Cuplikan film Autobiography (Sumber gambar: KawanKawan Media)

Film Autobiography Siap Tayang di Bioskop 19 Januari 2023

27 December 2022   |   06:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah berkeliling di berbagai festival dunia dan membawa pulang sejumlah penghargaan bergengsi, film Autobiography akan resmi tayang di bioskop Indonesia pada 19 Januari 2023 mendatang. Informasi ini diumumkan secara langsung oleh sang sutradara, Makbul Mubarak, melalui akun Instagram pribadinya, pada Senin (26/12/2022).

"Akhirnya, segera berubah menjadi kepastian. Autobiography akan tayang di bioskop mulai 19 Januari 2023. Catat tanggalnya dan pastikan kamu mengosongkan jadwal dan menyisihkan uang untuk ke bioskop," tulis Makbul.

Sebelumnya, film Autobiography mewakili Indonesia untuk berkompetisi di dua festival film internasional bergengsi yakni Venice International Film Festival 2022 dan Toronto International Film Festival 2022.

Baca jugaIntip Cerita Sutradara Makbul Mubarak Bawa Autobiography ke Festival Film Dunia

Film panjang perdana Makbul itu sukses ditayangkan secara world premiere di Venice International Film Festival 2022 pada 3 September 2022 lalu di bioskop Sala Darsena. Dalam ajang tersebut, Autobiography berkompetisi di seksi Orizzonti (Horizons) sebagai satu-satunya film dari Asia Tenggara, bersaing dengan film-film lain dari Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Perancis, dan Iran.

Penayangan perdana itu pun disambut meriah oleh para penonton festival yang memenuhi ruang teater berkapasitas 1400 orang. Setelah film Autobiography selesai diputar, para pemain dan kru yang hadir bahkan mendapatkan standing ovation selama 4 menit dari para penonton.

Setelahnya, Autobiography juga melakukan penayangan keduanya pada tanggal 4 September 2022 di Palabiennale, bioskop terbesar yang dimiliki Venice Film Festival dengan kapasitas hampir 2000 orang.

Tak hanya tayang, film Autobiography juga menyabet sejumlah penghargaan di berbagai ajang internasional diantaranya The International Critics Prize for Best Film di Venice Film Festival 2022, Feature Fiction Award Winner di Adelaide Film Festival 2022, Grand Prize Winner di Tokyo Filmex 2022, dan Best Screenplay di Asia Pacific Screen Awards 2022.
 
 

Sinopsis Autobiography

Bergenre suspense thrillerAutobiography berkisah tentang Rakib (Kevin Ardilova) yang bekerja menjaga rumah kosong milik seorang pensiunan bernama Purna (Arswendy Bening Swara). Suatu hari, Purna pulang kampung untuk mencalonkan diri menjadi bupati di daerah itu. Rumah yang Rakib jaga pun tak lagi kosong.

Setiap hari, Rakib menemani Purna dalam banyak kegiatan seperti berkampanye, memasang spanduk, dan lain sebagainya. Dalam sosok Purna, Rakib melihat sosok seorang ayah yang didambakannya. Hingga pada suatu hari, sebuah kejadian tak terduga mengubah semua itu.

Sebelumnya, Sutradara Makbul Mubarak mengatakan bahwa kisah dari film Autobiography terinspirasi dari hubungan dirinya dengan sang ayah. Menjadi debutnya menggarap film panjang, dia mengaku ingin membuat film yang berangkat dari kisah personal, yang menurutnya bisa relate dengan banyak orang.

"Saya biasanya menulis cerita-cerita yang memang sudah mengendap di saya dulu dengan sangat lama. Ketika umur saya 27 tahun, kok saya rasa cerita itu masih mengendap. Akhirnya dikeluarin, saya tulis," katanya.

Makbul mengatakan bahwa filmnya ini bisa relevan dengan banyak orang lantaran kisahnya yang dialami oleh banyak orang. "Kita tumbuh di sebuah negara dimana hubungan antar generasi itu begitu mempengaruhi cara berpikir kita sehari-hari," tuturnya.

Autobiography dibintangi oleh Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto. Adapun, di Indonesia, film ini dijadwalkan akan tayang pada akhir tahun ini di bioskop.

Baca jugaKaleidoskop Perfilman Indonesia 2022, Ini Film yang Memperoleh Penghargaan di Ajang Nasional & Internasional
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara yang Bawa Keberuntungan

BERIKUTNYA

Grup Musik .Feast Gelar Tur Multisemesta di 8 Kota, Rayakan Perjalanan Satu Dekade

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: