Koleksi AYUMI dalam New York Fashion Week (NYFW) Spring/Summer Collections 2024 (Sumber gambar: Indonesia Now)

Memadukan Keanggunan Songket dengan Mode Modern di Panggung NYFW 2024

14 September 2023   |   17:30 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
AYUMI, jenama busana yang digarap oleh perancang mode muda Marina Christyanti Ayumi, kembali memeriahkan New York Fashion Week (NYFW) Spring/Summer Collections 2024. Pada 13 September 2023, tepat jam 11.00 waktu setempat, panggung AYUMI bersinar di The Gallery - Spring Studios, New York, Amerika Serikat.

Kehadiran AYUMI dalam NYFW tak lepas dari kerjasama dengan Indonesia Now, yang membawanya bersama International Management Group (IMG) sebagai produser resmi NYFW. Ayumi pun menjadi masuk ke Agenda Acara NYFW Runway. Peragaan busana ini dapat dinikmati oleh para tamu khusus yang hadir secara langsung atau melalui tautan live streaming.

Baca juga: Menuju NYFW 2023, Indonesia Now Hadirkan Parade Fesyen dari 8 Brand Lokal Ternama

Desainer yang disapa Ayumi ini menemukan inspirasi dalam nostalgia musik pop dan gaya berpakaian era tahun 90-an. Untuk menciptakan nuansa baru, desainer ini memutuskan untuk menghadirkan Songket sebagai bahan utama koleksinya, mencerminkan referensi budaya yang digabungkan dengan gagasannya tentang mode modern. Koleksi ini pun diberi judul yang sesuai: A Pop of Culture.

Koleksi A Pop of Culture terdiri dari dua sub tema. Pertama, A Pop of Color, menghadirkan warna-warna cerah seperti Fuchsia, Hijau Limau, Ungu, Biru Terang, Coklat Muda, dan Nude. Sub tema berikutnya, A Pop of Culture, memasukkan elemen-elemen budaya yang terinspirasi dari gaya musik pop tahun 90-an, di mana sosok seperti Britney Spears dan Jennifer Lopez begitu berjaya.

Ayumi dengan cermat menggabungkan unsur-unsur pop ini ke dalam koleksinya, menganggapnya sebagai tren mode masa depan.
 

Perpaduan Songket dan Mutiara

 

Koleksi AYUMI dalam NYFW Spring/Summer Collections 2024. (Sumber gambar: Indonesia Now)

Koleksi AYUMI dalam NYFW Spring/Summer Collections 2024. (Sumber gambar: Indonesia Now)


Rancangan dari Ayumi mencerminkan kombinasi yang menggoda antara gaya provokatif dan elegan, dengan sentuhan seksi yang mengalir dalam setiap rincian. Setiap potongan busana Ayumi diproses dengan teknik jahitan yang sempurna, dengan pemotongan bahan minimal agar hasilnya terlihat begitu rapi.

Tidak hanya itu, Ayumi juga menjalin kerjasama dengan perajin perempuan untuk mendukung dan menghidupkan unsur budaya dari bahan tradisional dalam industri mode Indonesia. 

"Saya ingin mendukung pemberdayaan kaum perempuan, karenanya wanita menjadi konsiderasi saya. Bukan hanya karya saya yang akan dipakai oleh para perempuan, orang-orang yang berada di belakang layar seperti perajin, pemilik usaha yang perempuan menjadi pilihan untuk saya ajak bekerja sama," ujar perempuan berambut panjang ini.

Dalam pembuatan 10 set koleksinya, Ayumi memilih Songket Minang yang khusus dipesan dari perajin UMKM Pandai Sikek Sumatera Barat sebagai bahan utama. Hasilnya, tiga motif geometris khas Songket Pandai Sikek, yakni motif Pohon Pinang, motif Biji Bayam, dan motif Jalinan Lidi, tampil memikat dengan sentuhan feminin dan warna-warna terang yang tetap menghormati keindahan emas dan perak, yang menjadi ciri khas songket ini.

Ayumi juga memadukan bahan Lace dan Satin Silk untuk memberikan sentuhan modern pada kain Songket. Rok bergaya aristokratis berwarna ungu, korset-korset yang membungkus tubuh dengan erat, gaun bersusun transparan yang elegan dengan warna coklat muda, blus dengan ruffles hijau terang, jumpsuit yang dihiasi dengan bulu dan manik-manik, hingga jaket pendek yang melengkapi celana dengan pinggang tinggi.

Lebih menarik lagi, Ayumi melakukan teknik pembahanan dengan menambahkan butir-butir mutiara air tawar  dengan berbagai ukuran dan bentuk pada busananya. Mutiara disusun dengan indah untuk menciptakan tekstur dan motif yang mempercantik Songket serta membentuk desain dengan nuansa dramatis.

Aksesori berupa kalung dan cincin yang terbuat dari mutiara air laut, dikenal sebagai South Sea Pearl, disajikan untuk melengkapi busana. Mutiara-mutiara ini berasal dari budidaya yang dilakukan oleh UMKM Vidia Charunnisa dari Narce Jewelry di Lombok, Nusa Tenggara.

Sekali melihat, desain AYUMI disajikan dalam konsep yang segar dan sesuai dengan zaman dalam koleksi busana siap pakai yang rapi. Kekuatan dan daya tarik koleksi ini dapat dilihat dari cara Ayumi menggabungkan songket ke dalam korsetnya, menginterpretasikan keindahan budaya dengan sentuhan yang sesuai dengan zaman sekarang.

Baca juga: Jadi Desainer Termuda, Kimberly Tandra Siap Bawakan Keindahan Flora & Fauna Indonesia di NYFW 2023/2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ailurophile Wajib Tahu 6 Jenis Kucing Yang Memiliki Pembawaan Bersahabat

BERIKUTNYA

Gamers Merapat, Cek Karakter Baru & Perubahan di Call of Duty: Mobile Season 8

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: