Pertunjukan akan dikemas dalam bentuk teater arena, sehingga lebih mendekatkan intensitas pertunjukan dengan penonton (Sumber gambar: Kapanresign.com)

Angkat Isu Kesehatan Mental, Jaksical Gelar Musikal Kapan Resign? di Teater Salihara

19 September 2023   |   16:13 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Isu mengenai kesehatan mental (mental health) tengah menjadi pembicaraan hangat di kalangan milenial. Keresahan itu kian mencuat saat pandemi menghantam dunia, yang mengakibatkan masalah kesehatan, ekonomi, dan hubungan antarsesama. 

Namun, selepas pandemi masalah tersebut tak selesai begitu saja. Justru kaum muda banyak dihadapkan dengan permasalahan ekonomi yang membuat mereka harus bekerja lebih keras. Era hustle culture ini tak ayal membuat pekerja mengalami burnout.

Baca juga: Kisah Anak-Anak Merajut Impian di Musikal Benih Yang Bernilai

Berangkat dari premis inilah Jakarta Musical Crew (Jaksical) menggelar pertunjukan musikal interaktif bertajuk Kapan Resign? yang akan dipentaskan di Teater Salihara. Musikal ini akan mengisahkan tentang realitas dunia kerja yang sebagian besar dialami generasi milenial dan Z.

Mengusung konsep teater interaktif, para penonton musikal nantinya dapat menentukan alur dan memiliki dua pilihan akhir cerita. Konsep tersebut merupakan karya orisinil Jaksical sejak kelompok tersebut dibentuk pada 2016. 
 

Produser Musikal Kapan Resign? Olivia Dwiyanti mengatakan, pada pementasan kali ini mereka memang ingin fokus mengangkat isu kesehatan mental. Terutama di lingkungan dunia kerja yang sebagian besar dialami oleh anak-anak muda Indonesia. 

Lewat pertunjukan tersebut para pekerja di Tanah Air nantinya dapat sadar akan bahaya burnout atau stres kronis akibat kerja. Tak hanya itu, mereka tidak ingin agar masyarakat menormalisasi budaya tersebut karena akan berakibat buruk bagi fisik dan mental pegawai.

Olivia mengungkap nantinya pertunjukan juga akan dikemas dalam bentuk teater arena, sehingga akan lebih mendekatkan intensitas pertunjukan dengan penonton. Ruang blackbox Salihara juga dipilih untuk memaksimalkan pementasan dengan format partisipatoris antara penonton dan pemain.

"Teater musikal kali ini memang berbeda karena kami ingin melahirkan karya orisinal yang mengangkat mengenai isu kesehatan mental di lingkungan kerja yang kini juga marak menjadi isu di media sosial," katanya pada Hypeabis.id Selasa, (19/9/23).

 

pres conference Kapan Resign? (simber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung Ginanjar)

Press Conference Kapan Resign? (sumber gambar Hypeabis.id/Prasetyo Agung Ginanjar)

Dia pun berharap nantinya anak muda khususnya generasi pekerja dapat lebih nyaman menyuarakan pendapat. Terutama mengenai perasaan yang sulit untuk diungkapkan kepada orang sekitar, karena yang menjadi solusi dari burnout salah satunya adalah support system dari lingkungan sekitar.

Kapan Resign? akan berkisah tentang tiga sekawan yang bekerja bersama di sebuah agency dengan atasan yang menantang dan drama pekerjaan yang bercampur dengan permasalahan pribadi. Musikal ini juga membawa isu mengenai tuntutan atau pertanyaan tentang kapan akan menikah, hingga menjadi tulang punggung keluarga. 

Dipentaskan di Salihara pada 6-8 Oktober 2023 musikal ini juga menggandeng Indonesia Kaya, Goshen Swara Indonesia-Shure, Yamaha, Dekoruma, dan PAC Martha Tilaar. Nantinya pertunjukan ini akan dipentaskan sebanyak tujuh kali dengan harga tiket berkisar di antara Rp120.000-250.000. 

Adapun, musikal Kapan Resign? akan disemarakkan oleh Yemima Krisantina sebagai penulis naskah. Kemudian ada juga Jessica Claudia dan Wishnu Dewanta sebagai Penulis Lagu dan Penata Musik. Nantinya mereka juga akan membawakan 7 lagu orisinal yang terinspirasi dari musikal-musikal Broadway seperti Heathers, Rent, Legally Blonde, dan Mean Girls.

Baca juga: Musikal Ken Dedes, Sajian Istimewa Sejarah Nusantara dari EKI Dance Company

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Eksklusif Arsitek Cosmas D Gozali: Anomali Sistem Pengamanan Museum & Galeri di Indonesia

BERIKUTNYA

Sinopsis The Escape of Seven, Drakor Baru dari Penulis Penthouse

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: