Saat ini WGA sudah mencapai kesepakatan perjanjian sementara dengan pihak studio lewat Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP). (Sumber gambar Unsplash/Chris Murray)

Sepakati Perjanjian Sementara, Serikat Buruh Hollywood Siap kembali Produksi Film?

25 September 2023   |   14:27 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Gonjang-ganjing industri perfilman Hollywood tampaknya sudah mulai menemui titik terang. Pasalnya, serikat penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) akhirnya mencapai kesepakatan sementara dengan pihak studio film, setelah aksi mogok kerja yang dilakukan sejak Mei 2023.

Kini, WGA sudah mencapai kesepakatan perjanjian sementara dengan pihak studio lewat Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP). Kedua belah pihak telah menyelesaikan kerangka kesepakatan tentang isu artificial intelligence (AI) dan tingkat kepegawaian dalam ruang penulisan. 

Baca juga: Cek 10 Film & Serial yang Terdampak Mogok Kerja Serikat Buruh Hollywood

Kendati begitu, rincian perjanjian tentatif antara WGA dan AMPTP sejauh ini belum dirilis. Hasil kesepakatan tersebut nantinya akan diungkapkan serikat sebelum pemungutan suara ratifikasi keanggotaan yang akan digelar dalam waktu dekat.

"Kami telah mencapai kesepakatan tentatif mengenai MBA [Minimum Basic Agreement] 2023 yang baru, berarti kesepakatan prinsip pada semua poin kesepakatan, tergantung pada penyusunan bahasa kontrak akhir,” kata WGA dalam keterangan resmi diberitakan Deadline.
 

Secara kronologis, kesepakatan tersebut dicapai setelah komite WGA dan AMPTP berunding pada Minggu (24/9) sore waktu setempat. Mereka membahas isu-isu yang telah lama menjadi polemik dan menyisakan kebuntuan di industri Hollywood, seperti AI dan masalah penempatan staf dalam kerja pembuatan film.

Adapun, langkah selanjutnya dalam proses ini adalah komite perundingan WGA yang dipimpin Ellen Stutzman akan melakukan pemungutan suara. Termasuk memastikan apakah para penulis akan kembali bekerja setelah perjanjian tentatif tersebut diratifikasi anggota WGA.

Namun, menurut Deadline, WGA menegaskan bahwa sembari menunggu pemungutan suara, para anggotanya masih akan melakukan pemogokan alias tidak bekerja. Terutama saat serikat pekerja film Amerika  SAG-AFTRA juga belum mencapai kesepakatan baru dengan AMPTP, yang mencerminkan perasaan solidaritas WGA.
  
Oleh karena itu, semua perhatian kini tertuju pada ratifikasi kesepakatan WGA dan mengajak SAG-AFTRA dan AMPTP kembali ke meja perundingan. Khususnya untuk mencapai kesepakatan guna mengakhiri aksi mogok para aktor yang kini telah berlangsung selama 73 hari.

Produksi film dan gelaran berbagai acara penghargaan di Hollywood sebelumnya mengalami masalah runyam. Pasalnya para penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America telah melakukan aksi unjuk rasa yang sudah berlangsung sejak Mei 2023. 

Serikat buruh itu berjuang untuk kompensasi upah yang layak dan perlindungan dari kecerdasan buatan alias AI. Tak hanya penulis, para aktor yang tergabung dalam Writers Guild of America juga ikut bersolidaritas menuntut kelayakan upah dari berbagai studio di AS.

Dalam sebuah rilis yang dikeluarkan pada awal Mei 2023 silam, Komite Perundingan WGA, Dewan Direktur Writers Guild of America West (WGAW), dan Dewan Writers Guild of America, East (WGAE) menyerukan pemogokan mulai Selasa 2 Mei 2023.

Keputusan itu dibuat setelah enam minggu negosiasi dengan Netflix, Amazon, Apple, Disney, Discovery-Warner, NBC Universal, Paramount, dan Sony di bawah payung AMPTP berjalan alot.

“Komite Perundingan WGA memulai proses ini dengan maksud untuk membuat kesepakatan yang adil, tetapi tanggapan studio sama sekali tidak mencukupi mengingat krisis eksistensial yang dihadapi penulis,” demikian pernyataan dalam keterangan resmi itu. 

Baca juga: 11 Film Indonesia Tayang di Bioskop Oktober 2023, Genre Horor Dominan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Harga & Cara Beli Tiket Konser Emas 50 Tahun God Bless di Istora Senayan

BERIKUTNYA

Rekam Jejak God Bless, Band Rock Legendaris Indonesia yang Jaya di Era 70-80an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: