20 brand lokal. Agam menyebut banyak merek yang ingin bergabung, namun beberapa tidak sesuai dengan karakteristik konsumen Sportaways. 

Hijab sportswear 
Melihat semakin banyaknya wanita berhijab yang berolahraga, Noore Sport mengambil peluang. Brand lokal ini menciptakan ragam produk olahraga khusus untuk dipakai para muslimah. 

“Secara pasar semakin besar, tumbuh. Semakin marak event olahraga, semakin mendorong orang-orang giat berolahraga,” sebut Brand Manager Noore Sport Andri Januar. 

Pelanggan Noore Sport memang 90 persen memang kaum hawa. Mayoritas merupakan wanita yang peduli terhadap kesehatan, dan terbilang aktif serta modis. “Mereka ingin sehat tetapi tetap ingin kelihatan cantik,” tambahnya.

Oleh karena itu, Noore Sport menghadirkan ragam produk yang bukan hanya disesuaikan dengan fungsinya namun juga menunjang penampilan para wanita, terutama berhijab.   Salah satu produk yang menjadi andalan yaitu swimwear atau baju renang. 

Meskipun harganya di kisaran Rp1 jutaan yang terdiri dari setelan, banyak kaum hawa memilih produk Noora Sport karena inovasi desain dan teknologi yang ditawarkan. Andri menyebut Noora memiliki teknologi Termal Tech yang bisa menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Biasanya ketika berenang, tubuh akan langsung terasa dingin ketika masuk ke kolam. Dengan adanya teknologi ini, pengguna tidak lagi merasakan kedinginan sehingga tubuh tidak kaget dengan adanya perubahan suhu. 

Bukan hanya pakaian renang, produk sportswear atau activewear buatan Noore juga memiliki teknologiUV Guard, Air Tech, dan Nano Guard. “Ada Nanoteknologi, secara desain sesuaikan olahraganya lari, kita buat bagian yang sedikit terbuka buat sirkulasi agar lebih enak, nyaman,” jelasnya. 

Beberapa produk Noore pun bisa multifungsi. Tidak sekadar dipakai untuk lari, namun juga bersepeda, hingga yoga. Andri menyampaikan terkadang pihaknya menangkap momentum dengan menciptakan koleksi khusus untuk para pelanggan.

Baca juga: 5 Inspirasi Outfit Cobalt Blue, Tren Warna Fashion Musim Panas yang Hits Tahun Ini

Sebagai contoh, Noore menghadirkan cycling collection pada pandemi lalu. Kala itu, Noore membuat dua versi untuk atlet dan para penggemar olahraga sepeda. “Baru-baru ini kita buat run collection karena banyak event marathon,” tambahnya. 

Andri menyampaikan Noore akan terus berinovasi di tengah tantangan persaingan brand-brand baru yang muncul. Tentunya dengan melihat tren, terutama di kalangan wanita berhijab. Tidak menutup kemungkinan Noore menghadirkan peralatan olahraga yang bisa mendukung kebutuhan konsumen. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Adu Fitur Mobil MPV Korea vs Jepang, Genhype Pilih Mana?

BERIKUTNYA

Siap-siap, Roblox Bakal Hadir di PlayStation Pada Oktober 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: