Kue Cucur (Sumber: Wikimedia Commons/Cun Cun)

Resep Kue Cucur, Penganan Tradisional yang Nikmat

28 September 2023   |   07:54 WIB
Image
Hanifa Khayla Putri Mahasiswi Universitas Pembangunan Jaya

Jika bicara soal kuliner tradisional Indonesia, salah satu makanan yang selalu mengundang nostalgia adalah kue cucur. Meski sudah banyak kue-kue modern, penganan yang satu ini tak lekang oleh waktu, dan tetap menjadi jajanan favorit banyak orang.  

Kue cucur memiliki sejarah panjang yang terpaut erat dengan budaya Nusantara. Asal usulnya dapat ditelusuri hingga ke masa Kerajaan Sriwijaya di Sumatra. Sejak itu, kue cucur telah menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia.

Nama "cucur" sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti "bercucuran," mengacu pada tekstur adonan yang cair saat dituangkan ke dalam minyak panas. Kue ini sering kali menjadi bagian dari tradisi perayaan, seperti saat acara selamatan atau acara keluarga.

Kue cucur dapat ditemui di pasar-pasar saat pagi hari. Namun, Genype juga dapat membuatnya sendiri nih. Berikut resep dan cara membuat kue tradisional cucur. Yuk simak. 

Baca juga: Resep Kue Nagasari Pisang yang Lembut dan Legit
 

Bahan-bahan

  • 250 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 200 ml santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili (opsional)
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng


Cara Membuat

  1. Siapkan mangkuk, campurkan tepung beras, tepung terigu, gula pasir, dan garam. Kalian juga dapat menambahkan vanili untuk memberikan aroma ekstra.
  2. Perlahan-lahan, tambahkan santan kental ke dalam campuran tepung sambil terus aduk hingga membentuk adonan yang lembut dan tidak bergerindil. Pastikan untuk mencampurkan bahan-bahan dengan baik agar tidak ada gumpalan.
  3. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum mulai menggoreng.
  4. Ambil sendok makan adonan kue cucur dan tuangkan ke dalam minyak panas. Genhype bisa membuat ukuran kue sesuai dengan selera. Goreng hingga kue berwarna kuning keemasan dan mengembang.
  5. Setelah kue cucur matang, angkat dari minyak panas dan tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  6. Kue cucur siap dinikmati! Kalian juga bisa menambahkan taburan gula pasir atau gula halus diatasnya sesuai dengan selera masing-masing.
Baca juga: Resep Kue Lumpur, Lezatnya Kelembutan dalam Setiap Gigitan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ambisi Kopi Kenangan Bawa Cita Rasa Kopi Indonesia ke Kancah Internasional

BERIKUTNYA

Sinopsis Paw Patrol: The Mighty Movie

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: