Ilustrasi tampilan menu utama Windows. (Dok. Windows dari Unsplash)

Ada 6 Fitur yang Baru & Beda di Windows 11, Apa Saja?

17 June 2021   |   14:18 WIB

Beberapa waktu lalu, tampilan dan berbagai fitur baru dari sistem operasi Microsoft terbaru, Windows 11, dibocorkan secara daring oleh sejumlah pihak di situs asal China, Baidu.

Setelah beberapa foto tangkapan layar bocor, kini fitur-fitur tersebut akhirnya dirilis ke publik sebagaimana dilaporkan oleh The Verge. Dalam laporannya, terdapat beberapa perubahan dan penambahan yang bervariasi dari taskbar, gambar ikon, hingga pada aplikasi Xbox.

Penasaran untuk tampilan visual yang berubah pada sistem operasi yang direncanakan akan rilis pada pekan depan? Ini rangkuman berbagai fitur baru dan pembaharuan dari Hypeabis.id.

1. User interface dan tampilan menu Start
 

Tampilan menu utama dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Tampilan menu utama dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Pada bagian ini, Microsoft memberikan perubahan besar pada bagian taskbar, di mana berbagai ikon aplikasi Windows diletakkan di bagian tengah taskbar, ada bagian yang dihilangkan pada area tray di sebelah kanan, serta perubahan gambar ikon menu Start beserta dengan menunya.

Menu Start di sistem ini punya tampilan yang lebih simpel dibandingkan dengan yang ada pada Windows 10 karena fitur Live Tiles yang dihilangkan dan ada fitur penyematan aplikasi, rekam jejak file terbaru, dan kemampuan untuk mematikan atau menyetel ulang perangkat dengan Windows 11.

Meski taskbar ini mirip dengan apa yang sudah ada sejak lama dalam sistem operasi iOS, tapi pengguna bisa menyesuaikannya menjadi rata kiri melalui opsi pengaturan.

Enggak hanya itu, kelebihan dari Windows 11 adalah dukungan mode gelap yang sudah populer selama beberapa tahun terakhir.

2. Bagian ujung yang melingkar
 

Tampilan ujung melingkar pada File Explorer dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Tampilan ujung melingkar pada File Explorer dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Berbeda dengan sistem operasi sebelumnya, Windows 11 memiliki ujung yang lebih melingkar terutama pada bagian menu hingga jendela File Explorer. Fitur ini terungkap dalam bocoran Windows 11 versi awal yang beredar, sehingga belum dipastikan apakah perubahan desain ini akan diikutkan dalam peluncuran resminya.

3. Windows Widgets
 

Tampilan Windows Widgets dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Tampilan Windows Widgets dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Tak hanya perubahan, ada juga fitur yang diduga akan dikembalikan dalam Windows 11: fitur Windows Widgets. Berdasarkan versi awal yang beredar, dikabarkan fitur jendela yang menampilkan cuaca, berita, konten situs lainnya ini akan kembali hadir.

4. Kontrol pada halaman jendela
 

Tampilan kontrol pada halaman jendela. (Dok. Windows)

Tampilan kontrol pada halaman jendela. (Dok. Windows)

Fitur berbentuk pengaturan ukuran jendela ini bisa diakses dari tombol memaksimalkan jendela di semua aplikasi, di mana fitur ini serupa dengan fungsi cascade pada jendela yang sudah ada di dalam Windows selama beberapa tahun. 

Bedanya, fitur ini memiliki lebih banyak opsi dengan pengaturan berdasarakan letak sehingga ukurannya sudah diatur tanpa perlu mengubahnya secara manual.

5. Xbox
 

Tampilan aplikasi Xbox dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Tampilan aplikasi Xbox dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Perubahan pada pengalaman pengguna pada aplikasi Xbox terletak pada integrasinya dengan Windows 11, di mana Windows menawarkan akses cepat menuju berbagai gim dalam Xbox Game Pass, akses hubungan sosial melalui Xbox network, dan akses menuju toko Xbox.

6. Wallpaper standar
 

Salah satu wallpaper standar dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Salah satu wallpaper standar dalam Windows 11. (Dok. Windows)

Untuk wallpaper standar yang disematkan dalam sistem operasi Windows 11 terdapat perubahan secara visual. Meski wallpaper standar Windows selama ini dikenal dengan foto-foto pemandangan, tapi dalam Windows 11 terdapat tambahan wallpaper standar berbentuk tumpukan bahan kain yang abstrak.

Ini tentu berbeda jauh dengan wallpaper standar pada Windows 10 yang masih menggunakan desain logo Windows maupun foto bunga-bunga daisy pada Windows 8, di mana kali ini Windows 11 menghadirkan wallpaper untuk mode terang dan mode gelap.

Pembaharuan dari Windows ini akan mulai hadir pada 24 Juni 2021 bersamaan dengan acara khusus untuk merilisnya secara perdana. Nantikan perilisan perdananya, Genhype!


Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Yuk Kenali Menstrual Cup, Penggunaan & Kelebihannya

BERIKUTNYA

Indonesia Bisa Belajar dari Phuket untuk Buka Kembali Destinasi Wisata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: