Min Yoongi dengan nama panggung Suga dan Agust D. (Sumber gambar: x.com/bts_bighit)

Suga BTS Mulai Wajib Militer Sebagai Pekerja Layanan Publik

22 September 2023   |   17:13 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Rapper grup Korea Selatan BTS, Suga, menjadi anggota ketiga yang memenuhi wajib militernya, disusul oleh Jin dan J-Hope. Saat kedua anggota BTS bertugas sebagai asisten instruktur latihan Angkatan Darat, Suga akan bertugas sebagai pekerja layanan publik.

Di Korea Selatan, semua pria berbadan sehat yang berusia 18 tahun ke atas harus melakukan wajib militer setidaknya selama 18 bulan kecuali mereka memiliki alasan pengecualian yang sah. Dalam sejumlah kondisi, mereka yang secara fisik dan/atau mental tidak masuk kualifikasi akan ditempatkan pada tugas layanan alternatif termasuk bekerja di kantor pemerintahan.

Baca juga: Pameran Seni BTS Exhibition: Proof in Jakarta Hadir November Mendatang

Sebelumnya, pada 2019 Big Hit Music, label yang menaungi BTS, mengungkapkan bahwa Suga didiagnosis menderita posterior labral tear pada bahu kirinya, yang berarti tulang rawan di sekitar sendi bahunya robek. Label juga mengumumkan tahun lalu bahwa Suga telah menjalani operasi untuk memperbaiki labrum bahunya pada 3 November. 

Suga memulai wajib militernya selama 21 bulan sebagai pekerja layanan publik pada Jumat (22/9/2023. Selama bertugas, artis tersebut juga akan menerima pelatihan dasar di kamp pelatihan tentara di Nonsan sekitar 154 kilometer selatan Seoul.

"Saya akan kembali setelah dengan setia menyelesaikan tugas saya," kata Suga di Weverse, sebuah platform komunitas penggemar online.

Adapun, BigHit Music turut mengimbau para penggemar BTS, Army, agar tidak menganggu ketertiban umum selama Suga menjalani wajib militernya dengan terlalu sering mengunjungi kantor yang menjadi pos tugas musisi terrsebut. 

"Aku bisa sampai sejauh ini berkat kamu. Dan waktunya telah tiba,” katanya. "Hati-hati dengan cuaca musim gugur yang dingin. Tetap sehat dan sampai jumpa pada 2025!" ujarnya.

Artis bernama lengkap Min Yoon-gi, yang juga dikenal dengan nama panggung Agust D ini, dikenal berkat kemampuan rapnya. Video klip untuk lagu solo, Haegeum, memperoleh lebih dari 57 juta views sekitar lima bulan setelah dirilis pada tanggal 21 April. Ia juga berkolaborasi dengan IU, salah satu artis wanita paling populer di dunia hiburan Korea Selatan, dengan meluncurkan Eight, sebuah lagu dance dengan sekitar 175 juta views di YouTube.
 
Rapper ini juga dikenal dengan aktivitas donasinya. Pada bulan Maret 2023, dia menyumbangkan sekitar 100 juta won (US$74.822) kepada anak-anak korban gempa bumi di Turki dan Suriah melalui organisasi nirlaba yang berbasis di London. Pada 2022, Suga menyumbangkan 100 juta won kepada asosiasi bantuan bencana yang berbasis di Seoul untuk membantu penduduk di pantai timur Korea Selatan pulih dari kebakaran hutan.

Dengan keikutsertaan Suga dalam wajib militer, tercatat sudah ada tiga anggota BTS yang kini sedang memenuhi kewajiban kenegaraan mereka. Anggota bog group lainnya itu adalah Jin dan J-Hope yang masing-masing memulai tugas pada Desember 2022 dan April 2023.

Jin dan J-Hope mengikuti wajib militer dan dinyatakan oleh pemerintah layak untuk menjalani tugas tempur reguler. Kondisi ini membuat keduanya berbeda dengan peran yang diperoleh oleh Suga dari pemerintah.

Dalam perkembangan terkini, BTS dikabarkan memperbarui kontraknya dengan HYBE dan BIGHIT Music. Setiap anggota BTS – RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jung-kook – akan menandatangani kontrak eksklusif label, di mana mereka akan kembali dengan rilisan mendatang mulai 2025 dan seterusnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Lawan China, Timnas Bola Voli Indonesia Berpeluang Langsung Menuju Babak Empat Besar

BERIKUTNYA

5 Fakta Episode Terakhir Drakor Moving, Pertempuran Epik Terakhir Para Manusia Super

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: