Cuplikan film Autobiography (Sumber gambar: KawanKawan Media)

Film Autobiography Siap Berkompetisi di Dua Festival Film Bergengsi

30 August 2022   |   21:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film Indonesia kembali unjuk gigi di festival internasional. Film Autobiography garapan Makbul Mubarak akan berkompetisi di Venice International Film Festival 2022 untuk seksi Orrizonti (Horizons) sebagai satu-satunya film dari Asia Tenggara, bersaing dengan Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Prancis, dan Iran.

Selain di Venice Festival, Autobiography juga terpilih di Toronto International Film Festival di seksi World Contemporary Cinema dan berkompetisi untuk mendapatkan NETPAC Award. 

Pemenang penghargaan akan mendapatkan Toronto International Film Festival NETPAC Prize yang dipersembahkan oleh The Network for the Promotion of Asian Cinema untuk memberikan penghargaan pada film-film Asia terbaik yang ditayangkan di festival bergengsi itu.

Baca juga: 9 Film Indonesia yang Tayang di Bioskop September 2022

"Film ini menjadi international co-production antara Indonesia, Singapura, Filipina, Qatar, Jerman, Prancis, dan Polandia," kata Produser Yulia Evina Bhara, saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/8/2022).
 

Sebelum bisa melenggang di dua festival film bergengsi, Autobiography telah dikembangkan sejak 5 tahun lalu, tepatnya pada 2017. Sebelumnya, film ini telah dipresentasikan pada Torino Film Lab 2017 dan berlanjut terseleksi ke European Audiovisual Entrepreneurs Ties  That Bind, Berlinale Co-production Market, Locarno Open Doors, Southeast Asian Fiction Lab-SEAFIC, FDCP Project Market, dan First Cut Lab.

Film ini juga mendapatkan dukungan dari aide aux cinemas du monde CNC Prancis, Nouvelle-Aquitaine Regional Fund Prancis, World Cinema Fund Jerman, Purin Pictures Thailand, Polish Film Institute, Asean Co-Production Grant-ACOF Filipina, Tokyo Talents Next Master Program, dan Doha Film Institute.

Selain itu, Yulia juga menjelaskan bahwa keberangkatan tim Autobiography ke Venice dan Toronto Festival difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dana Indonesiana.

"Keberangkatan tim untuk menemani film dan merayakan sinema Indonesia. Kami sangat menantikan momen ini, setelah  proses yang panjang," ujarnya.
 

Jelang tayang perdana di Venice dan Toronto Film Festival, rumah produksi KawanKawan Media merilis trailer film Autobiography. Trailer memperkenalkan sosok Rakib (diperankan oleh Kevin Ardilova) yang menjaga rumah seorang pensiunan bernama Purna (diperankan oleh Arswendy Bening Swara). 

Ketika Purna pulang untuk mencalonkan diri menjadi bupati, Rakib cepat akrab dan melihat Purna sebagai figur ayah. Bergenre suspense thriller, penonton diperlihatkan dunia yang ditinggali Rakib dan Purna, yang gelap dan penuh ketegangan.

Sutradara Makbul Mubarak mengatakan bahwa kisah dari film Autobiography terinspirasi dari hubungan dirinya dengan sang ayah. Menjadi debutnya menggarap film panjang, dia mengaku ingin membuat film yang berangkat dari kisah personal, yang menurutnya bisa relate dengan banyak orang.

"Saya biasanya menulis cerita-cerita yang memang sudah mengendap di saya dulu dengan sangat lama. Ketika umur saya 27 tahun, kok saya rasa cerita itu masih mengendap. Akhirnya dikeluarin, saya tulis," katanya.

Makbul mengatakan bahwa filmnya ini bisa relevan dengan banyak orang karena kisahnya dialami oleh banyak orang. "Kita tumbuh di sebuah negara dimana hubungan antar generasi itu begitu mempengaruhi cara berpikir kita sehari-hari," tuturnya..

Autobiography berkisah tentang Rakib (Kevin Ardilova) yang bekerja menjaga rumah kosong milik seorang pensiunan bernama Purna (Arswendy Bening Swara). Suatu hari, Purna pulang kampung untuk mencalonkan diri menjadi bupati di daerah itu. Rumah yang Rakib jaga pun tak lagi kosong.

Setiap hari, Rakib menemani Purna dalam banyak kegiatan seperti berkampanye, memasang spanduk, dan lain sebagainya. Dalam sosok Purna, Rakib melihat sosok seorang ayah yang didambakannya. Hingga pada suatu hari, sebuah kejadian tak terduga mengubah semua itu.

Selain Kevin Ardilova dan Arswendy Bening Swara, Autobiography juga turut dibintangi oleh Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ingin Ikut Pelatihan Fotografi Profesional? Segini Biayanya

BERIKUTNYA

Intip Karya Old Master Lee Man Fong yang Jadi Koleksi Lukisan Istimewa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: