Poster film Ngeri-Ngeri Sedap. (Sumber gambar: Imajinari)

Selain Autobiography, Ini 7 Film Indonesia yang Pernah Berlaga di Piala Oscar

14 September 2023   |   21:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

4. Kucumbu Tubuh Indahku

Film Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body) karya Garin Nugroho terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang Academy Awards ke-92 atau Piala Oscar 2020. Film ini mewakili Indonesia untuk kategori Best International Feature Film Award. yang sebelumnya bernama Best Foreign Language Film.

Kucumbu Tubuh Indahku merupakan film Garin kedua yang pernah berlaga di Piala Oscar setelah film Daun di Atas Bantal (1998). Film Kucumbu Tubuh Indahku berkisah tentang perjalanan hidup Juno (diperankan oleh Muhammad Khan) yang sejak kecil hingga dewasa menjadi penari Lengger. Film ini terinspirasi dari kehidupan penari Lengger asal Banyumas, Jawa Tengah yang bernama Rianto yang kini menjadi koreografer dan penari profesional di Jepang.
 

5. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Film besutan Mouly Surya ini juga terpilih mewakili Indonesia pada perhelatan Academy Awards 2019 dan bersaing dengan deretan film lain untuk menyabet penghargaan kategori Best Foreign Language.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak mengisahkan perjalanan seorang janda di pedalaman Sumba bernama Marlina (diperankan oleh Marsha Timothy) yang mencari keadilan atas kejadian pemerkosaan yang menimpanya. Film ini merupakan pernyataan perlawanan yang kuat terhadap ketidakberpihakan lingkungan sekitar kepada kelompok perempuan. 
 

6. Turah

Film berbahasa Jawa ngapak karya Sutradara Wicaksono Wisnu Legowo ini juga pernah mewakili Indonesia dalam ajang Academy Awards ke-90 pada 2017. Sayangnya, film ini tidak masuk nominasi kategori Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang Piala Oscar.

Film Turah bercerita tentang masyarakat nelayan Kampung Tirang, Kota Tegal, Jawa Tengah yang hidup dalam belenggu kemiskinan. Penderitaan mereka tidak lain disebabkan akibat keserakahan para pejabat yang serakah yang tidak membangun serta menyejahterakan kampung tersebut. Di antara mereka, hadir tokoh Jadag yang keras memprotes dan melawan penindasan.
 

7. Surat dari Praha

Film karya sutradara Angga Dwimas Sasongko ini terpilih untuk mewakili Indonesia di Piala Oscar ke-89 pada 2016 dan berkompetisi dalam ajang Academy Awards yang berlangsung pada 26 Februari 2017 di Amerika Serikat. 

Mengambil narasi sejarah, film Surat dari Praha mengungkap banyaknya pelajar Indonesia di luar negeri yang tidak dapat pulang ke Tanah Air akibat perubahan politik pada 1965. Film ini berpusat pada karakter Larasati (diperankan oleh Julie Estelle) yang terpaksa memenuhi wasiat ibunya, Sulastri (Widyawati). Dia diminta mengantarkan sebuah kotak dan sepucuk surat untuk Jaya (Tio Pakusadewo) yang berada di Praha tanpa mengetahui apa isinya. 

Baca juga: Piala Oscar 2024 Siap Bergulir, Catat Tanggalnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Pesan Kesederhanaan Kidnep Menyeimbangkan Idealisme & Selera Pasar dalam Bermusik

BERIKUTNYA

4 Hal Yang harus Disiapkan Sebelum Memelihara Kucing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: