Ilustrasi Copilot (sumber gambar Microsoft)

Siap Diluncurkan, Intip Fitur Baru dari Microsoft Copilot dengan Dukungan AI

22 September 2023   |   15:21 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Microsoft resmi merilis Copilot AI baru di Windows 11, Microsoft 365, browser Edge, dan mesin pencarian Bing pada Jumat (22/9/23). Update terbaru ini disebut menghadirkan lebih dari 150 fitur anyar, termasuk membawa kapabilitas Copilot ke PC.

Pada sebuah perhelatan besar di New York, Microsoft mengumumkan peluncuran Microsoft Copilot, teman AI inovatif yang dirancang untuk merevolusi cara manusia berinteraksi. Termasuk lewat bantuan teknologi untuk meningkatkan produktivitas kerja para penggunanya. 

Baca juga: Microsoft Akan Hapus WordPad dari Windows Setelah 28 Tahun

Corporate Vice President & Consumer Chief Marketing Officer Microsoft, Yusuf Mehdi mengatakan, Microsoft 365 Copilot akan tersedia untuk pelanggan enterprise mulai 1 November 2023. Dia mengeklaim fitur tersebut akan memberikan pengalaman mulus bertenaga AI pada seluruh aplikasi dan perangkat. 

Selain itu, Microsoft juga mengumumkan beberapa pengalaman baru yang menarik untuk membantu pengguna menjadi lebih produktif. Salah satunya dalam memacu kreativitas, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari individu maupun bisnis yang sedang dijalankan.

Menurut Mehdi, saat ini manusia telah memasuki era baru AI, yang secara fundamental mengubah cara mereka berhubungan dan memanfaatkan teknologi. Terutama lewat konvergensi chat interface dan large language model yang galib digunakan perusahaan teknologi dunia.

"Saat ini bahkan kita dapat menanyakan apa pun yang diinginkan dalam bahasa sehari-hari. Tentu saja dengan dukungan teknologi pintar untuk menjawab, membuat, atau mengambil tindakan. Di Microsoft, kami melihat hal ini seperti memiliki copilot untuk membantu navigasi tugas apapun,” katanya.
 

Lantas, apa saja keunggulan dan fitur-fitur baru dari Microsoft Copilot? Dihimpun dari sumber resmi berikut beberapa di antaranya: 
 

1. Microsoft Copilot

Dalam pembaruan kali ini kemampuan Microsoft AI telah dimasukkan ke dalam satu pengalaman yang disebut Microsoft Copilot. Nantinya Copilot secara unik akan menggabungkan konteks dan kecerdasan web, data pekerjaan pengguna untuk memberikan bantuan yang lebih baik.

Pengalaman yang sederhana dan mulus ini akan tersedia secara gratis di Windows 11, Microsoft 365, dan web browser Edge serta Bing. Uniknya fitur ini tersedia sebagai aplikasi, atau dapat muncul sendiri ketika dibutuhkan hanya dengan mengklik kanan. 
 

2. Update Windows 11

Lewat pembaruan ini akan ada lebih dari 150 fitur baru yang akan memberdayakan pengguna untuk membuat berbagai hal jadi lebih sangkil, terutama dalam menyelesaikan tugas. Update ini termasuk integrasi Copilot, Outlook baru untuk Windows, hingga kemampuan baru di Paint dan Photos yang ditingkatkan dengan AI. 

Tak hanya itu, Clipchamp dan Notepad juga akan diperbarui, termasuk File Explorer yang dimodernisasi, dan suara alami baru di Narrator untuk meningkatkan aksesibilitas serta produktivitas. Update ini akan tersedia dari 26 September, bersama dengan pembaruan terkini untuk Windows 11, versi 22H2. 
 

3. Fitur-fitur baru di Bing & Edge 

Fitur-fitur ini mencakup jawaban yang dipersonalisasi berdasarkan riwayat obrolan. Seperti peningkatan model DALL.E 3 dari OpenAI di Bing Image Creator, dan Content Credentials baru yang menggunakan metode kriptografi untuk menambahkan watermark digital.

Nantinya model kriptografi tersebut juga tidak terlihat ke semua gambar yang dihasilkan AI di Bing, lengkap dengan waktu dan tanggal pembuatannya. Dengan artian pengguna dapat menggunakan Bing Chat hari ini dengan Microsoft Edge atau di bing.com/chat. Fitur-fitur baru akan mulai tersedia segera. 
 

4. Copilot di Microsoft Shopping

Lewat fitur ini nantinya Bing dan Edge bakal dapat memberikan rekomendasi yang lebih disesuaikan dan harga terbaik berdasarkan permintaan dari konsumen dalam berbelanja dengan dukungan AI. Selain itu pengguna juga dapat segera menggunakan foto atau gambar yang disimpan sebagai titik awal untuk berbelanja. 
 

5. Update Bing Chat Enterprise

Lebih dari 160 juta pengguna Microsoft 365 telah memiliki akses ke Bing Chat Enterprise tanpa biaya tambahan, dan Bing Chat Enterprise kini tersedia di aplikasi mobile Microsoft Edge. Pencarian visual multimodal dan Image Creator juga akan ditambahkan untuk meningkatkan kreativitas di tempat kerja. 
 

6. Microsoft 365 Copilot for Enterprise 

Fitur baru ini akan tersedia secara umum bagi pelanggan enterprise mulai 1 November 2023 bersama dengan Microsoft 365 Chat. Ini adalah asisten AI baru yang akan mengubah cara pengguna terutama kalangan wirausahawan dalam bekerja lebih baik.
 

7. Microsoft 365 Copilot untuk Konsumen 

Lewat fitur ini designer akan diintegrasikan dengan Microsoft 365 Copilot, khususnya bagi pengguna pribadi yang dapat dimulai dengan Word. Designer akan membantu pengguna mengubah dokumen yang penuh teks dengan grafik khusus sehingga menghasilkan aset visual  yang lebih memukau untuk postingan media sosial, undangan, dan banyak lagi dengan teknologi AI termutakhir. 

Baca juga: Microsoft Integrasikan Mesin Pencari Bing & Edge dengan Dukungan AI ChatGPT

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Episode Terakhir Drakor Moving, Pertempuran Epik Terakhir Para Manusia Super

BERIKUTNYA

5 Film & Drama Han Hyo-joo yang Wajib Kalian Tonton Selain Moving

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: