Kue Tradisional Carabikang (Youtube/Devina Hermawan

Resep dan Tips Membuat Kue Carabikang Mekar ala Chef Devina Hermawan

03 October 2024   |   21:30 WIB
Image
Fasya Kalak Muhammad Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki citarasa dan berbagai bentuk serta keunikan dalam dunia kuliner. Berbagai makanan dari masing masing daerah di Indonesia menunjukan keragaman Indonesia. Salah satunya adalah kue tradisional asal Jawa, yaitu Kue Carabikang.

Kue Carabikang, merupakan kue tradisional di pulau Jawa. Kue ini khususnya berasal dari daerah Jawa Tengah yang mulai menyebar di beberapa daerah seperti Jawa Timur dan Yogyakarta. Terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan telur yang dicampur dengan berbagai bahan bahan lainnya.

Keunikan dari kue ini adalah bentuknya yang menyerupai bunga yang bermekaran. Bentuk ini didapatkan dengan teknik memasaknya yang membiarkan adonan menjadi pecah, atau bermaknakan bermekaran seperti bunga. Selain itu kue ini juga sering kali disediakan dalam beberapa campuran warna di dalam adonannya.

Baca Juga: Resep Jajanan Unik Stik Donat ala Chef Jerry Andrean

Dilansir dari akun TikTok Chef Devina Hermawan yang turut memberikan resep dan tips cara membuat kue tradisional asal Jawa Tengah ini. Genhype juga bisa banget untuk mengikuti resep dan tips ini. Rasanya yang manis dan gurih, membuat kue tradisional ini cocok dijadikan cemilan harian, atau bekal bawaan anak ke sekolah.

Berikut adalah cara membuat Kue Carabikang mekar ala Chef Devina Hermawan :
 
@devina.hermawan

Resep Kue Carabikang (untuk 7 porsi) Bahan cairan santan: 700 ml air 200 ml santan instan 4 lembar daun pandan Bahan lainnya: 300 gr tepung beras 200 gr tepung terigu protein sedang 200 gr gula pasir 2 butir telur 1 sdt garam ½ sdt vanili ½ sdm baking powder Bahan kuah santan: 200 ml santan instan 50 ml air 1/8 sdt garam Cara membuat: 1. Di dalam panci masukkan air, santan dan daun pandan, masak hingga sedikit mendidih. Biarkan hingga hangat kuku 2. Di dalam mangkuk campurkan tepung beras, terigu, gula pasir, garam, baking powder dan vanili 3. Masukkan setengah cairan santan sambil di aduk kemudian masukkan telur, aduk rata 4. Masukkan sisa cairan santan, aduk rata dan diamkan minimal 1 jam 5. Di dalam wajan, masak santan, air dan garam hingga mendidih, sisihkan 6. Sisihkan sebagian adonan di dalam mangkuk lain untuk warna hijau dan warna pink 7. Tambahkan sedikit pewarna kuning dan cokelat untuk adonan hijau, aduk rata dan tambahkan sedikit pewarna pink atau perisa cocopandan untuk adonan pink, aduk rata 8. Panaskan loyang carabikang kemudian tuang adonan putih dan sedikit adonan warna hijau dan pink 9. Masak hingga matang kemudian siram dengan sedikit kuah santan. Keluarkan carabikang dari loyang 10. Kue carabikang siap disajikan

? 3 minutes cooking song(863632) - furufuru


Bahan cairan santan:
  • 700 ml air
  • 200 ml santan instan
  • 4 lembar daun pandan

Bahan lainnya:
  • 300 gr tepung beras
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 200 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt vanili
  • ½ sdm baking powder

Bahan kuah santan:
  • 200 ml santan instan
  • 50 ml air
  • 1/8 sdt garam

Cara membuat:
  1. Di dalam panci masukkan air, santan dan daun pandan, masak hingga sedikit mendidih. Biarkan hingga hangat kuku.
  2. Di dalam mangkuk campurkan tepung beras, terigu, gula pasir, garam, baking powder dan vanili.
  3. Masukkan setengah cairan santan sambil diaduk kemudian masukkan telur, lalu diaduk hingga rata.
  4. Masukkan sisa cairan santan, lalu aduk rata dan diamkan minimal 1 jam.
  5. Di dalam wajan, masak santan, air dan garam hingga mendidih, lalu sisihkan.
  6. Sisihkan sebagian adonan di dalam mangkuk lain untuk warna hijau, dan warna pink.
  7. Tambahkan sedikit pewarna kuning dan coklat untuk adonan hijau supaya terlihat natural, aduk rata dan tambahkan sedikit pewarna pink atau perisa cocopandan untuk adonan pink, aduk rata.
  8. Panaskan loyang carabikang kemudian tuang adonan putih dan sedikit adonan warna hijau dan pink untuk memberikan gradasi warna.
  9. Masak hingga matang kemudian siram dengan sedikit kuah santan. Loyang yang digunakan dalam membuat carabikang harus yang lengket. Cara mengangkat carabikang agar tetap mekar yaitu dengan tusuk perlahan bagian tepian sampai ke arah bagian tengah adonan, setelah sudah sampai di tengah angkat dan biarkan adonan robek, atau mekar seperti bunga.
  10. Keluarkan carabikang dari loyang, Kue carabikang siap disajikan

Baca Juga: Resep Chicken Nugget Crispy Homemade ala Chef Devina Hermawan

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Indonesia ke Perempat Final Suhandinata Cup 2024, Tantang India

BERIKUTNYA

Hypereport: Fenomena Nostalgia, Ketika Tren Masa Lalu Kembali Berjaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: