Proses produksi sejumlah film alami penundaan akibat aksi mogok para penulis naskah (Sumber gambar: pexels/ Tima Miroshinchenko)

Ini 4 FIlm yang Harus Tertunda Akibat Aksi Mogok Para Penulis Naskah

15 June 2023   |   16:38 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Industri perfilman Hollywood tengah menghadapi tantangan lantaran aksi mogok yang dilakukan oleh para penulis naskah. Sejumlah film yang harusnya dapat mulai diproduksi harus mengalami penundaan dan berpotensi mundur terhadap waktu rilis. 

Dikutip dari laman Writers Guild of America (WGA), para penulis naskah yang melakukan aksi mogok memiliki sejumlah tuntutan yang telah disetujui oleh 98,4 persen anggota atau sekitar 5.553 orang saat proses voting.

Tuntutan mereka seperti peningkatan kompensasi minimum secara signifikan untuk mengatasi devaluasi penulisan di semua bidang televisi, media baru, dan features; standardisasi kompensasi dan ketentuan residual untuk features, baik yang dirilis secara teatrikal atau streaming; perluas perlindungan kepada semua penulis televisi; dan sebagainya.

Dalam sebuah rilis yang dikeluarkan pada awal Mei 2023 silam, Komite Perundingan WGA, Dewan Direktur Writers Guild of America West (WGAW), dan Dewan Writers Guild of America, East (WGAE) menyerukan pemogokan mulai Selasa 2 Mei 2023.

Keputusan itu dibuat setelah enam minggu negosiasi dengan Netflix, Amazon, Apple, Disney, Discovery-Warner, NBC Universal, Paramount, dan Sony di bawah payung Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP).

“Komite Perundingan WGA memulai proses ini dengan maksud untuk membuat kesepakatan yang adil, tetapi tanggapan studio sama sekali tidak mencukupi mengingat krisis eksistensial yang dihadapi penulis,” demikian tertulis.

Asosiasi menulis bahwa perilaku perusahaan tersebut telah menciptakan gig economy di dalam serikat pekerja dan pendirian mereka yang teguh dalam negosiasi telah mengkhianati komitmen serta kian mendevaluasi profesi penulis.

Aksi itu membuat sejumlah proses syuting harus berhenti, sehingga berpotensi membuat peluncuran sejumlah film harus mengalami penundaan. Berikut film-film yang terdampak akibat aksi mogok para penulis naskah dirangkum dari berbagai sumber.
 
 

Blade


Dikutip dari Variety, film pertama yang terdampak akibat aksi mogok yang dilakukan oleh para penulis naskah adalah Blade. Marvel Studios disebut memutuskan untuk menghentikan sementara produksi film tersebut dan akan kembali memulainya setelah aksi mogok usai.

Penundaan produksi ternyata bukan yang pertama. Sebelumnya, film tentang vampir ini juga pernah mengalami penundaan, sehingga rencana perilisan yang seharusnya pada 2023 menjadi 2024. Pada saat itu, Sutradara Bassam Tariq meninggalkannya tepat dua bulan sebelum syuting dimulai.

Sutradara Yann Demange mengambil alih tugas penyutradaraan pada November 2022. Pada April 2023, Nic Pizzolatto bergabung untuk menulis ulang naskah tersebut.
 
1
2


SEBELUMNYA

Ini 5 Goa Terbesar di Tanah Air yang Menampilkan Pesona Keindahan

BERIKUTNYA

Cara Membuat Piza Sehat & Rendah Kalori di Rumah, Cocok untuk Menu Diet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: