Pakaian terusan atau dress bisa jadi opsi saat cuaca panas. (Sumber gambar : Lozy/Tokopedia)

7 Tips Pilih Pakaian yang Cocok Saat Cuaca Panas

18 August 2023   |   21:38 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Fenomena cuaca panas terjadi di sejumlah wilayah akibat dampak El Nino. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat fenomena iklim ini mencapai puncaknya pada Agustus hingga Oktober, dan berlanjut sampai awal 2024. 

Di tengah kondisi ini, selain menjaga kesehatan, penting untuk memilih pakaian dengan cermat agar tubuh tidak kepanasan dan kulit terbakar sinar matahari ketika beraktivitas di laur ruang. Terlebih saat ini beberapa kota tengah dihajar polusi udara.

Baca jugaHypereport: Ada Fenomena Menarik di Balik Baju Toga Si Kecil

Dokter Spesialis Kulit Arini Astasari Widodo menerangkan kombinasi polusi dan radiasi ultraviolet (UV) menyebabkan produksi radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan peradangan kulit. Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat memakai tabir surya dan pakaian pelindung yang baik dari sinar UV. 

Lantas seperti apa pakaian yang cocok di tengah cuaca panas? Simak ulasannya berikut ini yuk, Genhype.
 

1. Utamakan Serat Alami


Pilih bahan pakaian yang senyaman mungkin, khususnya ketika menghadapi cuaca panas. Utamakan pakaian berbahan serat alam, seperti linen atau katun. Head of Category Development Tokopedia Aldhy Darmayo mengatakan material tersebut memiliki kemampuan ‘bernapas’ karena sirkulasi udara mudah masuk melalui pori-pori material sehingga memberikan rasa sejuk dan nyaman saat digunakan.
 

2. Hindari Warna Gelap


Mengutip Huntsman Cancer Institute, warna yang gelap menyerap panas matahari lebih banyak daripada warna yang terang. Sebaiknya pilih warna terang seperti putih dan pastel untuk memantulkan cahaya matahari. Selain itu, warna pastel juga bisa membuat penampilan terlihat lebih segar. 
 

3. Pakai yang Longgar


Pakaian yang longgar atau loose sangat cocok untuk cuaca panas. Dengan menggunakan pakaian longgar, sirkulasi udara dapat berlangsung dengan baik dan menciptakan rasa sejuk serta nyaman dibandingkan saat menggunakan pakaian yang ketat seperti jeans.


4. Pilih Lengan Panjang Saat Siang


Pada siang hari terutama berkegiatan di luar ruang sebaiknya pilih pakaian lengan panjang atau yang menutupi tubuh. Dengan demikian, kulit tidak terpapar langsung dengan sinar UV. Kendati demikian, pilih bahan yang tipis dan menyerap keringat ya Genhype. Sementara saat malam, kamu bisa memakai pakaian yang lebih terbuka seperti tanktop atau daster tanpa lengan. Pakaian ini memilii sirkulasi udara yang baik dan menghindari lembab. 
 

5. Hindari Jeans


Denim adalah salah satu kain terberat. Jika kamu mengenakan jeans stretch atau skinny jeans, kulit akan sulit bernapas. Pakai celana berbahan katun atau linen yang ringan. Namun jika kamu tetap ingin mengenakan denim, pilihlah jeans yang longgar untuk memungkinkan sirkulasi udara.


6. Pakai Terusan


Pakaian terusan atau dress bisa menjadi pilihan yang tepat khususnya saat cuaca panas agar lebih bebas bergerak. Kamu juga bisa memadukan dress atau terusan dengan cardigan atau outerwear dengan bahan yang tidak terlalu tebal supaya tetap nyaman. 
 

7. Rekomendasi Hijab


Bahan hijab sangat penting diperhatikan karena menjadi salah satu pakaian yang langsung terkena sinar matahari saat berkegiatan di luar. Aldhy menyarankan untuk memilih bahan hijab dengan tekstur yang ringan supaya lebih mudah diatur serta berpori. Siapkan pula hijab ekstra saat berkegiatan di luar untuk mengganti hijab akibat keringat ketika cuaca panas.

Baca jugaKulit Anak Cenderung Sensitif, Yuk Kenali Bahan Baju yang Cocok & Aman untuk Si Kecil

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Populer Sebagai Novelis Era 70-an, Cek 5 Karya Terbaik Marga T

BERIKUTNYA

Serial Spin-off The Boys, Gen V Hadirkan Kisah Seru Sekolah Pahlawan Super Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: