Poster film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul. (Sumber gambar: MD Pictures)

Tayang di Bioskop, Simak Sinopsis Film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul

20 September 2023   |   07:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memang dikenal memiliki banyak cerita rakyat atau mitos penuh misteri yang tak jarang dipercaya oleh masyarakat. Tak heran jika sampai saat ini banyak film horor terus bermunculan menawarkan cerita dan kengerian yang beragam. Salah satunya adalah film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul yang mulai tayang hari ini, Rabu (20/9/2023), di bioskop.

Seperti judulnya, kisah dari film ini memang terinspirasi dari salah satu cerita misteri yang dihadirkan oleh kanal YouTube Kisah Tanah Jawa. Bagi kalian penggemar horor tentu sudah tidak asing dengan kanal YouTube tersebut dengan sosok dibaliknya yang terkenal yakni Om Hao, konten kreator sekaligus sejarawan yang kerap membagikan kisah-kisah mistis di tanah Jawa.

Bersama timnya, Om Hao kerap menjelaskan hal-hal mistis dengan pendekatan atas dasar fakta sejarah sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dengan kemampuan retrokognisi atau bisa melihat kejadian di masa lalu yang dimilikinya, dia mengajak penonton menelusuri jejak sejarah dan kisah-kisah mistis di tanah Jawa salah satunya Pocong Gundul. Kini, kisah tersebut diangkat menjadi sebuah film.

Baca juga:  Cek Deretan Film Horor yang Tembus Seleksi Awal Festival Film Indonesia 2023

Film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul mengikuti cerita Hao (diperankan oleh Deva Mahenra) yang memiliki kemampuan retrokognisi, sebuah kemampuan melihat kejadian di masa lalu. Dengan kemampuannya, Hao hendak menolong Sari (Nayla D Purnama), seorang siswi SMK yang ternyata hilang diculik sosok pocong berkepala gundul menyeramkan.

Bersama Rida (Della Dartyan) sahabatnya, Hao berhasil menyelamatkan Sari. Namun, perbuatannya itu ternyata membuat pocong gundul murka. Teror demi teror pun mengancam keselamatan Hao.
 


Dengan kemampuannya, dia lantas mengintip masa lalu pocong gundul. Diceritakan bahwa semasa hidupnya, rupanya pocong gundul tersebut merupakan seorang dukun hitam bernama Walisdi (Iwa K). Dia adalah sosok manusia jahat yang melakukan ritual kuno berbahaya, ritual yang membuatnya menjadi pocong gundul.

Sebelum meninggal, Walisdi sempat berpesan agar tidak melepaskan semua tali pocongnya. Hal tersebut dituruti oleh istri Walisdi dan hanya bagian kepalanya saja yang dilepaskan tali pocongnya. Walisdi pun berubah menjadi sosok Pocong Gundul yang meneror penduduk sekitar dengan sangat mengerikan.

Jika dibiarkan, pocong gundul akan bergentayangan dan memakan lebih banyak korban. Oleh karena itu, Hao harus melakukan upaya terbaiknya untuk menghentikan rencana jahat Pocong Gundul meski nyawa menjadi taruhannya.
 

Trailer yang dirilis oleh MD Pictures menampilkan cuplikan kisah asal-usul Walisdi, dukun hitam yang bergentayangan menjadi pocong gundul setelah meninggal. Kuburannya yang berada di bawah sebuah bangunan sekolah, membuat pocong gundul kerap mengganggu dan menghantui murid-murid sekolah tersebut.

Sebab, tiap sepuluh tahun, Walisdi akan mencari mangsa agar terisi kekuatannya. Perjanjian yang dilakukannya bersama Jin Banaspati membuat Walisdi hidup selamanya sebagai pocong gundul. Setelah diketahui asal-usulnya, Hao bersama teman-temannya pun berusaha untuk menghentikan teror dari Walisdi tersebut.

Film horor satu ini akan banyak menampilkan ritual-ritual mistis yang membuat bulu kuduk merinding. Dalam trailer juga ditampilkan beberapa cuplikan adegan orang-orang yang kerasukan dan mendapatkan gangguan dari pocong gundul. Selain menampilkan sinematografi yang horor, film ini juga diiringi oleh skoring yang mencekam.

Film Kisah Tanah Jawa Pocong Gundul disutradarai oleh Awi Suryadi. Namanya belakangan memang menjadi perbincangan karena sukses menggarap beberapa film horor hingga memecahkan rekor box office di bioskop seperti KKN di Desa Penari dan KKN di Desa Penari: Luwih Dowo Luwih Medeni yang dirilis pada 2022.

Selain dua film itu, sutradara berusia 45 tahun tersebut juga menggarap sejumlah film horor lain diantaranya Danur 3: Sunyaruri (2019), Asih (2018), Danur 2: Maddah (2018), dan Danur: I Can See Ghosts (2017).

Baca juga:   11 Film Indonesia Tayang di Bioskop Oktober 2023, Genre Horor Dominan

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Kisah Guru Honorer Sukses Jalankan Affiliate, Cari Cuan Tambahan sebagai Kreator Konten

BERIKUTNYA

Mengenal Butterfly Effect, Tindakan Kecil yang Berdampak Besar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: