Deadpool & Wolverine (Sumber gambar: Instagram.com/deadpoolmovie)

Bakal Ngaret, Cek 10 Film & Serial yang Terdampak Mogok Kerja Serikat Buruh Hollywood

19 July 2023   |   19:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Produksi film dan gelaran berbagai acara penghargaan di Hollywood terancam macet. Pasalnya serikat pekerja film Amerika SAG-AFTRA akhirnya turun ke jalan untuk melakukan pemogokan massal dalam pemenuhan hak-hak mereka yang dikebiri berbagai studio di AS.

Tak hanya aktor, para penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) juga terus melakukan aksi unjuk rasa yang sudah berlangsung sejak Mei 2023. Mereka berjuang untuk kompensasi upah yang layak dan perlindungan dari kecerdasan buatan alias AI.

Mogoknya ribuan buruh di etalase film dunia itu tak ayal bakal berpengaruh ke berbagai produksi sinema dan serial Industri film AS. Lantas, film dan serial apa saja yang terpengaruh dari demo tersebut? Dihimpun dari berbagai sumber resmi, berikut di antaranya. 

Baca juga: Enggak Cuma Barbie, Masih ada 14 Film Adaptasi Mainan yang Bakal Tayang


1. Deadpool 3

Di antara puluhan film yang terdampak produksinya akibat pemogokan, salah satunya adalah Deadpool 3 dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Dibintangi Ryan Reynolds hingga Hugh Jackman, film ini dipastikan tertunda proses syutingnya yang dilangsungkan di Inggris.

Menurut BBC, rencananya sekuel ketiga dari franchise film anti hero Marvel ini dijadwalkan rilis pada Mei 2024. Namun, akibat pemogokan yang terjadi, hingga saat ini belum bisa dipastikan kembali akan tayang kapan secara serentak di seluruh bioskop global. 
 

2. Gladiator 2

Sekuel epik pemenang Oscar 2001, Gladiator kali ini dibintangi oleh Paul Mescal, Denzel Washington, dan Pedro Pascal. Mengambil lokasi syuting di Maroko dan Malta, sejauh ini proses pengambilan gambar sudah dua pertiga menuju selesai.

Namun, film yang dijadwalkan rilis pada 24 November 2024 ini juga dipastikan mengalami pengunduran jadwal imbas pemogokan kerja di AS. Dengan kata lain, para penikmat film dan moviegoers sepertinya harus lebih sabar menanti film besutan Ridley Scott di bioskop. 
 

3. Mission: Impossible – Dead Reckoning Part Two

Petualangan Ethan Hunt bersama anggotanya yang tergabung dalam IMF juga terdampak jadwalnya imbas protes para buruh di AS. Produksi film tersebut saat ini sedang dalam status hiatus terjadwal. Sementara itu, Tom Cruise dan kru film tengah mempromosikannya ke berbagai negara di dunia.

Sebagai tambahan informasi, Mission: Impossible - Dead Reckoning Part 1 adalah film studio besar terakhir yang dirilis sebelum pemogokan SAG-AFTRA. Sementara itu, sekuelnya kali ini sebagian besar sudah mulai tayang di pasar domestik Amerika Utara pada 12 Juli 2023. 

Baca juga: Dapat Ulasan Positif, Cek 5 Fakta Menarik Film Mission: Impossible Dead Reckoning Part One


4. Venom 3

Serial ketiga Venom yang dibintangi Tom Hardy juga turut terkena dampak demo di AS. Proses syuting film sebelumnya berjalan dengan lancar, tapi kegiatan tersebut terpaksa dihentikan setelah kru film diberitahu untuk mengantisipasi pemogokan sejak awal pekan lalu.

Venom 3 rencananya dijadwalkan tayang pada momen Halloween tahun depan, tapi sepertinya rencana itu tak akan terwujud dengan mudah. Meski telah memulai proses syuting sejak Juni lalu di Spanyol, masih ada banyak gambar yang belum diambil dalam film arahan Kelly Marcel itu. 
 

5. Mortal Kombat 2

Sekuel film yang diangkat dari video game ini diketahui sedang syuting di Australia saat pemogokan dimulai. Awalnya, proses syuting diharapkan berakhir pada bulan September, tapi imbas demo para pekerja dan kru film, sepertinya rencana tersebut akan sedikit molor dari jadwal yang telah ditentukan.

Dalam sekuelnya kali ini, karakter legendaris Mortal Kombat, Johnny Cage, juga dipastikan akan muncul. Namun, beberapa rumor menyebut karakter tersebut akan diperankan oleh aktor Amerika Joel McHale, pegulat WWE The Miz, atau Ryan Reynolds akan mengambil peranannya yang belum bisa dipastikan. 
 

6. Wicked: Part 1

Film fantasi musikal besutan Jon M. Chu dari skenario oleh Winnie Holzman dan Stephen Schwartz ini dijadwalkan tayang tahun depan. Namun, akibat imbas pemogokan di Hollywood, produksi filmnya terpaksa dihentikan sejenak. 

Diadaptasi dari drama musikal terkenal Broadway, Wicked: Part 1 akan dibintangi oleh Ariana Grande dan Cynthia Erivo. Film ini seharusnya selesai syuting pada 25 Juli 2023 sebelum demo membuat proses syutingnya di Inggris ditangguhkan. 
 

7. Paddington in Peru

Seri ketiga Paddington garapan dari Sony Pictures dan StudioCanal ini juga terancam tertunda jadwal rilisnya akibat mogok serikat pekerja hiburan di AS. Awalnya film ini baru akan memulai proses syuting pada akhir Juli 2023, dan sepertinya terpaksa diundur.

Adapun, dalam ceritanya nanti film ini akan mempertemukan Paddington dengan Bibi Lucy ketika keluarga Brown mengunjungi Peru. Namun, sebuah misteri yang tak terpecahkan bakal membawa mereka dalam petualangan seru di hutan hujan Amazon.
 

8. Minecraft

Film adaptasi video game ini nantinya akan dibintangi oleh Jason Momoa dan Matt Berry. Proses syuting seharusnya sudah bisa dimulai bulan depan di Selandia Baru. Namun, sepertinya hal itu tak akan terwujud sampai pemogokan selesai.

Warner Bros. Discovery awalnya menjadwalkan perilisan film tersebut pada 4 April 2025. Namun imbas dari turunnya pekerja kreatif di AS bakal sedikit merbah jadwal dan proses produksi film besutan Jared Hess itu.


9. Beetlejuice 2

Film arahan Tim Burton ini nyaris selesai syuting di London. Namu,  diduga mereka juga masih harus syuting satu adegan terakhir di Vermont ketika pemogokan terjadi yang akan menghambat produksi film kedepannya.

Film ini dibintangi Michael Keaton, Winona Ryder, Catherine O'Hara, dan Jenna Ortega. Awalnya film Beetlejuice 2 dijadwalkan rilis pada 6 September 2024, tapi besar kemungkinan bakal mundur lebih lama imbas pemogokan di Hollywood. 
 

10. Juror 2

Juror 2 merupakan film thriller Amerika yang disutradarai oleh Clint Eastwood dan naskahnya ditulis oleh Jonathan Abrams. Film ini akan berkisah tentang persidangan kasus pembunuhan dengan mengambil lokasi syuting di  Savannah, Georgia.

Namun, produksinya dihentikan begitu mogok massal dimulai di AS. Adapun, film ini akan dibintangi Nicholas Hoult, Toni Collette, Zoey Deutch, Kiefer Sutherland, dan Leslie Bibb. Film ini akan menjadi karya terakhir Clint Eastwood setelah dia membuat film Cry Macho pada 2021.

Baca juga: 11 Rekomendasi Film & Serial Tayang Juli 2023 di Disney+ Hotstar

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek 5 Fitur ROG Phone 7, Smartphone Gaming Terbaru dari ASUS

BERIKUTNYA

Profil Cakra Khan, Penyanyi Indonesia yang Susul Putri Aini di Panggung America’s Got Talent

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: