Kebersamaan dengan kucing peliharaan yang menggemaskan ( Sumber gambar: Chewy, Unsplash)

Ailurophile Wajib Tahu 6 Jenis Kucing Yang Memiliki Pembawaan Bersahabat

14 September 2023   |   14:50 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan dengan karakter yang menggemaskan  dan lucu. Tingkahnya yang aktif dengan bulu tebal membuat hewan ini banyak dicari penggemar anabul. Jenis hewan yang masuk dalam keluarga felidae ini, merupakan hewan mamalia karnivor.  

Hewan yang bermana latin felis catus ini, memiliki karakteristik dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga membuat para ailurophile atau pecinta berat kucing kebingungan saat memilih.

Bagi kalian yang ingin memelihara kucing, sebaiknya wajib mengetahui karakter kucing  apa saja yang cocok untuk dipelihara.Hal ini agar kalian bisa menyesuaikan karakter kucing dengan kepribadian kalian.  Marlinda Kirana, dari Biquin Cats Pet Shop, saat ditemui di Petspedia: Pets Bazaar, menjelaskan terdapat beberapa jenis  dan karakter kucing yang wajib ailurophile ketahui. Berikut beberapa jenis kucing dan karakternya.
 

Kucing Anggora


Kucing Anggora (Sumber gambar: Alesandra Caretto, Unsplas)

Kucing Anggora (Sumber gambar: Alesandra Caretto, Unsplas)


Ketika melihat jenis kucing ini kalian mungkin akan berpikir bahwa ini adalah jenis kucing Persia. Hal ini dikarenakan kucing Anggora memiliki ciri bulu tebal dan berwarna putih cerah seperti kucing Persia. Namun perbedaan keduanya terletak pada ukuran tubuh, kucing Anggora memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari kucing Persia. 

Kucing yang berasal dari Turki ini merupakan kucing yang aktif, lincah, ramah dan juga penyayang. Bagi kalian yang ingin memiliki peliharaan yang bersahabat dapat memelihara jenis kucing Anggora.
 

Kucing Ragdoll

 

Kucing Ragdoll (Sumber gambar: Kanashi)

Kucing Ragdoll (Sumber gambar: Kanashi)


Kucing Ragdoll merupakan kucing yang memiliki bobot tubuh  besar yakni berkisar pada 15 sampai 20 pon. Hewan peliharaan yang satu ini juga memiliki banyak peminat karena keindahan bulunya yang tebal dan juga berwarna-warni.

Kucing ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin merawatnya di lingkungan rumah. Jenis kucing yang memiliki kepribadian penyayang, bersahabat, dan tenang. Selain itu, kucing yang satu ini juga menyukai ketika digendong atau dielus.
 

Kucing Scottish Fold

 

 Kucing Scottish Fold (Sumber gambar: Sergey Semin, Unsplash)

Kucing Scottish Fold (Sumber gambar: Sergey Semin, Unsplash)


Bagi kalian yang mencari kucing menggemaskan untuk dijadikan peliharaan, kalian wajib merawat kucing Scottish Fold. Kucing yang satu ini memiliki ciri fisik telinga yang melipat ke dalam. Selain itu, kucing ini juga memiliki kepala bulat yang menggemaskan, memiliki berat hingga 6 Kg dengan bulu tebal dengan berbagai warna yang cantik. Jenis kucing ini memiliki karakter penyayang, pintar atau mudah dilatih, aktif, mudah beradaptasi, dan juga lebih terkesan mandiri.

Baca juga: Ini 3 Bagian Tubuh yang Tidak Disukai Kucing Jika Disentuh


Kucing British Shorthair

 

Kucing British Shorthair (Sumber gambar: Boris Debusscher, Unsplash)

Kucing British Shorthair (Sumber gambar: Boris Debusscher, Unsplash)


Salah satu kucing yang cocok dijadikan peliharaan di rumah adalah kucing British Shorthair. Jenis kucing ini merupakan ras kucing tertua di dunia yang berasal dari Bangsa Romawi. Postur tubuh hewan ini cenderung pendek, kuat (powerfull), dan berbobot besar, Bagi kalian yang mencari kucing dengan bulu yang tidak terlalu panjang, kucing British Shorthair dapat menjadi pilihan kalian.

Selain beberapa karakter di atas, kucing  British Shorthair mempunyai ciri bulu pendek namun tebal yang membuat penampilannya lebih cantik dan elegan. Jenis kucing yang populer dan banyak penggemar ini juga sangat cocok dirawat di rumah, karena mudah bergaul, setia, pendiam, tenang, dan juga ramah, jadi aman bagi kalian yang memiliki anak kecil.
 

 Kucing Birman

 

Kucing Birman (Sumber gambar: Petrebels, Unsplash)

Kucing Birman (Sumber gambar: Petrebels, Unsplash)


Jenis kucing yang menggemaskan dan memiliki mata biru terang ini merupakan salah satu kucing yang mempunyai banyak penggemar.  Jenis ras kucing yang berasal dari Prancis ini memiliki ciri tubuh dengan warna bulu krem terang yang dipadukan dengan warna hitam pada bagian wajah. Inilah yang  menjadi daya tarik kucing British Shorthair. Kucing ini, memiliki kepribadian lincah, aktif, penyayang, lembut, dan suka diperhatikan.
 

 Kucing Abyssinian

 

 Kucing Abyssinian (Sumber gambar: Howen, Unsplash)

Kucing Abyssinian (Sumber gambar: Howen, Unsplash)

Kucing Abyssinian merupakan jenis ras kucing yang berasal dari Mesir Kuno. Jenis hewan peliharaan ini memiliki ciri tubuh yang bulu yang halus dan berkilau yang cantik. Kucing ini juga memiliki bentuk tubuh tidak terlalu besar dan postur tubuh yang tidak terlalu tinggi sehingga terlihat pas. Dengan mata almond berwarna hazel menjadi penambah kemolekan kucing asal Mesir kuno ini.

Berbeda dengan kucing Radgoll, jenis kucing Abyssinian memiliki karakter lincah, suka bermain dan mengeksplorasi hal baru, suka berjalan-jalan atau mengejar sesuatu, dan penuh energi. Meskipun memiliki sifat demikian, kucing ini juga tergolong dalam jenis kucing penyayang, bersahabat, mudah bergaul, dan mudah untuk dilatih.

Baca juga: Mengenal Cat Zoomies, Saat Kucing Tiba-tiba Aktif Berlarian

Itulah beberapa jenis kucing peliharaan yang direkomendasikan bagi kalian yang memiliki keluarga. Menyesuaikan karakter kucing dengan kepribadian pembeli akan membantu kalian saat memelihara hewan menggemaskan ini. Kalian juga dapat menemukan berbagai jenis kucing peliharaan di instagram @Biquin.Cat.
 
 
Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

4 Langkah Terhindar Dari DM Phising Pemberitahuan Hak Cipta

BERIKUTNYA

Memadukan Keanggunan Songket dengan Mode Modern di Panggung NYFW 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: