Drama Korea Moving (Sumber Foto: IMDb)

5 Fakta Episode Terakhir Drakor Moving, Pertempuran Epik Terakhir Para Manusia Super

22 September 2023   |   15:02 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Like
Drama Korea Moving baru saja menamatkan kisahnya di episode ke 20 minggu ini. Tak tanggung-tanggung Disney+ Hotstar langsung merilis tiga episode terakhir untuk menjawab rasa penasaran penonton. Menariknya, walaupun sudah resmi tamat, episode terakhirnya justru menimbulkan tanda-tanya baru.

Moving merupakan serial besutan sutradara Park In Je dan penulis naskah Kang Pool. Ceritanya diadaptasi dari Webtoon berjudul sama yang terbit pada 2015. Sejak penayangan perdananya pada 9 Agustus 2023, Moving sukses menarik perhatian penonton karena plot cerita yang menarik dan diperankan oleh para aktor dan aktris senior berbakat.

Baca juga: Kisah yang Tak Biasa akan Hadir dalam Drakor Moving di Disney+ Hotstar

Mengangkat kisah tentang sejumlah manusia super. Sekilas premis ini terkesan biasa dan cukup sering digunakan dalam film-film Hollywood produksi Marvel dan DC. Namun, tayangan ini dikemas begitu apik, dengan ciri khas alur yang maju mundur tanpa membuat penonton pusing. Setiap karakter punya kisahnya masing-masing yang saling berkaitan dan menarik untuk disimak.

Sinopsis Moving menceritakan tentang anak-anak pemilik kekuatan super, yakni Kim Bong Seok yang bisa terbang dan memiliki indra yang tajam, serta Jang Hee Soo yang punya kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri saat terluka. Mereka mewarisi kekuatan super tersebut dari orang tuanya sejak lahir. 

Sementara para orang tua menutupi fakta ini rapat-rapat supaya anak mereka tidak dimanfaatkan oleh NIS (National Intelligent Service) atau badan intelijen negara. Sepanjang hidupnya mereka terus berpindah tempat mencari tempat perlindungan yang aman sambil terus merahasiakan jati dirinya. 

Nah Genhype, simak fakta-fakta menarik episode terakhir Moving. Bagi yang belum menonton, pertimbangkan kembali untuk lanjut membaca karena tulisan ini bisa saja mengandung spoiler.


1. Pertarungan Terakhir para Manusia Super

SMA Jongwon menjadi saksi pertempuran terbesar para manusia super dalam Moving. Sejak episode pertama, drama ini memang memperkenalkan satu persatu tokoh manusia super beserta cerita hidup mereka yang menarik. Sampai akhirnya mereka dipertemukan di satu tempat untuk bertarung demi bertahan hidup dan menyelamatkan keluarganya.

Misteri terkait SMA Jongwon akhirnya terpecahkan. Sekolah ini rupanya adalah tempat yang dikelola NIS untuk merekrut dan melatih anak-anak manusia super. Para orang tua yang mengetahui fakta tersebut akhirnya datang langsung untuk membuktikan kebenarannya. Sampai akhirnya mereka terlibat pertempuran sengit dengan musuh yang kuat dari utara.

Tim manusia super dari selatan ada keluarga Lee Mi Hyun yang punya indera tajam dan anaknya Kim Bong Seok yang bisa terbang. Ada juga keluarga Jang Jo Woon dan anaknya Jang Heeso yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri. keluarga Lee Jae Man dan anaknya Lee Gang Hoon yang sangat kuat, serta supir bus Jeon Gyedo si manusia listrik.


2. Musuh dari Utara yang Sama Kuatnya

Pemerintah Korea Utara mengumpulkan para manusia super untuk mengalahkan tim dari Selatan. Dipimpin oleh Kim Deok Yoon, utara membawa Jung Jun Hwa yang bisa terbang, Park Chan Il yang sangat cepat, Kwon Yong Deuk yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri, dan Lim Jae Seok yang sangat kuat.

Meskipun pemimpin mereka bukan manusia super, dia mengomando timnya dengan baik sehingga membuat para manusia super dari selatan kewalahan. Meskipun akhirnya mereka harus menerima kekalahan telak.

Penonton juga dibuat emosional dengan kisah para manusia super dari utara. Kalian tidak bisa membenci mereka, karena keadaan lah yang memaksa para manusia super ini bertarung sampai titik darah penghabisan.

"Rakyat tidak bersalah, yang salah adalah mereka yang memaksakan pengorbanan," kata Kim Deok Yoon.


3. Kepulangan Kim Doo Shik ke Keluarganya

Akhirnya setelah panantian panjang, Kim Doo Shik bertemu kembali dengan keluarganya. Sayangnya banyak yang menyayangkan screentime Kim Doo Shik sangat sedikit. Penonton mengharapkan dia bisa ikut dalam pertempuran epik di SMA Jongwon bersama keluarganya. 

Kim Doo Shik sendiri diperankan oleh aktor senior Zo In Sung. Mengutip dari Soompi, sebelumnya sempat beredar rumor bahwa bayaran Zo In Sung per adegan dalam drama Moving adalah Rp1 miliar. Mengetahui fakta tersebut penonton memaklumi kenapa kemunculannya sangat sedikit. Bahkan mereka berkelakar ingin patungan untuk membayar honor Zo In Sung supaya adegannya muncul lebih banyak.
 

4. Akhir yang Bahagia untuk para Manusia Super

Para manusia super, baik dari Selatan dan Utara akhirnya mendapatkan kehidupan damai yang mereka inginkan. Kini mereka bisa menjalani hidup yang bebas tanpa kendali dari pemerintah. Momen mengharukan sepanjang penayangan drama ini adalah ketika Kim Doo Shik kembali kepada istri dan anaknya, serta keluarga Jang Jo won dan Jang Hee So yang menerima Kwon Yong Deuk, manusia super dari utara sebagai anggota keluarga barunya. 

Akhir yang bahagia juga dialami oleh manusia super lainnya, yakni Lee Jae Man yang terharu melihat putranya lulus dengan peringkat terbaik di sekolah. Tak ketinggalan Jeon Gyedo yang kembali menjalani hari-hari damai dan bahagia sebagai supir bus.


5. Pediksi Munculnya Musim Kedua

Meskipun menawarkan akhir yang bahagia, penonton masih merasa ada yang kurang. Direktur NIS Min Yong Jun digantikan oleh Ma Sang Gu pemimpin operasi Seagull pada 1992 yang juga sama jahatnya. Selain itu, pada akhir penayangannya diperlihatkan Frank kurir misterius yang membunuh para manusia super ternyata masih hidup. Ini menguatkan asumsi penonton bahwa kisah Moving masih berlanjut.

Kang Pool selaku penulis naskah dan Webtoon Moving memang menyajikan akhir yang open ending, semuanya diserahkan pada interpretasi masing-masing penonton. Meski begitu dia belum mengisyaratkan mengenai ada atau tidaknya musim kedua. 

Baca juga: Kenalan dengan Para Pemain Drama Korea Moving, Ada Lee Jeong Ha dan Han Hyo Jo

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Suga BTS Mulai Wajib Militer Sebagai Pekerja Layanan Publik

BERIKUTNYA

Siap Diluncurkan, Intip Fitur Baru dari Microsoft Copilot dengan Dukungan AI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: