Banyak sineas berhasil memenangkan ajang ini (Sumber gambar ilustrasi: pedes/ pixabay)

Piala Oscar 2024 Siap Bergulir, Catat Tanggalnya

25 April 2023   |   11:39 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences dan ABC mengumumkan ajang penghargaan Piala Oscar 2024 atau 96th Oscar akan berlangsung pada 10 Maret 2024. Ajang bergengsi ini akan menampilkan yang terbaik dari industri perfilman di Amerika Serikat.

Berdasarkan rilis yang diterima Hyepabis.id, ajang ini akan disiarkan secara langsung di lebih dari 200 wilayah di dunia dari Dolby Theatre at Ovation Hollywood. Kemudian, sejumlah rangkaian acara akan terselenggara sebelum menuju malam nominasi dari November 2023 sampai dengan tahun depan.

Baca juga: The Last Emperor, Film Peraih Oscar yang Ikut Digarap Ryuichi Sakamoto

Penyelenggara akan mengumumkan peserta yang masuk dalam nominasi ajang Oscar 2024 pada 23 Januari 2024. Kemudian, final voting akan dimulai pada 12 Februari 2024 dan berakhir pada 27 bulan dan tahun yang sama.

Piala Oscar adalah ajang penghargaan tertinggi dalam industri perfilman. Berbagai film, aktor, aktris, sutradara, dan sebagainya telah memenangkan ajang ini. Salah satunya adalah Everything Everywhere All at Once. 

Dalam edisi yang diselenggarakan pada tahun ini, film Everything Everywhere All at Once berhasil memenangkan 7 kategori di ajang Academy Awards 2023. Kemenangan itu membuat karya yang mendapatkan arahan dari sutradara Daniel Kwan dan Daniel Scheinert menjadi yang terbanyak membawa pulang piala.

Dikutip dari laman Oscar, Everything Everywhere All at Once berhasil memenangkan penghargaan Actor In A Supporting Role, Actress In A Leading Role, Actress In A Supporting Role, Directing, Best Picture, Writing (Original Screenplay), dan Film Editing.

Di kategori Actor in Supporting Role, penghargaan diberikan kepada Ke Huy Quan. Kemudian, Michelle Yeoh dalam perannya di Everything Everywhere All at Once adalah aktris yang memenangkan kategori Actress In A Leading Role dan menambah koleksi Piala Oscar ke-95. 

Sementara itu film ini memperoleh piala untuk kategori Actress In A Supporting Role melalui aktris Jamie Lee Curtis. Giliran sang sutradara Daniel Kwan and Daniel Scheinert yang menyumbangkan piala melalui kategori Directing

Film Everything Everywhere All at Once juga berhasil menambah koleksi Piala Oscar ke-95 setelah Paul Rogers memenangkan kategori Film Editing

Selain itu, karya yang rilis pada 2022 itu juga memenangkan Piala Oscar ke-95 untuk ketegori Writing (Original Screenplay) setelah mengalahkan The Banshees Of Inisherin, The Fabelmans, TÁR, dan Triangle Of Sadness.

Terakhir adalah kategori Best Picture. Everything Everywhere All at Once menjadi film terbaik dengan mengalahkan film lainnya yang masuk nominasi, seperti  All Quiet On The Western Front, Avatar: The Way Of Water, dan sebagainya. 

Penghargaan pertama ajang yang juga bernama Academy Awards itu terselenggara pada 1929 di Blossom Room, Hollywood Roosevelt Hotel. Film-film yang masuk dalam nominasi adalah film yang dirilis dari 1 Agustus 1927 sampai 1 Agustus 1928.

Pada saat itu, film Sunrise dan 7th Heaven menjadi yang terbanyak meraih kemenangan dengan memenangkan tiga kategori.  Sunrise memperoleh kemenangan di kategori cinematography, unique and artistic picture, actress. Sementara 7th Heaven berhasil unggul di kategori writing (adaptation), directing (dramatic picture), dan actress

Baca juga: Cek Isi Goodie Bag Oscars 2023, Dari Kurma Hingga Liburan Super Mewah

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Spirit Dewi Durga dalam film Kahaani dan Kahaani 2

BERIKUTNYA

5 Oleh-oleh Kuliner Khas Bogor yang Populer, Ada Strudel dan Asinan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: