Pengguna tengah melihat media sosial instagram (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Kerde Severin)

4 Langkah Terhindar Dari DM Phising Pemberitahuan Hak Cipta

14 September 2023   |   14:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Para peretas memiliki seribu satu cara untuk memperoleh data-data targetnya. Salah satunya adalah dengan mengirimkan peringatan hak cipta kepada pemilik akun media sosial Instagram. Langkah ini perlu menjadi perhatian bagi para pengguna media sosial itu agar tidak dikuasai oleh individu tidak bertanggung jawab.

Dikutip dari laman Help Instagram, berdasarkan ketentuan penggunaan dan panduan komunitas Instagram, pengguna hanya bisa mem-post konten jika tidak melanggar hak kekayaan intelektual orang lain.

Baca juga: Waspadai Gunakan Jasa Open Blocking Akun Instagram, Mending Benerin Sendiri Deh

Pengguna akan menerima notifikasi dari Facebook yang mungkin menyertakan nama dan alamat email pemilik hak yang membuat laporan atau detail lain terkait laporan jika manajemen menghapus konten karena ada laporan pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Pengguna juga dapat mengajukan banding jika konten yang diunggah dihapus karena laporan pelanggaran hak cipta. Seseorang bahkan dapat menerima hukuman berupa akun yang dinonaktifkan ketika melakukan pelanggaran hak cipta secara berulang.

Tidak hanya itu, Genhype juga akan mendapatkan pembatasan untuk mengunggah foto atau video. Kemudian, tidak menutup kemungkinan juga kalian akan kehilangan akses ke fitur dan fungsi tertentu di Instagram.

“Tindakan yang diambil sesuai dengan kebijakan mungkin bergantung pada sifat konten yang dilaporkan dan di mana konten tersebut di-posting,” demikian tertulis dalam laman tersebut.

Kondisi tersebut kerap menjadi celah bagi para peretas untuk mengirimkan phising berupa link yang dapat membuat seseorang kehilangan akunnya jika mengeklik. Jadi, seseorang perlu berhati-hati terkait dengan kemungkinan itu.

Genhype perlu mengenali akun yang benar-benar dari Instagram atau dari peretas. Berikut, petunjuknya yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber.

1. Jangan Langsung Percaya

Langkah pertama agar tidak terjebak oleh peretas yang mengirimkan phising melalui pesan langsung atau DM Instagram adalah dengan tidak langsung percaya terhadap segala bentuk pesan yang masuk dan menyertakan link.

Genhype harus benar-benar membaca terlebih dahulu isi pesan dan tidak panik dengan pemberitahuan yang menyebutkan bahwa kalian sudah melanggar hak cipta. Perhatikan siapa pengirimnya.

Kalian juga perlu mengetahui bahwa pesan yang menyatakan kalian telah melanggar hak cipta adalah palsu lantaran Instagram menyatakan tidak akan pernah mengirimi pesan langsung kepada pemilik akun.

Jika ingin menghubungi pemilik akun, Instagram akan melakukannya melalui tab 'Email dari Instagram' di pengaturan, yang merupakan satu-satunya tempat komunikasi dengan media sosial ini.

2. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Langkah lainnya adalah dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor. Dengan begitu, pemilik akun akan mendapatkan pemberitahuan tentang aktivitas terkait dengan akun media sosial instagram.

Untuk menggunakannya, kalian dapat memilih fitur tersebut di dalam media sosial intagram menggunakan nomor telepon yang dipakai atau aplikasi seperti Duo Mobile atau Google Authentication.

3. Perbarui Nomor telepon dan email

Sebagai bagian dari langkah penting menjaga keamanan akun instagram adalah dengan dengan selalu memperbarui nomor telepon dan email. Jadi, pastikan email dan nomor yang terhubung adalah yang terbaru.

Dengan begitu, instagram dapat menghubungi jika terjadi sesuatu dengan akun yang dimiliki. Langkah ini memungkinkan untuk megembalikan akun meskipun informasi sudah diubat atau diretas.

4. Aktifkan Permintaan Masuk

Langkah lainnya agar akun Instagram tetap aman adalah dengan mengaktifkan permintaan masuk. Saat mengatur autentikasi dua faktor di Instagram, Genhype akan menerima peringatan setiap kali seseorang mencoba masuk ke akun dari perangkat atau browser web yang tidak kami kenali.

Peringatan ini akan memberi tahu perangkat mana yang mencoba masuk dan lokasinya. Kalian juga dapat langsung menyetujui atau menolak permintaan dari perangkat kalian yang sudah masuk ke dalam akun.

Genhype juga dapat melihat daftar perangkat yang baru saja masuk ke akun Instagram kapan saja di bawah fitur Pengaturan, Keamanan, dan Aktivitas Masuk. Jika tidak mengenali login terbaru, kalian dapat logout dari lokasi atau perangkat tersebut dan beri tahu instagram.

Baca juga: Cek Harga Meta Verified & Cara Berlangganan Akun Centang Biru di Facebook, Instagram & Threads


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Prediabetes Makan Mi Instan? Begini Risikonya

BERIKUTNYA

Ailurophile Wajib Tahu 6 Jenis Kucing Yang Memiliki Pembawaan Bersahabat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: