Ilustrasi alat musik. (Sumber gambar: Jens T/Unsplash)

Candra Darusman Beberkan Proses Penilaian & Penentuan Pemenang AMI Awards

28 September 2023   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023 akan segera digelar. Tahun ini, AMI Awards memasuki penyelenggaraannya yang ke-26. Menjadi ajang penghargaan musik paling prestisius di dalam negeri, tak heran jika perhelatan AMI Awards selalu dinantikan oleh para musisi dan pencinta musik.
 
Setiap tahunnya, AMI Awards konsisten memberikan penghargaan kepada sederet karya musik serta musisi berprestasi dalam negeri. Proses pemilihan dari mulai nominasi hingga menentukan pemenang, dilakukan oleh para komite AMI yang terdiri dari insan musik Indonesia baik itu pelaku, pengamat, penggemar maupun jurnalis.
 
Komposer sekaligus Ketua AMI Candra Darusman menjelaskan pihaknya menerima sebanyak 4.858 lagu yang terdaftar dalam AMI Awards 2023. Lagu-lagu yang masuk merupakan karya produksi single maupun album yang dirilis secara komersil pada periode 1 Juli 2022 hingga 30 Juni 2023. Jumlah lagu tersebut berasal dari berbagai macam genre musik yang melibatkan musisi senior hingga pendatang baru.
 
Seluruh lagu itu lantas akan diperdengarkan sekaligus dikurasi oleh tim kategorisasi AMI untuk menentukan karya mana saja yang layak untuk masuk ke dalam nominasi. Dari hasil sidang kategorisasi AMI yang berlangsung pada 18 Juli-3 Agustus 2023 yang dilakukan secara offline dan online, ditetapkan sebanyak 62 kategori nominasi. 
 
Tahun ini, daftar itu juga mendapatkan penambahan dan penyempurnaan dengan hadirnya 6 kategori baru. Keenam kategori tersebut yakni Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Koplo Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Melayu Terbaik, Karya Orkestral Terbaik, Album Film Scoring Terbaik, Album Musikal Terbaik, dan Album Alternatif Terbaik.
 
Untuk menentukan pemenang AMI Awards, Candra menjelaskan nantinya seluruh lagu yang masuk nominasi akan diunggah ke dalam skema voting tabulasi. Di situ, para anggota komite AMI yang terdiri dari sekitar 4.000 orang dengan berbagai latar belakang musik, akan melakukan voting.
 
"Jadi enggak ada campur tangan dari AMI dan hasil tabulasinya kita serahkan kepada kantor akuntan publik. Jadi kita baru tahu [pemenangnya] pada saat satu atau dua hari sebelum hari H [malam anugerah AMI]," kata Candra saat ditemui Hypeabis.id di Jakarta, baru-baru ini.
 
Di samping merujuk pada hasil voting, Candra menambahkan penilaian pemenang AMI Awards juga dilihat dari track record di platform digital, untuk melihat popularitas sang musisi. Hal ini dilakukan untuk menyeimbangkan antara penilaian secara mutu dan popularitas.
 

X

Musisi Candra Darusman. (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Himawan L Nugraha)


Hanya saja, Candra menerangkan bahwa pemenang kategori nominasi tidak akan ditampilkan seluruhnya dalam malam anugerah AMI Awards 2023 yang dijadwalkan digelar pada 8 November 2023 mendatang lantaran keterbatasan durasi acara. 
 
Tahun ini, AMI Awards hanya akan menampilkan sekitar 12 pemenang kategori nominasi dalam acara seremonial. Sementara itu, sisanya, akan diumumkan saja dan pialanya akan diberikan di akhir acara kepada para pemenang.
 
"Jadi kami meminta pengertian kepada semuanya bahwa mohon maaf sekali tidak bisa menampilkan semuanya, dan insya Allah digilir untuk bidang-bidang [nominasi] lain untuk ditampilkan. Memang harus seimbang antara hiburan, penghargaan, dan waktu," katanya.
 

Perkembangan Partisipasi & Kategorisasi

Antusiasme para musisi untuk berpartisipasi dalam pemilihan AMI Awards masih terbilang tinggi. Terbukti, jumlah 4.858 lagu yang terdaftar dalam AMI Awards 2023 mengalami peningkatan dari tahun lalu yang tercatat sebanyak 4.156 lagu.
 
Candra mengatakan, antusiasme musisi dengan AMI awards tahun ini sudah dimulai sejak dibukanya pendaftaran lagu secara online pada 15 Mei 2023 dan terus berlanjut hingga ke akhir penutupan pendaftaran pada 8 Juli 2023. 
 
"Selama ini AMI itu masih eksis karena masih dipercaya oleh masyarakat apalagi musisi, bahwa yang menang itu hasil dari 4.000 anggota AMI," kata musisi berusia 66 tahun itu. 
 
Tak hanya dari sisi lagu yang terdaftar, jumlah kategori nominasi AMI Awards 2023 sebanyak 62 kategori dengan 6 kategori baru pun mengalami peningkatan. Jumlah kategori tersebut lebih banyak dari AMI Awards 2022 yang mencatatkan 57 kategori nominasi dengan 6 tambahan kategori baru.
 
Tekait hal itu, Candra menjelaskan AMI Awards selalu bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan musik di Tanah Air. Hal itu tercermin dari jumlah kategori nominasi yang kerap berubah, ada kategori yang ditambahkan ataupun dihilangkan.
 
Hanya sekitar 50 kategori nominasi yang konsisten selalu ada dalam setiap gelaran AMI Awards, sedangkan sekitar 10-15 kategori berubah mengikuti perkembangan musik yang dinamis. 
 
Adapun, gelaran AMI Awards 2023  mengusung tema Merayakan Perbedaan yang akan menjadi pesta musik Indonesia dengan keberagaman musik dan genre yang ada pada saat ini. Acara malam puncak penghargaan AMI Awards tahun ini akan diselenggarakan pada 8 November 2023.
 
"Musik adalah jembatan yang dapat menghubungkan segala perbedaan rasa dan pemikiran. Musik mempersatukan kita semua dengan hati yang jernih. Mari merayakan perbedaan, sekaligus saling menghargai dengan bermusik," kata Candra.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Buku Tentang Luhut Binsar Pandjaitan Diluncurkan, Ditulis Peter F. Gontha & Mahpudi

BERIKUTNYA

Athleisure Jadi Tren, Intip 7 Jenis Pakaian Olahraga

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: