Para kru dan pemain film Autobiography (Sumber gambar: KawanKawan Media)

Tayang di Festival Film Venice, Film Autobiography Dapat Standing Ovation 4 Menit

07 September 2022   |   09:00 WIB

Like
Film Autobiography sukses ditayangkan secara world premiere di Venice International Film Festival 2022 pada 3 September 2022 lalu di bioskop Sala Darsena. Debut film panjang sutradara Makbul Mubarak ini berkompetisi di seksi Orrizonti (Horizons) sebagai satu-satunya film dari Asia Tenggara, bersaing dengan film-film lain dari Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Perancis, dan Iran.

Tim film Autobiography yang berangkat ke Venice untuk menghadiri penayangan perdana dunia disambut meriah oleh penonton. Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Rabu (7/9/2022), penayangan perdana dengan kapasitas 1400 orang di festival bergengsi itu bahkan sudah terjual habis sejak tanggal 30 Agustus 2022.

Setelah film Autobiography selesai diputar, para pemain dan kru yang hadir bahkan mendapatkan standing ovation selama 4 menit dari para penonton. Penayangan kedua juga sudah berlangsung pada tanggal 4 September 2022 di Palabiennale, bioskop terbesar yang dimiliki Venice Film Festival dengan kapasitas hampir 2000 orang.

Baca jugaCerita Makbul Mubarak Sutradarai Debut Film Panjang Autobiography
 


Film Autobiography juga mendapatkan banyak respon positif dari media-media hiburan luar negeri. Media hiburan terkemuka Amerika Serikat, Deadline Hollywood, menulis bahwa Autobiography adalah karya yang hebat, film dari sutradara yang kaya dan mengesankan, serta meninggalkan kesan atau after taste yang kuat. 

Asian Movie Pulse menilai bahwa Autobiography adalah debut yang besar dari Makbul Mubarak, penuh artistik, pengambilan gambar yang bagus dan kaya konteks. "Salah satu film terbaik tahun ini yang kami tonton sejauh ini," tulis Asian Movie Plus.

"Makbul Mubarak menyegel reputasinya sebagai talenta yang sedang naik daun dengan bakat yang matang. Feature yang cerdik," tulis Filmuforia.

Setelah Venice, film Autobiography juga terpilih masuk di Toronto International Film Festival 2022 di seksi World Contemporary Cinema dan berkompetisi untuk mendapatkan NETPAC Award.

Toronto International Film Festival 2022 akan berlangsung pada 8 September - 18 September 2022. Lalu, perjalanan berlanjut dengan penayangan perdana Britania Raya di BFI London Film Festival yang berlangsung 5 - 16 Oktober 2022.
 

Bergenre suspense thriller, Autobiography berkisah tentang Rakib (Kevin Ardilova) yang bekerja menjaga rumah kosong milik seorang pensiunan bernama Purna (Arswendy Bening Swara). Suatu hari, Purna pulang kampung untuk mencalonkan diri menjadi bupati di daerah itu. Rumah yang Rakib jaga pun tak lagi kosong.

Setiap hari, Rakib menemani Purna dalam banyak kegiatan seperti berkampanye, memasang spanduk, dan lain sebagainya. Dalam sosok Purna, Rakib melihat sosok seorang ayah yang didambakannya. Hingga pada suatu hari, sebuah kejadian tak terduga mengubah semua itu.

Baca jugaIni Cerita Menarik Para Aktor yang Bintangi Film Autobiography

Sebelumnya, Sutradara Makbul Mubarak mengatakan bahwa kisah dari film Autobiography terinspirasi dari hubungan dirinya dengan sang ayah. Menjadi debutnya menggarap film panjang, dia mengaku ingin membuat film yang berangkat dari kisah personal, yang menurutnya bisa relate dengan banyak orang.

"Saya biasanya menulis cerita-cerita yang memang sudah mengendap di saya dulu dengan sangat lama. Ketika umur saya 27 tahun, kok saya rasa cerita itu masih mengendap. Akhirnya dikeluarin, saya tulis," katanya.

Makbul mengatakan bahwa filmnya ini bisa relevan dengan banyak orang lantaran kisahnya yang dialami oleh banyak orang. "Kita tumbuh di sebuah negara dimana hubungan antar generasi itu begitu mempengaruhi cara berpikir kita sehari-hari," tuturnya.

Autobiography dibintangi oleh Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto. Adapun, di Indonesia, film ini dijadwalkan akan tayang pada akhir tahun ini di bioskop.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News) 

Editor: Gita Carla
 
SEBELUMNYA

Intip 7 Pemimpin Tajir di Dunia, Berapa Kekayaannya?

BERIKUTNYA

Qualcomm Rilis 2 Cip Baru, Intip Spesifikasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: