Ilustrasi (dok. Pexels0

7 Tips Agar Tetap Waras Selama Pandemi

19 July 2021   |   10:05 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Meningkatnya angka kasus positif virus corona (Covid-19) secara tidak langsung membuat kesehatan mental kita terganggu. Belum lagi kabar duka yang datang setiap hari, bahkan menyasar orang-orang terdekat kita akibat kekejaman dari virus ini. 

Ditambah adanya pembatasan sosial yang membuat kadar stres meningkat karena kita tidak bisa kemana-mana atau berekreasi melepas penat. 

Kendati demikian, kita harus sebisa mungkin mengelola kondisi kesehatan mental agar tetap waras selama pandemi Covid-19. Seberat apapun situasi ini, kita perlu berjuang dan bertahan, serta mengikuti aturan yang telah ditetapkan agar pandemi ini segera berlalu. 

Nah, agar tetap waras, berikut tips Covid-19 mental health survival kit yang dibagikan Spesialis Kejiwaan dari RSPI Pondok Indah dr. Zulvia Oktanida seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya :

1. Memorabilia yang berkaitan dengan perasaan bahagia
Simpan satu benda atau foto atau objek apapun yang mengingatkanmu akan perasaan bahagia. Setiap merasa sedih, putus asa, lelah, pegang dan lihat benda tersebut, munculkan kembali memori perasaan bahagiamu dan tersenyumlah.

2. Daftar kalimat motivasi
Buat daftar kalimat-kalimat motivasi atau quote yang membuatmu semangat dan terinsipirasi. Tulis di buku khusus, buat di notes handphone atau gadget. Buka dan baca setiap kali kamu merasa down.

3. Audio atau video relaksasi
Simpanlah audio atau video relaksasi untuk membantumu menenangkan diri kapanpun kamu perlu. Dengan panduan audio atau video, praktik relaksasi bisa lebih optimal.

4. Journal
Journaling bisa membantumu mencurahkan segala isi hati tanpa takut di-judge dan tanpa membutuhkan keberadaan orang lain. Siapkan satu buku khusus untuk journaling. Jangan biarkan semuanya ada di kepala dan dadamu. Tuangkan dalam bentuk tulisan.

5. Playlist lagu favorit atau film favorit
Siapkan satu playlist bersihkan lagu-lag favorit yang membuatmu semangat, ceria, bahagia, bila perlu merasakan sensasi konser. Loosing control sekali-kali bia membuatmu lebih rileks. Film favorit juga boleh ditonton berkali-kali untuk membuat mood membaik.

6. Daftar kontak teman atau sahabat
Simpan daftar kontak keluarga, teman, atau sahabat di daftar prioritas. Kontak teman untuk sekadar curhat, ngomel bareng, ketawa-ketawa, dan saling memberikan doa serta support. Melewati kondisi berat ini bersama-dan dapat membuat kamu lebih kuat. 

7. Ayat, hadiah, kutipan dari kitab suci yang membuat hatimu tenang
Di saat ini kita diingatkan untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Simpan beberapa ayat, hadiah, atau kutipan dari kitab sucimu dan baca kembali setiap kali perasaanmu galau agar hati menjadi lebih tenang. 



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Sempat Booming, Pernikahan Virtual Akhirnya Dilarang di New York

BERIKUTNYA

Musisi ini Rilis Single Terbaru tentang Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: