Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul (Sumber gambar: instagram.com/kisahtanahjawa_md)

Teror Walisdi di Lokasi Syuting, Simak 5 Fakta Horor Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul

21 September 2023   |   09:50 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sineas Awi Suryadi akhirnya merilis film baru. Setelah sukses mengantarkan KKN di Desa Penari tembus 10 juta penonton pada tahun lalu, kini dirinya kembali menyutradarai film horor berjudul Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul yang mulai tayang di bioskop pada hari ini, Kamis 21 September 2023.

Diproduksi oleh MD Pictures, film bergenre horor thriller ini ditulis oleh penulis skenario Agasyah Karim, Khalis Kashogi, dan Awi Suryadi. Fondasi cerita film ini diambil dari kisah Om Hao atau Hari Kurniawan yang pernah jadi perbincangan hangat di YouTube.

Baca juga:  Tayang di Bioskop, Simak Sinopsis Film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul

Kisah dengan judul yang sama juga pernah diterbitkan GagasMedia menjadi sebuah novel. Dalam versi buku, Pocong Gundul adalah salah satu dari tiga novel dalam seri kedua Kisah tanah Jawa. Kini cerita tentang teror horor pocong gundul bernama Walisdi itu akan dihadirkan dalam bentuk film.

Film yang dibintangi Dewa Mahenra, Della Dartyan, hingga Iwa K ini punya banyak fakta-fakta menarik sekaligus menyeramkan. Tidak hanya dari segi cerita, beberapa kru film juga mengalami insiden horor.
Berikut adalah 5 fakta menarik soal Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul:


1. Sinopsis


Kisah film ini bermula dari Hao (Dewa Mahenra) yang memiliki kemampuan retrokognisi yang memungkinkannya melihat kejadian masa lalu. Dengan kemampuannya, Hao berniat menolong Sari (Nayla D Purnama), siswa SMK yang diculik hanti pocong gundul.

Dengan bantuan Rida (Della Dartyan), Hao berhasil menyelamatkan Sari. Namun, tindakan tersebut justru memicu kemarahan Pocong Gundul. Dari sini, berbagai kejadian teror pun dimulai.

Dengan kemampuan retrokognisinya, Hao lalu mencoba mengurai masalah yang ada, termasuk mencari siapa sebenarnya sosok pocong gundul yang belakangan diketahui bernama Walisdi tersebut. Dia juga berusaha untuk menghentikan teror yang terus terjadi.

Kisah ini akan menjadi cerita menarik dalam film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul. Film berdurasi 1 jam 47 menit itu sudah bisa ditonton di bioskop mulai hari ini.


2. Diadaptasi dari Kisah Om Hao


Om Hao adalah sosok penting di balik kanal YouTube Kisah Tanah Jawa dan cerita tentang pocong gundul ini. Om Hao yang dalam kehidupan nyata punya kemampuan supranatural ini memang kerap bersinggungan dengan hal mistis.

Film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul ini diambil dari diadaptasi dari pengalaman nyata retrokognisi Om Hao dan bertemu dengan sosok pocong Gundul bernama Walisdi. Mengingat diambil dari kisah nyata, tentu film ini diprediksi akan memberikan sentuhan horor yang berbeda.


3. Proses Syuting Diwarnai Hal Mistis


Bukan hanya cerita filmnya yang seram, proses syuting Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul juga diwarnai hal-hal mistis. Lewat postingannya di Instagram, sutradara Awi Suryadi membagikan momen mistis yang dialami pemainnya, Iwa K.

Tampak video itu memperlihatkan potongan adegan Iwa K yang berada di dalam lubang kuburan. Dalam set syuting itu, Iwa K merasa ada yang menarik dari dalam tanah. Beda dengan pertama, dia sempat mencoba tidak panik meski akhirnya meminta untuk berhenti syuting sebentar dan naik ke atas.

Tak hanya itu, Iwa K juga disebut mencium bau bangkai dan bau pesing yang benar-benar menganggu. Anehnya, bau tersebut tak tercium oleh kru lain.
 

4. Dipenuhi Set Horor yang Meneror


Salah satu lokasi syuting film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul adalah di pohon beringin Banyusoco. Pohon yang sudah ratusan tahun itu rupanya juga memberikan salam perkenalan dengan kejadian horor kepada kru syuting.

Kejadian pertama ketika lagi latihan adegan. Salah satu pemeran pengikut Walisdi tiba tiba lompat seperti seekor anjing, tidak seperti lompatan manusia. Kejadian kedua adalah ketika Iwa K yang merasa sesak nafas dan tak betah saat syuting di set lubang kubur.


5. Sosok Pocong Gundul Walisdi di Mata Sutradara


Melalui laman Instagramnya, Awi Suryadi memandang bahwa Walisdi adalah kisah yang punya back story cukup detail. Dirinya melihat sosok Walisdi ketika masih hidup memiliki pengalaman yang kelam dan gelap.

Sebagai manusia saja Walisdi sudah begitu menakutkan, sehingga tak mengherankan jika ketika jadi hantu kisahnya makin terasa meneror. Pocong gundul Walisdi juga punya pemanggilan berupa mantra yang ikonik dan membuatnya jadi terasa lebih horor.

Baca juga: 11 Film Indonesia Tayang di Bioskop Oktober 2023, Genre Horor Dominan

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Kenalkan Kuliner Indonesia, Restoran Masakan Khas Nusantara Dibangun di Singapura

BERIKUTNYA

Cek Daftar Pemain & Karakter Film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: